Jakarta, NextID – Daihatsu senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat Indonesia, khususnya kawula muda melalui berbagai program atraktif, salah satunya lewat kontes modifikasi mobil bertajuk Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC).
Program hasil kerjasama antara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan HIN (Hot Import Night) ini menjadi bagian dari IAM (International Automodified) merupakan ajang bagi Sahabat Muda Kreatif dalam mengekspresikan dirinya secara positif melalui adu kreativitas modifikasi mobil Daihatsu dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan.
“Ajang Daihatsu Dress Up e-Challenge ini merupakan kontes modifikasi terbuka untuk seluruh model Daihatsu dan rutin diselenggarakan setiap tahun, serta telah berlangsung selama 10 tahun berturut-turut sejak 2014 dengan jumlah peserta lebih dari 7 ribu modifikator,” sambutan Masato Harada, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Sabtu (2/12) di Ecovention, Ancol.
Kontes modifikasi DDeC tahun ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) dengan pembagian 4 area regional meliputi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali. Kontes modifikasi DDeC menerapkan skema eliminasi dan diseleksi secara bertahap.
Tahun ini, tercatat sebanyak 1.374 mobil modifikasi Sahabat Muda Kreatif yang telah dimodifikasi dan berpartisipasi. Dalam hal penjurian, publik atau netizen juga berkontribusi dalam memberi vote untuk menilai mana mobil terkeren menurut versi mereka.
Selain menantang para modifikator lewat kontes modifikasi kendaraan secara riil, Daihatsu juga tantang Sahabat Kreatif melalui modifikasi virtual yang ditujukan sebagai ajang adu kreativitas, konsep, serta kemampuan digital editing dengan total peserta terdaftar lebih dari 163 peserta yang menampilkan konsep desain mobil terbaik versi setiap peserta.
Acara kolaborasi Daihatsu bersama IAM ini menyediakan hadiah total sebesar puluhan juta rupiah beserta thropy siap dibagikan kepada modifikator terpilih mulai sejak lolos putaran awal dan seterusnya dengan nilai hadiah yang terus meningkat.
“Kami mengapresiasi Sahabat Muda Kreatif yang telah berpartisipasi dalam program kontes modifikasi tahun ini. Program ini terus mendapat sambutan positif selama 1 dekade dengan peningkatan jumlah peserta yang terus naik setiap tahunnya,” tutup Masato Harada.
Harapannya, semoga kontes Daihatsu Dress Up e-Challenge dapat menjadi sarana positif bagi Sahabat Muda Kreatif dalam adu kreativitas melalui modifikasi mobil, serta membuat Daihatsu semakin dekat dengan masyarakat Indonesia.
Ayla Bunglon
Uniknya jawara kontes ini Daihatsu Ayla 1.0 Tahun 2015 milik Primanda Syahrial. Mobil ini aman dan nyaman karena untuk dipakai harian tetapi dengan tampang facelift Ayla 1.2. Yang menonjol khususnya di grill, sideskirt, rear lamp, head lamp, dan rear bumper. Memang diakui, Ayla itu menawan banget.
Dari kisah yang diungkapnya, yang menarik adalah konsepnya, bunglon dan dana yang terkuras hingga Rp 400 juta! Menurutnya, seluruh bodinya dilapisi cat yang bisa berubah warna, tergantung pantulan sinar dan sudut penglihatan.
Saat ditengok ke bagian dalamnya (interior) semuanya di-retrim menggunakan pelapis. “Saya juga memberi sentuhan konsep minibar. Di sektor bagasi dibongkar habis menjadi full audio, plus DJ pakai subwoofer 2 buah ukuran 10 inci,” tandasnya.
Belum lagi seluruh jok Alya-nya yang terpasang diambil dari merek mobil mewah teratas. Pantas saja total ongkosnya nyaris setengah miliar rupiah. Padahal pemenang pertama itu hanya diganjar hadiah Rp 10 juta. “Bukan soal hadiah, tapi kepuasan batin untuk menjadi yang terbaik dari 1.374 mobil modifikasi itu,” tandas Primanda Syahrial.