Saturday , 21 September 2024
Home / Auto / Drag Race VW Series Putaran II – Kolaborasikan Balap, Kepedulian Sosial, dan Prestasi
Meski cuaca terik, ajang VVC Go and Fast – Drag Race VW Series Putaran II, asli seru dan menegangkan yang digelar di Sentul. Ist

Drag Race VW Series Putaran II – Kolaborasikan Balap, Kepedulian Sosial, dan Prestasi

Sentul, NexID -Ajang balap lintasan lurus (drag race) yang diselenggarakan klub otomotif Volkswagen Van Club (VVC) bertajuk; “VVC Go and Fast – Drag Race VW Series Putaran II” berlangsung sukses dan aman. Gelaran drag race yang masuk kalender nasional kegiatan Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA) ini digelar di Sirkuit Non-Permanen Adhi City, Sentul, pada 22-23 Oktober 2022.

Tidak hanya melombakan kelas khusus VW klasik aircooled, gelaran drag race yang menggandeng IMI DKI Jaya ini juga membuka diri bagi peserta non-VW yang datang dari kendaraan merek lain, baik Jepangan maupun mobil Eropa lainnya. Selain itu, VVC Go and Fast juga menghadirkan kelas khusus motor, baik mobil dan motor menggunakan sistem bracket time di tiap kategorinya.

Kesuksesan drag race putaran II dari rangkaian drag race VW nasional ini tidak lepas dari dukungan sponsorship Jakarta Storm Speed, Adhi City Sentul, dan dukungan IMI DKI Jaya serta VIA. Bahkan Jakarta Storm Speed sekaligus memanfaatkan momentum drag race ini guna memperkenalkan keberadaan dan kiprah team-nya ini ke sejumlah media nasional.

VW Kodok adu cepat di trek lurus, seru apalagi ditimpali dengan bunyi knalpotnya khas, bising dan ribut. Ist

“Alhamdulillah acara selama dua hari ini berjalan aman dan lancar. Terima kasih kami sampaikan ke para sponsorship dan semua pihak berkolaborasi di acara ini. Mohon maaf apabila ada kekurangan di sana-sininya,” ujar  Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M, Ketua Umum VVC.

Selain menyampaikan apresiasinya terhadap Jakarta Storm Speed (JS) dan Adhi City Sentul, Pudji juga menyampaikan terima kasihnya untuk Ketua Umum IMI Pusat, Ketua IMI DKI Jaya, dan Ketua Umum VIA atas dukungan yang diberikan ke VVC hingga terselenggaranya sukses acara ini.

Khusus para pebalap yang berpartisipasi dan sukses menuai prestasi, Pudji yang juga Komisioner Kompolnas ini menyampaikan apresiasi dan harapannya agar para pebalap terus bersemangat menorehkan prestasi untuk negeri, tentu mengedepankan semangat sportivitas dan kreativitas.

VW Kombi pun tak kalah gahar ketika mengegas untuk jadi pemenang. Ini adegan lumayan gila dan seru. Ist

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya drag race sebagai penyaluran adrenalin yang tepat, yang bermanfaat menghindari kebut-kebutan di jalan raya. “Sebagai insan sesama pehobi otomotif, kita tetap harus jadi pelopor keselamatan berlalulintas. Mari kita jadikan ajang seperti ini sebagai kebutuhan kita bersama,” imbuh Pudji yang sempat ikutan turun dengan VW Kombi ‘Doreng’ kesayangannya.

Alam Bersahabat

Selama dua hari penyelenggaraan, alam pun seperti bersahabat dengan kelancaran acara ini. Wilayah Sentul yang kalau menjelang petang sering diguyur hujan, selama dua hari perhelatan semesta alam seperti menunjukkan dukungannya. Acara start hingga finis bisa dilalui tanpa terpaan hujan yang bisa memberi efek resiko cukup besar.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Harvyanto Suharto, antusiasme yang ikut acara ini cukup besar, terlebih menjelang tutupnya waktu registrasi jelang balap. “Hal ini lumrah, mengingat ‘saling tunggu’ antar kompetitor sudah lazim terjadi. Drag race ini kita juga memakai regulasi yang diterbikan pihak IMI, termasuk aspek safety dan kelas-kelasnya,” ujar Harvy.

Ia juga menyampaikan terima kasih untuk semua pantia dan juga para sponsorship atau pendukung acara ini hingga berlangsung sesuai jadwal serta aman dan lancar. Tak lupa, selain keriaan yang disajikan, VVC juga tetap berkomitmen melakukan kepedulian terhadap sesama sebagai ciri khasnya.

