Jakarta, NextID – Daihatsu menutup tahun 2017 dengan prestasi penjualan yang memuaskan. Retailsales Daihatsu meraih peringkat ke-2 pasar otomotif nasional, dengan penjualan sebesar 185.240 unit atau market share 17,3%. Sementara wholesales Daihatsu mencapai 186.381 unit atau market share17,3%. Angka ini menunjukkan selain mengejar penjualan, Daihatsu juga sangat menjaga jumlah stok unit di saluran distribusinya.
Retailsales Daihatsu ditopang oleh Sigra yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dengan raihan 48.293 unit atau 26%, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 40.324 unit (22%), dan Xenia sebesar 36.948 unit (20%). Selanjutnya, Daihatsu Ayla dengan torehan 27.587 unit (15%), Gran Max Mini Bus (MB) 13.279 unit (7%), serta Terios 10.728 (6%). Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen) berkontribusi total sebesar 8.081 unit (4%).
Pada sisi wholesales, Sigra juga berada di urutan teratas dengan raihan 44.993 unit atau 24%, disusul dengan Gran Max (PU) yang berkontribusi 41.703unit (22%), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 38.535 unit (21%). Selanjutnya ada Daihatsu Ayla menyumbang 28.051 unit (15%), Gran Max (MB) 14.529 unit (8%), dan Daihatsu Terios 11.338 unit (6%). Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi sebesar 7.232 unit (4%).
“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia sehingga Daihatsu mampu meraih prestasi yang membanggakan di tengah sengitnya persaingan pasar otomotif. Kami berharap pencapaian ini dapat terus memotivasi kami, untuk memberikan yang terbaik pada produk maupun pelayanan purnajual Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Senin (22/1).