Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mendapatkan capaian yang cukup positif sepanjang kuartal pertama tahun 2019 (Januari – Maret). Hasil penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors dari dealer ke konsumen (retail sales) pada Januari hingga Maret 2019 mencapai 34.100 unit dan kontribusi terbesar pada hasil tersebut berasal dari penjualan Mitsubishi XPANDER.
Model ini sejak diluncurkan pada Agustus 2017, telah mendapatkan apresiasi yang luar biasa sebagai pendatang baru di segmen small MPV dan berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 100.000 unit dalam waktu 18 bulan pada Maret 2019.
Tidak hanya itu, pada kuartal pertama 2019, Mitsubishi XPANDER berhasil mendominasi 31,4% segmen small MPV pada basis retail dengan total penjualan sebesar 17.902 unit. Kehadirannya ini berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan MMKSI pada awal tahun 2019 dan secara umum turut meningkatkan volume dan kontribusi segmen low MPV.
Pada pasar kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV), Mitsubishi PAJERO SPORT memimpin pasar middle SUV 4×2 pada basis retail dengan pangsa pasar sebesar 45,7% selama kuartal pertama tahun 2019. Hal yang sama pada segmen middle SUV 4×4 pada basis retail, PAJERO SPORT memimpin pasar dengan penjualansebesar 471 unit pada Januari – Maret 2019.
Sementara penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi dari dealer ke konsumen juga mendapatkan capaian positif pada periode yang sama dengan penjualan sebesar 10.537 unit.
Capaian ini mendapatkan kontribusi terbesar dari segmen pick up small class 4×2 yaitu model L300 yang tetap menjadi pemimpin pasar di kelasnya, dan pada bulan Maret 2019 meraih pangsa pasar sebesar 76,7%. Sepanjang kuartal pertama 2019, L300 berhasil meraih penjualan sebanyak 6.802 unit, diikuti olehTRITON yang pada Januari – Maret 2019 memimpin pasar pick up small 4×4 pada basis retail dengan pangsa pasar 61,1%.
Pada kuartal pertama tahun 2019, produkMitsubishi Motorsdi Indonesia mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat, di mana Mitsubishi XPANDER, PAJERO SPORT, TRITON dan L300 berhasil mendominasi segmennya sejak Januari hingga Maret 2019.” Capaian ini juga telah mengantarkan MMKSI menjadi distributor no. 1 dalam sales performance untuk penjualan Mitsubishi Motors Global pada April 2018 – Maret 2019,” papar Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Selasa (16/4).
Sejak April 2019, telah beroperasi 143 dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia, dan masih akan terus bertambah hingga 153 dealer hingga akhir Maret 2020.