Home / Tech / Gadget / Dompet Digital Melonjak di Asia Pasifik

Dompet Digital Melonjak di Asia Pasifik

Jakarta – NextID – Bertepatan dengan Mobile World Congress 2016 di Barcelona, MasterCard mengumumkan hasil survei terbaru bertajuk Mobile Shopping Survey (Survei Belanja Mobile).

Sumber itu mengungkapkan bahwa konsumen di Asia Pasifik menggunakan teknologi-teknologi mobile baru. Satu dari lima orang konsumen (19,5 persen) menggunakan dompet digital, atau meningkat dua kali lipat dibandingkan dua tahun lalu (9,7 persen).

Negara  berkembang berada di posisi teratas di mana pengguna ponsel pintar (smartphone) di China (45,0 persen), India (36,7 persen) dan Singapura (23,3 persen) merupakan pengguna dompet digital terbesar di kawasan ini. Hasil survei ini berdasarkan wawancara yang dilakukan antara bulan Oktober hingga Desember 2015 dengan 8.500 responden berusia antara 18 – 64 tahun di 14 negara  di Asia Pasifik.

“Teknologi pembayaran mobile terbaru seperti dompet digital MasterCard yaitu MasterPass, membuat transaksi lebih mudah dan aman, online, melalui aplikasi dan langsung di dalam toko,” ucap Group Head Digital Payment, Asia Pasifik, MasterCard  Raj Dhamodharan, Rabu (2/3).

Raj menyebyutkan,  seiring semakin banyaknya aplikasi merchant yang menyediakan belanja dan jasa, konsumen membutuhkan dompet digital yang memberikan keseimbangan terbaik antara keamanan dan kenyamanan. Munculnya permintaan dari berbagai negara di Asia Pasifik dimulai dari India sampai Singapura hingga Australia. Di Singapura misalnya, konsumen menggunakan dompet digital– MasterPass untuk membayar tagihan dan pemesanan taksi.

“Dalam setiap transaksi, kami bekerja sama dengan para merchant untuk menyediakan aplikasi pembayaran yang aman dan sederhana melalui MasterPass,” ucap Raj.

Aplikasi mobile banking (31,8 persen) masih menjadi teknologi yang paling banyak digunakan di antara teknologi mobile baru lainnya, seperti metode pembayaran in-app shopping dan NFC mobile. Dompet digital menjadi salah satu metode dengan pertumbuhan tercepat dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, para konsumen terus menggunakan metode belanja mobile di mana setengah dari konsumen di Asia Pasifik telah melakukan pembelian menggunakan ponsel pintar mereka dalam kurun waktu tiga bulan. Oleh karena itu, tidak mengherankan beberapa negara dengan tingkat penggunaan dompet digital terbesar merupakan negara dengan mayoritas konsumen yang menggunakan ponsel mereka untuk berbelanja. Tiga perempat dari konsumen di India dan China kini berbelanja melalui ponsel pintar mereka.

Belanja melalui ponsel pintar
Belanja melalui ponsel pintar

About Murizal Hamzah

Check Also

HondaJet Echelon: Jet Ringan dengan Teknologi Terdepan

Las Vegas, NextID – Honda Aircraft Company memperkenalkan pesawat jet terbaru dengan nama HondaJet Echelon …

Leave a Reply