Sunday , 8 September 2024
Home / Auto / Nyaris Setengah Abad Suzuki Carry Menjejak Indonesia!
Suzuki Indonesia memamerkan 6 unit New Carry dan APV di ajang GIICOMVEC 2024. Ist

Nyaris Setengah Abad Suzuki Carry Menjejak Indonesia!

Jakarta, NextID – Kehadiran Suzuki via PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada 7-10 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), menarik perhatian. Dalam booth berluasan 312 m2 yang terletak di Hall A3, SIS memamerkan 6 unit New Carry dan APV yang disesuaikan dengan berbagai peruntukan segmen industri mulai dari pelayanan kesehatan, usaha kuliner, armada logistik, dan transportasi umum.

Harold Donnel, 4W Marketing Director SIS, mengungkapkan, partisipasi Suzuki pada ajang itu merupakan dukungan terhadap perkembangan usaha di tanah air. “Kembalinya GIICOMVEC kami yakini merupakan tanda baik akan masa depan perekonomian Indonesia. Sebagaimana selama 50 tahun lebih kami menjadi rekan andalan usaha para pengusaha di tanah air, Suzuki Indonesia kembali membawa Suzuki Carry, mobil komersial yang telah melekat dekat dan dapat diandalkan oleh wirausahawan Indonesia di multi sektor,” ujarnya, Kamis (7/3).

Manajemen SIS usai peresmian booth Suzuki di GIICOMVEC 2024. Ist

Julukan sebagai Rajanya Pick Up telah melekat sebagai identitas, terlebih setelah ukiran prestasi Carry sebagai kendaraan komersial ringan terlaris di Indonesia selama lebih dari 10 tahun berturut-turut dengan market share lebih dari 50% secara nasional. Di ajang GIICOMVEC 2024, Suzuki memang menebar aroma membanggakan. Ini terlihat dari perjalanan sejarahnya yang dikuak Dony Ismi Himawan Saputra selaku 4W Deputy Managing Director SIS, saat peresmian booth Suzuki di ajang itu.

Dia mulai bercerita mengenai salah satu produk legendaris komersial Suzuki yakni yaitu New Carry Pick Up, yang telah sejak lama menjadi pilihan menjadi mitra bisnis mereka. Suzuki Carry memulai kisah suksesnya pada tahun 1976 dengan masuk ke dalam Industri Otomotif Komersial Indonesia melalui produk CBU yang diimpor langsung dari Jepang.

Bisa dijadikan gerai berjalan oleh siapapun, aga lebih jauh menjangkau konsumen. Ist

Kemudian, lanjutnya, di tahun 1977 dengan adanya kebijakan keringanan pajak bagi kendaraan yang dirakit di Indonesia, Suzuki melakukan lokalisasi produksi Suzuki Carry dengan kode ST 20. Produk rakitan lokal ini dikenal Masyarakat dengan sebutan Carry Truntung. Dengan mesin 2 tak berkapasitas 550 cc dan transmisi manual 4 percepatan membuat produk ini sangat handal digunakan untuk menunjang operasional usaha pemakainya.

Pada tahun 1983, Suzuki kembali merilis generasi penerus Carry ST 20 yaitu Suzuki ST 100  atau yang biasa dikenal dengan sebutan Suzuki Carry 1000 dan di beberapa daerah dikenal sebagai Carry Bagong.Disebut Carry Bagong karena design headlamp-nya seperti mata Bagong, salah satu tokoh pewayangan di punakawan,” cerita Dony.

Produk ini menggunakan mesin 4-tak berkapasitas 970 cc dan kehadiran produk ini memberikan angin segar serta mendapatkan sambutan hangat dari para pelaku bisnis, mulai pengusaha angkutan, perkebunan, pertanian  sampai dengan bisnis menengah dan kecil. Hadir dalam bentuk Pick Up dan Minibus serta reputasi sebagai kendaraan Tangguh, Irit, dan bertenaga, membuat produk ini dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

APV yang dijadikan ambulan. Ist

Refreshment dilakukan kembali pada tahun 1986 dengan desain lampu yang menyerupai trapesium yang kemudian dikenal sebagai Carry Mata Kucing. Kemudian refreshment dilakukan kembali pada tahun 1988 dengan lampu kotak dan dengan design bagian depan yang lebih modern.

“Cerita sukses Carry Pick Up dilanjutkan pada tahun 1991 dengan diluncurkannya Carry Futura kemudian tambahan lini produk baru Mega Carry di tahun 2011 bagi konsumen yang membutuhkan mobil pickup yang lebih besar dan Modern,” lanjutnya.

“Dan pada tahun 2017 kami memperbarui Suzuki Carry  dengan meluncurkan Suzuki Carry Pick Up dengan design grill baru untuk memperkuat konsep New Carry Pick Up sebagai kendaraan komersial yang lebih Tangguh dan lebih dapat diandalkan,” tandasnya.

Sejarah New Carry berlanjut di tahun 2019, Suzuki Indonesia melakukan world premier peluncuran New Carry Pick Up. New Carry Pick-Up ini hadir dengan desain baru yang lebih modern, dimensi dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Performa New Carry Pick Up ini dapat memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Suzuki New Carry Pick Up masih menjadi Rajanya Pick Up. Ist

Di tahun 2023 kemarin, Suzuki New Carry Pick Up masih menjadi Pick Up No 1 di Indonesia selama lebih dari 10 tahun dengan raihan market share lebih dari 50% secara retail. Ini menjadi bukti nyata, bagaimana produk kami menjadi pilihan utama konsumen Indonesia sebagai mitra terpercaya untuk meningkatkan performa dan berkembangnya bisnis para pengguna New Carry.

“Di ajang GIICOMVEC 2024 ini, kami menampilkan produk komersial andalan kami yang telah dipercaya oleh Mitra Multi Industri mulai dari industri kesehatan, jasa pengangkutan, retail, sampai dengan UMKM, selama lebih dari 48 tahun dan memberikan kontribusi positif dalam perekonomian di Indonesia,” tutup Dony.

About Gatot Irawan

Check Also

New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS Kini Lebih Gagah dan Sakti  

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with …

Leave a Reply