Marza M Noor dari Bandung, anggota tim Jakarta Storm Speed, bersama Harvyanto, Ketua Pelaksana VVC Go and Fast – Drag Race VW Series Putaran 2. Ist

Jakarta Storm Speed

Sementara sebagai pendukung utama gelaran drag race VVC ini, R. Adi Yunadi Endjun selaku founder dan pimpinan JS Fondation mengungkapkan, kalau kiprah Jakarta Storm Speed (JS) di acara ini merupakan sebagai upaya pengembangan JS ke bidang selain olah raga basket yang selama ini dilakoni.

Terkait keikutsertaannya di ajang VVC Go and Fast ini, Adi menyatakan selain dirinya sebagai anggota klub VVC, pihaknya juga ingin menjadikan gelaran drag race VVC ini sebagai langkah awal JS serius terjun di dunia balap lintasan lurus dan dunia otomotif Indonesia.

Keterlibatan JS di acara ini menurut Adi, merupakan wujud keinginannya untuk ‘turun gunung’ membantu perhelatan klubnya sendiri yakni VVC, sambil mengkolaborasikan dengan wadah yang dibuatnya untuk dunia otomotif tersebut.

R. Adi Yunadi Endjun (kiri) selaku founder dan pimpinan JS Fondation dan Octo Budhiarto -Kabid Humas VVC. ist

Menurut Adi, drag race memiliki memori spesial baginya. Karena ia yang pertama kali melakukannya di Indonesia saat itu di era 1980-an. “Untuk saat ini, kebetulan masuk tawaran pertama drag race VVC ini. Dengan keinginan membangkitkan kembali semangat drag race, saya berpikir ada baiknya mendukung event ini. Apalagi VVC kan klub saya sendiri juga,” senyum Adi saat ditanya latar belakang keikutsertaan JS di ajang VVC Go and Fast ini.

“Momennya tepat, ketika kembali ke dunia otomotif, klub saya sendiri pas mau bikin event. Nah dengan tangan terbuka kami sambut gagasan ini untuk bersama mewujudkannya. Toh ini juga klub di mana saya jadi anggotanya. Intinya kita bantu sama-sama agar maju  bersama,” tandas Adi.

Terkait penyelenggaraan drag race VVC Go and Fast di wilayah pengelolaannya, Nanang Safrudin Salim selaku Project Director dari LRT City Sentul dan Adhi City Sentul menyambut gembira adanya kolaborasi event dengan VVC. “Kami sendiri di area Sentul ini memiliki beberapa lokasi properti yakni LRT City Sentul, Royal Sentul Park, dan Adhi City Sentul. Untuk lokasi acara balap nanti akan berlangsung di Adhi City Sentul dengan luas area mencapai 120 hektar,” papar Nanang saat jumpa media perdana VVC Go and Fast di kantor LRT City Sentul sebelumnya.

Momen yang tak kalah seru adalah mengukur siapa paling banter di segmen motor, khususnya skuter ini. Ist

Nanang juga mengucapkan terima kasih atas diberikan kesempatan pihaknya untuk mengenalkan kawasan yang sedang mereka bangun di wilayah Sentul ini. Berbagai postingan media, efek promo, hingga pengunjung yang datang di event diharapkan turut membantu sosialisasi proyek property Adhi City dan grup secara lebih luas lagi.

Sedangkan menurut Ketua Harian VIA Agus Sutanto, VIA mengucapkan selamat atas terselenggarakannya event drag race VW series putaran kedua yang dilaksanakan VVC. “Selamat dan sukses karena berjalan lancer dan tanpa insiden sedikitpun. Semoga di putaran ketiga yang dibuat VCB di Bandung bisa lenajutkan keramaian dan antusiasme seperti sebelumnya,” ujar Agus.

Pihaknya juga menyiapkan piala khusus yang akan diberikan pada seri terakhir di Bandung. Dengan harapan, bisa turut memikat peserta untuk ikutan segera. Sebagai penentu peraih piala VIA ini, akan dihitung total nilai yang didapat dari masing-masing peserta mulai seri pertama hingga ketiga.

Suasana di paddock sebelum “tempur.” Ist

“Semoga tawaran piala khusus VIA ini menambah semangat teman-teman VW seluruh nusantara untuk ikutan acara drag race yang masuk kalender VIA ini. Secara total sudah ada 90-an klub dan diharapkan bisa mengirimkan setidaknya minimal 1 unit mobilnya mewakili klub.  Kalau kuota ini terpenuhi, bisa terbayang betapa ramainya acara ini,” ujar Agus.

About Gatot Irawan

Check Also

KTB Donasikan Fuso Canter Euro 4 Bagi SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru

Banjarbaru, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari …

Leave a Reply