Sunday , 8 September 2024
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Makanan Kaya Lemak Yang Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi perempuan makan ikan salmon

Makanan Kaya Lemak Yang Baik untuk Kesehatan

Jakarta, NextID – Ada beberapa jenis asupan lemak yang harus dihindari karena berdampak negatif kepada kesehatan yaitu lemak trans atau lemak jahat. Lemak jahat dapat menyumbat arteri sehingga bisa menimbulkan masalah serius.

Kardiolog New York University Langone Medical Center Dr Richard Stein, M.D mengatakan ada beberapa lemak yang berasal dari ikan dan buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan. “Pintar-pintarlah memilih makanan berlemak karena tidak semuanya jelek bagi kesehatan,” katanya seperti dikutip Newsmaxhealth.

Berikut makanan kaya lemak yang wajib anda konsumsi :

Ikan Salmon

Ikan Salmon mengandung lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega-3. Jenis lemak itu adalah nutrisi sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, meringankan gejala-gejala arthritis, serta membantu mencegah demensia.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mempunyai asam lemak alami yang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan mengembangkan diabetes tipe 2.

Produk susu

Para ilmuwan percaya lemak jenuh dapat menaikkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan ada dua jenis partikel kolesterol yaitu kecil-padat (terkait dengan penyakit jantung) dan besar-halus (tidak menimbulkan risiko). Lemak jenuh dalam produk susu meningkatkan tingkat partikel besar yang tidak berbahaya.

Minyak nabati

Minyak zaitun dan minyak sawit kaya dengan asam lemak omega-3. Penelitian terbaru University of Toronto menemukan bahwa diet rendah gula dan tinggi lemak minyak sehat membantu pasien diabetes tipe 2 mengontrol gula darah mereka dan menurunkan risiko penyakit jantung.

About Adam Rizal

Check Also

Orang Tua Perlu Selektif Memilih Popok untuk Cegah Ruam

Jakarta, TheNext – Dokter spesialis anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Dr. Nitish Basant …

Leave a Reply