Jakarta, NextID – Hingga Agustus 2023, penjualan ritel pasar otomotif di Indonesia mencapai sekitar 665 ribu unit, atau naik 4,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 636 ribu unit.
Sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional, Daihatsu Indonesia juga membukukan raihan penjualan ritel yang positif dengan catatkan lebih dari 134 ribu unit, atau naik sekitar 8,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 123 ribu unit.
Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional sebesar 20,2%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan di tahun 2023 ini tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 43.126 unit, atau berkontribusi sekitar 32,1%; disusul Gran Max PU (Pick Up) 29.087 unit (21,7%); dan Terios 17.966 unit (13,4%).
“Kami bersyukur, hingga Agustus 2023 ini penjualan ritel Daihatsu tetap meraih capaian positif dengan volume yang menembus lebih dari 134 ribu unit, atau naik 8,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.