Sunday , 8 September 2024
Home / Auto / “Tjikini En Omstreken” – Penyegaran Sejarah di Sekitar Kita
Honda e:Technology City Tour akan berlangsung mulai dari bulan Maret hingga Juli 2024. Ini saat di TIM, berfoto ria mumpung hujan reda. Ist

“Tjikini En Omstreken” – Penyegaran Sejarah di Sekitar Kita

Jakarta, NextID – Ini bukan lagi belajar sejarah tempo doeloe ya, tapi upaya keren untuk menyegarkan ingatan soal tempat-tempat ikonik yang pernah ada, bahkan dulu pernah kondang. Nah, sayangnya hari itu kok hujan sepanjang hari. Ini tak diduga namun justru membuat suasana syahdu dan romantis. Ya, kami berpayung ria dalam acara jalan-jalan sekaligus me-refresh sejarah.

Apaan sih ini? Ini sesungguhnya program unik hasil dari kolaborasi Honda dengan Jakarta Good Guide (JGG). Ini rancangan asli, unik. Honda memulai rangkaian acara Honda e:Technology City Tour pada 29 Februari 2024 lalu. Dalam acara ini, para peserta diajak berwisata di berbagai lokasi menarik di Jakarta menggunakan mobil-mobil elektrifikasi Honda, mulai dari Honda e, All New Honda Accord RS e:HEV dan All New Honda CR-V RS e:HEV.

Saat masih hujan, kami berfoto ria di bawah gedung di TIM. Ist

Tur perdana ini mengambil tema “Tjikini En Omstreken” atau dalam bahasa Indonesia berarti Cikini dan sekitarnya. Pada rute tur ini, kami mengunjungi berbagai tempat bersejarah yaitu Taman Ismail Marzuki dan Museum Sumpah Pemuda hingga mencicipi kuliner legendaris yaitu Es Krim Tjanang dan Toko Roti Maison Weiner.

“Melongo”

Banyak hal menarik dari anjangsana ini, bahkan membuat kami “melongo” karena baru engeh. Terutama saat mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM) dan berdiri dekat patung Ismail Marzuki. Oleh guide yang lincah itu dijelaskan rinci soal kiprah Pahlawan Nasional itu, dan asal muasal TIM. Menarik.

Titik pertemuan awal kami di Tjikini Lima kemudian jalan kaki ke TIM. Ist

Lalu perjalanan “melongo” tapi menarik lainnya saat kami mampir ke Museum Sumpah Pemuda di Jl. Kramat Raya No.106, Kwitang. Di sinipun banyak hal-hal baru. Tak heran mengapa dari Rumah Kos-kosan ini lahir Sumpah Pemuda yang membahana, karena tempat kos itu menjadi tempat tinggal para pemuda cerdas dari berbagai daerah. Keren asli!

Selama kami lintas Cikini dan sekitarnya itu, guide yang terlatih itu memberi berbagai informasi menarik dari tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi, sekaligus edukasi mengenai isu-isu lingkungan serta berbagai teknologi ramah lingkungan dari Honda. Wow…

Untuk mencapai tempat yang agak jauh, Honda e mengantar kami ke tujuan. Ist

Mobil Hybrid dan BEV

Salah satu teknologi yang dicoba langsung oleh kami adalah mobil-mobil berteknologi hybrid dan baterai yang digunakan untuk perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya di tur ini. Sejalan dengan tur ramah lingkungan, para peserta menggunakan mobil listrik Honda e yang sama sekali tidak menghasilkan karbon emisi.

Honda e merupakan mobil BEV (Battery Electric Vehicle) yang memiliki desain retro futuristic yang atraktif, kabin canggih dengan berbagai digital interface serta kapasitas baterai yang mampu menempuh jarak sejauh 220 km.

Selain Honda e, kami juga diajak menjajal model All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV, yang memiliki sistem hybrid canggih dengan manajemen daya yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan emisi yang rendah.

Menarik, penjelasan guide soal Museum Sumpah Pemuda. Ist

Pada sistem hybrid Honda, motor listrik bekerja secara dominan dalam berbagai kondisi perjalanan, terutama pada kondisi perjalanan dalam kota sehingga sejalan dengan konsep City Tour yang ramah lingkungan.

Selain mobil-mobil yang dapat dicoba langsung, Honda juga menampilkan berbagai produk elektrifikasi lain yang dapat dilihat dan dipelajari oleh peserta, mulai dari mobil listrik Honda N-Van EV Prototype, motor listrik Honda EM1 e, hingga power product Honda LiB-AID E500.

“Acara ini merupakan bagian dari edukasi dan riset yang kami lakukan untuk mewujudkan visi elektrifikasi Honda di Indonesia. Kolaborasi dengan city tour sekaligus menambah daya tarik bagi anak-anak muda yang akan menjadi pengguna dari teknologi ini di masa yang akan datang,” ucap Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di sela acara.

Sedih saat mengetahui nasib dan sejarah eskrim Tjanang yang pernah melegenda itu. Kini tinggal sepetak kulkas itu. Ist

Kawasan Weltevreden

“Acara city tour yang kami susun ini tidak hanya menjadi perjalanan wisata biasa, tetapi menjadi sebuah tur yang dapat membuat para peserta mengapresiasi sejarah Jakarta yang kaya akan nilai budaya serta nilai historis. Kami mengajak para peserta dapat mengeksplor lebih banyak tempat dengan mobil elektrifikasi Honda bersama Jakarta Good Guide,” tandas  Pracandha Adwitiyo selaku Director Jakarta Good Guide.

Honda e:Technology City Tour akan berlangsung mulai dari bulan Maret hingga Juli 2024. Wow.. Selain rute “Tjikini En Omstreken,” terdapat pula dua rute lain yaitu Jelajah Kawasan Weltevreden serta Rute Kharisma Menteng. Nah,bagi calon peserta yang ingin mengikuti city tour ini dapat mendaftar melalui link yang tersedia pada akun Instagram @hondaisme dan @jktgoodguide.

Dengan Honda e yang ramah lingkungan itu, kami berkeliling di sekitaran Cikini. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS Kini Lebih Gagah dan Sakti  

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with …

Leave a Reply