Sunday , 8 September 2024
Home / Auto / Tim Mitsubishi Ralliart “Siap Perang” di AXCR 2023
Tim Mitsubishi Ralliart akan mengendarai total tiga Triton Group T1 baru (prototipe kendaraan lintas alam). Inilah salah satunya. Ist

Tim Mitsubishi Ralliart “Siap Perang” di AXCR 2023

Tokyo, NextID – Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) mengumumkan Tim Mitsubishi Ralliart, akan berkompetisi di Asia Cross Country Rally (AXCR) yang dijadwalkan pada Agustus tahun ini. Seperti tahun lalu, Hiroshi Masuoka dari Mitsubishi Motors akan menjabat sebagai direktur tim, Chayapon Yotha (Thailand) pembalap juara AXCR 2022 dan Rifat Sungkar (Indonesia) akan kembali lagi tahun ini, bergabung dengan pembalap baru Jepang Katsuhiko Taguchi.

Tim Mitsubishi Ralliart mengklaim kemenangan keseluruhan tahun lalu dalam upaya pertamanya di AXCR. Tahun ini, pembalap tim berikut dan co-driver akan mencoba meraih kemenangan kedua berturut-turut: juara bertahan Chayapon Yotha (Thailand) dan Peerapong Sombutwong (Thailand), pembalap posisi ke-5 tahun lalu Rifat Sungkar (Indonesia) dan Chupong Chaiwan (Thailand) , dan duo Jepang Katsuhiko Taguchi dan Takahiro Yasui.

Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berkompetisi di Asia Cross Country Rally (AXCR) pada Agustus tahun ini.

Mereka akan mengendarai total tiga Triton Group T1 baru (prototipe kendaraan lintas alam). Tim Mitsubishi Ralliart akan memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan AXCR; TANT SPORT (Thailand), yang memiliki tim, bergabung dengan direktur tim Hiroshi Masuoka, mantan pembalap juara Reli Dakar dua kali berturut-turut, dan teknisi Mitsubishi Motors akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis.

Dari 19 Juni hingga 23 Juni, Tim Mitsubishi Ralliart melakukan uji ketahanan yang ketat terhadap mobil reli Triton, membayangkan kondisi reli yang sebenarnya, di jalur off-road dekat Taman Nasional Khao Yai, di jantung Thailand.

Reli “terganas” di Asia melintasi Thailand hingga Laos. Ist

Mobil reli Triton yang serba baru telah sepenuhnya didesain ulang, termasuk bodi, rangka, sasis, dan mesinnya, yang sangat meningkatkan potensi kompetitifnya. Keandalan dan daya tahan mobil reli, terutama bodi dan mesinnya, dipastikan dengan berkendara sekitar 800 km selama uji ketahanan lima hari, dan penyesuaian dilakukan sebagai persiapan untuk kompetisi yang sebenarnya.

“Berdasarkan kekuatan asli All-New Triton, performa handling, stabilitas di jalan kasar, dan kenyamanan berkendara semakin ditingkatkan sebagai mobil kompetisi reli. Selain itu, turbocharger telah ditingkatkan untuk meningkatkan respons mesin di seluruh reli – berkisar dari rpm rendah hingga tinggi, menghasilkan mobil reli yang kuat yang dapat mengatasi segala kondisi jalanu” ujar Hiroshi Masuoka, direktur tim Team Mitsubishi Ralliart, Kamis (29/6).

Chayapon Yotha selaku driver dan Peerapong Sombutwong selaku co-driver. ist

“Kami telah melakukan tes ketahanan dengan pengaturan jalur yang lebih sulit daripada kondisi reli yang sebenarnya, tetapi mobil pengujian mampu melewati masing-masing sekitar 800 km tanpa masalah besar, memastikan performa di luar ekspektasi kami dan memberi kami kepercayaan diri yang besar untuk tim kami menjadi juara untuk kedua kali berturut-turut,” tandasnya.

Profil Tim Mitsubishi RALLIART

  • Direktur Tim: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)
  • Ketua Tim: Chayut Yangpichit (Thailand: TANT SPORT)
  • Direktur Teknik: Kopong Amatayakul (Thailand: TANT SPORT)
  • Dukungan Teknis (bodi, sasis): Noriyoshi Aiba (Mitsubishi Motors)
  •                                      (mesin): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

Drivers & Co-drivers:

1. Chayapon Yotha

        Dari: Provinsi Udon Thani, Thailand

        Lahir: 16 Agustus 1987 (35)

        Karir: Pengemudi juara AXCR 2022, yang memimpin Tim Mitsubishi Ralliart meraih kemenangan keseluruhan untuk pertama kalinya berkompetisi di AXCR dengan mengemudi hati-hati dan tepat. Dia telah memenangkan banyak balapan sejak 2012, termasuk Thailand Super Series, dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada tahun 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series.

        Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)

        Rifat Sungkar dan co-driver Chupong Chaiwan. Ist

        2. Rifat Sungkar

        Dari: Jakarta, Indonesia

        Lahir: 22 Oktober 1978 (44)

        Karir: Salah satu pembalap top Indonesia, pernah menjuarai Kejuaraan Reli Sprint Indonesia pada tahun 1997, menjadi juara Kejuaraan Reli Indonesia tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2012, beliau ditunjuk sebagai brand ambassador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada 2019 dan 2021, ia meraih juara umum di Kejuaraan Reli Sprint Indonesia dengan menggunakan Mitsubishi Xpander.

        Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)

        3. Katsuhiko Taguchi

        Dari: Okayama, Jepang

        Lahir: 7 Februari 1972 (51)

        Karier: Pada usia 18 tahun, ia terjun ke olahraga motor melalui uji coba tanah. Saat berusia 20 tahun, dia memenangkan Kejuaraan Uji Coba Tanah Seluruh Jepang pertamanya, menunjukkan bakatnya sejak usia dini. Sebagai anggota Tim Kerja Mitsubishi Motors, ia mulai mengikuti reli di luar negeri seperti Kejuaraan Reli Dunia (WRC) sejak usia muda. Pada tahun 1999 dan 2010, ia memenangkan FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC). Pada tahun 2007, ia memenangkan Reli Jepang di Grup N.

        Co-driver: Takahiro Yasui

        Saat pengujian lapangan yang berat untuk mengetahui keandalan All New Triton. Ist

        AXCR 2023

        Reli Lintas Negara Asia 2023, yang sekarang memasuki tahun ke-28, akan dimulai dengan pembukaan seremonial pada Minggu, 13 Agustus, di Pattaya, salah satu lokasi wisata terbaik di Thailand. Reli dimulai pada hari berikutnya, Senin 14 Agustus, dengan kendaraan melaju ke timur, kira-kira sejajar dengan perbatasan Kamboja, memasuki Laos pada hari berikutnya, dan mencapai tujuan pada Sabtu tanggal 19 Agustus.

        Selama reli, pembalap menempuh jarak total sekitar 2.000 km, termasuk lebih dari 1.000 km Special Stage (SS)/Tahapan Khusus. AXCR tahun ini juga memiliki banyak variasi medan, termasuk daerah pegunungan, hutan lebat, jalan berlumpur, penyeberangan sungai, dan banyak lagi.

        Jalur yang sulit ini diharapkan dapat menguji handling jalan dan daya tahan mobil reli. Tahun ini, karena acara diadakan pada bulan Agustus namun sudah masuk musim hujan dan kondisi medan diperkirakan becek, akan lebih parah dari tahun lalu.

        About Gatot Irawan

        Check Also

        New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS Kini Lebih Gagah dan Sakti  

        Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with …

        Leave a Reply