Jakarta, NextID – Pentingnya perencanaan keuangan untuk menghindarkan diri dari kerugian finansial sudah mulai disadari sebagian masyarakat. Namun kenyataannya, hal ini tak berimbang dengan kesadaran berasuransi. Padahal asuransi merupakan salah satu cara yang efektif agar kita dapat terhindar dari risiko yang bisa terjadi kapan saja.
“Keengganan ini salah satunya muncul karena sulitnya mengakses informasi dan membeli polis serta ketidaktahuan masyarakat untuk menentukan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan perlindungannya,” buka Head of PR, Marcomm, & Event Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto, Kamis (27/7) di acara workshop “GAWAT: Garda Oto Worth It or Not” untuk jurnalis di Pevent, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
Program ini menjadi menarik karena lebih dalam menyinggung soal asuransi kendaraan, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya berasuransi.
Acara GAWAT dihadirkan oleh Garda Oto dengan memberikan materi literasi dan edukasi kepada jurnalis tentang manfaat perlindungan aset kendaraan demi meningkatkan pemahaman dan mengikis perlahan anggapan negatif terhadap asuransi kendaraan.
Dengan gaya ‘sersan’ – serius namun santai – sesi Insurance Knowledge yang dibawakan sontak oleh Hendra, Regional Manager DKI Asuransi Astra, materi jadi mudah dicerna. Selain memberikan materi pengetahuan umum mengenai asuransi, Hendra juga menjelaskan produk dan layanan berkualitas dan beragam yang ditawarkan oleh Garda Oto guna selalu memberikan kemudahan akses kepada para pelanggan.
Hal ini juga sebagai salah satu upaya mendukung arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menumbuhkan angka literasi dan penetrasi asuransi bangsa. “Harapannya, acara ini nanti dapat disampaikan kepada masyarakat secara berkelanjutan sehingga memberikan manfaat bagi mereka untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat, untuk menghindari berbagai kerugian finansial,” jelas Hendra.
Ini acara makin membetot karena tak hanya berisikan pemaparan materi, tapi setelahnya dilanjutkan dengan sesi simulasi klaim interaktif oleh surveyor, sebagai salah satu garda terdepan Garda Oto. Di sini jurnalis diajak untuk mengetahui lebih detail proses klaim mudah dari Garda Oto dengan diawali pengajuan klaim yang dapat dilakukan di berbagai cabang dan gerai Garda Center di seluruh Indonesia, serta aplikasi digital myGarda yang tersedia di seluruh platform Android & IOS sehingga memudahkan akses dalam mengajukan klaim di mana pun dan kapan pun.
Seluruh proses klaim ini juga dilakukan secara paperless dan para pelanggan diberikan kemudahan melakukan monitoring survei dan perbaikan melalui aplikasi dari awal proses pengajuan klaim hingga terbitnya Surat pemesanan kendaraan (SPK) yang dapat dilakukan same day jika seluruh ketentuan hingga dokumen yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik.
“Mobil sudah dianggap sebagai hal prioritas yang esensial untuk dimiliki dalam kebutuhan masyarakat zaman sekarang. Karena selain untuk sekadar bermobilitas secara praktis, mobil menjadi sumber mata pencaharian segenap orang. Maka dari itu penting untuk memberikan perlindungan yang tepat karena hal yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja,” tandas Hendra.
“Namun perlu diingat, untuk memilih asuransi mobil terpercaya kita harus memahami manfaat yang diberikan asuransi tersebut sebelum membeli dan kemudian menyesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan kendaraan. Jangan sampai niat memberikan perlindungan kepada mobil kesayangan tetapi justru manfaat dan layanan yang diterima tidak sepadan. Oleh karena itu, dengan segala kemudahan akses seperti pengajuan klaim melalui berbagai channel, Garda Oto hadir untuk memberikan peace of mind agar para pelanggan dapat berkendara tanpa khawatir,” lanjutnya lagi.
Comprehensive
Banyak info menarik dari Garda Oto memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan melalui dua jenis perlindungan yang ditawarkan, yaitu comprehensive yang menjamin risiko kerugian/kerusakan sebagian maupun keseluruhan, dan total loss only yang melindungi risiko kerugian/kerusakan keseluruhan.
Menurut Iwan, melihat berkembangnya segmen pelanggan setiap waktunya, Garda Oto selalu berupaya meningkatkan kualitas melalui inovasi-inovasi terbaru. Saluran pembelian beragam yang dimiliki Garda Oto juga diimbangi dengan saluran klaim yang beragam pula.
“Pelanggan dapat dengan mudah membeli hingga mengajukan klaim di kantor cabang, gerai Garda Center yang tersebar di seluruh Indonesia, dan juga melalui aplikasi myGarda. Dibantu lebih dari 500 bengkel rekanan dan adanya jaminan suku cadang asli, Garda Oto berkomitmen memberikan peace of mind kepada seluruh pelanggan khususnya saat berkendara,” tandasnya.
“Risiko bisa terjadi kapan saja, jangan sampai saat kita kenapa-kenapa, kita jadi tidak punya apa-apa. Di situlah pentingnya memiliki asuransi, karena risiko yang kita miliki sudah dimitigasi. Memilih partner berasuransi pun harus teliti, pastikan nilai premi sepadan dengan layanan dan manfaat yang akan dimiliki,” tutup Iwan Pranoto.