Friday , 22 November 2024
Home / Auto / Aplikasi Digital Terbaru “mTOYOTA” Manjakan Pelanggan!
BOD TAM melakukan seremoni peresmian aplikasi digital terbaru mTOYOTA, Kamis (5/12) di Jakarta. Ist

Aplikasi Digital Terbaru “mTOYOTA” Manjakan Pelanggan!

Jakarta, NextID – Untuk memberikan warna baru dalam dunia digital, mulai Kamis (5/12), PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan Mobile Apps bernama mTOYOTA guna meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.

mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya seperti official website, berbagai akun social media, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.

Seperti diketahui, dalam 10 -15 tahun terakhir telah terjadi pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong oleh perkembangan teknologi digital. Kondisi ini berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli, maupun layanan yang dibutuhkannya.

Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.

Toyota pun menyadari perkembangan tren tersebut dengan menghadirkan berbagai layanan komunikasi digital, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai hal tentang Toyota.

Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id). Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan media akan informasi tentang Toyota.

Pada tahun ini, juga telah diperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA.” Platform berbasis chatting ini merupakan langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien, karena TARRA mampu merespon secara real time & personalized, selama 24 jam 7 hari.

“Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, maka perlu adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses,” ujar Yoshihiro Nakata, President Director TAM, pada acara peluncuran mTOYOTA, di sela acara.

“mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya. Kami berharap, mTOYOTA dapat semakin meningkatkan pelayanan Toyota kepada pelanggan, secara digital,” timpal Kazunori Minamide, Marketing Director TAM.

Tentang mTOYOTA

Sementara itu Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan, mTOYOTA memiliki fitur-fitur yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan mulai dari proses search/pencarian, purchase/pembelian, hingga own/kepemilikan. “mTOYOTA memiliki tiga aspek keunggulan, di mana platform digital ini mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement,” beber Anton.

Ilustrasi detil mTOYOTA diperagakan cara-cara yang ternyata memudahkan pelanggan berkomunikasi.  Ist
Ilustrasi detil mTOYOTA diperagakan cara-cara yang ternyata memudahkan pelanggan berkomunikasi. Ist

Dari aspek Personalization, fitur unggulannya adalah:

Single Sign On – Di mana customer dapat login dengan menggunakan 3 akses yaitu akun Facebook, Google, maupun email.

Customer & Vehicle Profile – Pada fitur ini, customer dapat mengisi data diri mereka dan VIN kendaraan Toyota yang dimiliki yang akan menjadi personalized profil pada mTOYOTA

Favorite Feature Customization – Penggunaan dipermudah dengan adanya fasilitas untuk memilih fitur favorit yang paling sering digunakan oleh customer.

Panic Button – Umumnya, panic button hanya menyediakan 1 nomor emergency, namun pada mTOYOTA, customer dapat menambahkan 2 nomor keluarga atau kerabat yang bisa dijadikan emergency number.

Owner’s Manual – Owner’s manual berdasarkan data kendaraan Toyota yang diinput akan dengan mudah diakses melalui apps.

Reminder by input VIN – Fitur ini dapat membantu mengingatkan kita pada saat masa berlaku SIM ataupun STNK akan berakhir.

Aspek keunggulan berikutnya adalah One Stop Service, di mana fitur unggulannya adalah:

Trade In – Fitur ini memberikan kemudahan bagi customer yang ingin mendapatkan informasi dan melakukan trade in (tukar tambah kendaraan Toyota).

Credit Simulation – Fitur ini membantu customer untuk melakukan simulasi perhitungan yang ditawarkan oleh Toyota.

Dan aspek keunggulan terakhir adalah Engagement, di mana fitur unggulannya adalah:

Fun – Fitur interaktif yang disediakan untuk pengguna mTOYOTA, misalnya personality quiz.

Community – Dalam fitur ini akan mencantumkan semua daftar komunitas Toyota beserta info tentang mereka dan jadwal event  yang akan diselenggarakan. Selain informasi event, customer yang berminat, dapat pula mendaftarkan dirinya pada event tersebut secara online dan akan diberi reminder pada H-7, H-3 dan H-1.

Terdapat juga fitur Check In yang berfungsi untuk melakukan scan QR Code pengguna yang dapat digunakan sebagai bukti hadir, saat customer menghadiri event-event komunitas tersebut.

Melalui data yang diisi oleh customer diharapkan Toyota dapat semakin memahami kebutuhan customer sehingga dapat terus meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan.

Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA” – Chatbot “TARRA” juga ada dalam mTOYOTA, diperuntukkan bagi teman-teman yang ingin mendapat info Toyota dengan cepat 24/7 melalui chatting.

Customer Care – Fitur ini memungkinkan, masukan dari customer akan langsung di-handle oleh dealer ke customer.

 

About Gatot Irawan

Check Also

New Tucson, Desainnya Lebih Seksi dan Serba Baru

Jakarta, NextID – Usai acara peluncuran resmi New Tucson, sontak jurnalis banyak yang penasaran dengan …

Leave a Reply