Jakarta, NextID – Tahun 2023 merupakan tahun yang bermakna bagi PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) dari Mazda di Indonesia. Pasalnya, pada akhir tahun lalu, Mazda sukses membukukan penjualan atas 5.320 unit, di mana ini merupakan angka penjualan tertinggi, sejak tiga tahun terakhir (2020), dengan peningkatan hingga 100%.
Tren peningkatan penjualan oleh EMI konsisten mengalami kenaikan sejak masa pandemi global pada tahun 2020. Managing Director EMI (Mazda Indonesia), Ricky Thio menjelaskan faktor-faktor pendorong penjualan di tahun 2023 lalu, “Kesuksesan EMI pada tahun 2023 lalu didukung oleh banyak faktor, yang terutama adalah antusiasme dan dukungan dari para penggemar dan pelanggan Mazda, serta kinerja terbaik dari para jajaran dealer principal,” ujarnya, Rabu (24/1).
Layanan purna-jual Mazda. Imbuhnya, terus disempurnakan dengan program MYMAZDA SERVICE, yang memberikan fasilitas tanpa biaya untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu), juga turut memiliki andil.
“Sepanjang tahun 2023, Mazda juga konsisten berpartisipasi dalam pameran otomotif bergengsi, sebut saja Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Tak ketinggalan, salah satu misi terbesar Mazda untuk dapat masuk ke dalam segmentasi pasar kendaraan premium juga direalisasikan di tahun lalu (2023), dengan peluncuran The All-New Mazda CX-60,” tandasnya.
Peluncuran The All-New Mazda CX-60 di Indonesia EMI menandai keseriusan Mazda dalam melahirkan produk premium 7G, dalam kategori segmen Large Premium SUV. The All-New Mazda CX-60 menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged yang dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System), yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm, yang selain memberikan performa maksimal juga memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.
Menjelaskan perihal model dan warna yang paling diminati para pelanggan di tahun 2023, Pramita Sari, selaku Marketing & Communications General Manager EMI menjelaskan, CX-5 dan CX-3 masih menjadimodel yang paling diminati oleh para Mazda Friends di Indonesia, dengan Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic, sebagai dua pilihan warna terfavorit.
“Di Mazda sendiri, Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic dikategorikan sebagai premium colours, yang dalam proses pengecatan-nya memanfaatkan teknologi khusus, dengan hasil akhir yang lebih presisi dan berkualitas tinggi, seperti diaplikasikan oleh tangan pengrajin terampil. Keistimewaan dalam hal pengecatan ini kami sebut dengan TAKUMI-NURI, yang berarti “Artisan Colouring”. Keunggulan TAKUMI-NURI pada unit Mazda, mampu memberikan kesan yang kuat, penuh energi, dengan penampilan yang eksklusif dan mengesankan,” bebernya.
“Tahun 2023 adalah tahun yang begitu berkesan bagi saya dan EMI. Tidak hanya kami sukses membukukan penjualan Mazda Power Drive terbesar, sejak penyelenggaraan perdana-nya pada tahun 2018. Namun, kami juga sukses membukukan penjualan tertinggi, sejak pandemi global pada tahun 2020, yang menandakan bahwa kami mampu bangkit dari masa-masa sulit industri otomotif dunia,” timpal Ricky Thio.
Dia bercerita, pada tahun ini EMI akan merayakan usia 7 tahun sebagai ATPM Mazda di Indonesia, yang mana dalam budaya Jepang angka 7 dimaknai sebagai simbol keberuntungan. “Usia yang baru ini tentu mendorong kami untuk semakin optimis menjadi brand otomotif pilihan terdepan masyarakat Indonesia, terutama dalam segmentasi kendaraan premium,” jelasnya.
Ini menarik, di 2024 Mazda juga akan menghadirkan sejumlah produk 7G pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV), dan Large Premium SUV (MHEV). “Kami mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat produk terbaik Mazda, sekaligus memberikan kesempatan untuk merasakan secara langsung pengalaman berkendara ala The Perfect Jinba-Ittai,” tutup Ricky Thio.