Jakarta, NextID – Untuk pertama kalinya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengumumkan “mainan” barunya alias ekspansi bisnis baru dengan terjun di bisnis kendaraan roda 4 offroad dengan kategori spesial dengan berbagai macam kategori seperti ATV (All Terrain Vehicle), UV (Utility Vehicle) dan RUV (Recreational Utility Vehicle).
Untuk kendaraan roda 4 tipe UV dan RUV biasa disebut S x S (Side by side), kendaraan off-road dengan minimal dua tempat duduk yang diposisikan berdampingan samping dan ditutup dalam struktur roll cage. Kendaraan ini memiliki minimal empat roda dan dioperasikan oleh kontrol kaki dan roda kemudi. Konon, banyak yang mengatakan bahwa Kawasaki MULE adalah kendaraan side by side pertama.
Di antara banyaknya produk kendaraan roda 4 off-road yang telah diperkenalkan oleh Kawasaki secara global, ada 2 produk yang telah hadir di tanah air yaitu Kawasaki Brute Force 750, produk ATV (All Terrain Vehicle) dengan kapasitas mesin 749cc, 4 stroke, V-twin, SOHC, dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD yang dapat mudah melibas lintasan off-road dan Kawasaki MULE PRO-DXT FE, produk UV (Utility Vehicle) dengan kapasitas mesin 993 cc, 4 stroke, 3 silinder, liquid cooled, diesel, dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD.
Sama halnya seperti Kawasaki Brute Force 750, Kawasaki MULE PRO-DXT FE juga pastinya dapat dengan mudah melibas pada lintasan off-road. Kedua produk ini diimpor langsung dari Amerika. KMI juga akan terus menghadirkan berbagai macam produk kendaraan roda 4 off-road di kategori ATV, UV dan RUV sebagaimana seperti yang ada di pasar global untuk pasar Indonesia. Untuk warna yang disajikan Kawasaki MULE PRO-DXT FE yakni Bright White, sedangkan warna untuk Kawasaki Brute Force adalah Cypher Camo Gray (Matte).
“Setelah fokus memberikan kesenangan di segment motor sport, kami juga akan memulai lini bisnis baru sesuai dengan misi perusahaan kami yaitu bekerja demi kesenangan dan kegembiraan semua orang di mana Kawasaki mengambil bagian dari kehidupan,” ujar Michael C Tanadhi selaku Dept. Head Sales & Promotion PT KMI saat peluncuran di kawasan BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (11/9).
Soal siapa konsumennya yang menjadi target? “Ya kami targetkan berasal dari pertambangan, militer, dan juga bisnis rental, seperti di Bali dan daerah-daerah lainnya utamanya yang pegunungan. Kami perkirakan permintaan akan banyak datang dari sektor pemerintahan, seperti militer maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Target kami tak muluk-muluk, sekitar 200 unit per tahun untuk semua lini empat roda off-road ini. Garansinya jelas ada, mirip-mirip dengan produk sepeda motor,” jelasnya.
Ada pernyataan menarik, setelah fokus memberikan kesenangan di segment motor sport, mereka juga akan memulai lini bisnis baru sesuai dengan misi perusahaan yaitu bekerja demi kesenangan dan kegembiraan semua orang di mana Kawasaki mengambil bagian dari kehidupannya. Oleh karenanya tak heran jika KMI bocorkan gagasan baru dan ini dalam persiapan, yakni bakal memperkenalkan produk PWC (Personal Water Craft) dalam waktu dekat. Wow tanggung ya sekalian kejebur…