Bali, NextID – Jika menjajal mobil baru di aneka lintasanpanjang lalu kita merasa nyaman dan terbuai, pasti mobil itu dibuat dengan rencana yang paripurna. Dan tim R&D Honda tampaknya sukses mendesain All New CR-V RS e:HEV sebagai SUV semakin “dewasa.” Ini fakta di balik itu dan terbukti saat test drive pada 16-18 Oktober di Bali.
Grand Concept All New Honda CR-V
All New Honda CR-V mempunyai konsep pengembangan yang dinamakan “Blown Away” di mana tim R&D memiliki tujuan untuk mencapai tingkat “keleluasan serta kemudahan penggunaan” sebuah SUV dan tingkat “perasaan premium dan juga canggih” pada saat yang bersamaan.

Dynamic View
Untuk All New Honda CR-V memperkenalkan konsep “meningkatkan kemudahan berkendara dengan menyesuaikan cara terbaik melihat objek dalam berkendara.” Tim R&D menamakan konsep ini sebagai “Instinctive Dynamic View Frame”. Pertama, tim mendesain arahan pandangan pengemudi ke arah jalan. Oleh karena itu, pilar bagian depan mobil dibuat lebih lebar 4,4 derajat.
Kedua, kap mesin dibuat horizontal dari sisi ke sisi untuk membantu pengemudi mengetahui ukuran mobil saat berkendara. Pengemudi dapat melihat dengan lebih jelas apa yang dilihat selama berkendara di mana visibilitas berkendara dibuat “aman” dan “nyaman” dengan nuansa premium serta untuk memudahkan dalam berkendara.
Dynamic Performance
Performa dinamis All New Honda CR-V menggunakan konsep “Blown Away Dynamic”. Untuk mewujudkan hal ini, Honda telah menetapkan; Noise Vibration (NV), handling dan kenyamanan berkendara, sementara dari sudut pandang “FUN” dan “safety, comfort dan performa berkendara”.
All New Honda CR-V RS e:HEV menggunakan mesin berkapasitas 2.0-liter directinjected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New Honda CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Sementara varian All New Honda CR-V 1.5L Turbo menggunakan mesin berkapasitas 1.5-liter direct- injected 4-Cylinder DOHC VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran mesin 1.700-5.000 rpm dan transmisi CVT.
Transmisi All New Honda CR-V RS e:HEV menggunakan E-CVT di mana memiliki motor penggerak dan motor pembangkit tenaga berukuran kecil yang disusun secara paralel pada poros yang terpisah. Dengan mengadopsi magnet performa tinggi yang baru dikembangkan dan motor dengan struktur multi-ring, torsi maksimum dan kecepatan maksimum telah ditingkatkan. Selain itu, dengan menetapkan roda gigi terpisah untuk penggerak motor dan penggerak mesin, hal ini meningkatkan tenaga penggerak dan kecepatan maksimum sekaligus menekan peningkatan kecepatan mesin selama jelajah kecepatan tinggi.
Lebih jauh lagi, selain rasio tinggi saat ini, rasio rendah telah ditambahkan ke rasio roda gigi dalam mode engine drive. Area aplikasi mode engine drive telah diperluas untuk menyertakan akselerasi yang lembut dalam berkendara di perkotaan, dan lebih jauh lagi meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Sistem e:HEV bekerja dalam empat mode Driving System yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode, Engine Mode dan Regenerative yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV di mana hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.
Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid di mana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, di mana mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Sementara itu Regenerative bekerja ketika pengemudi mengurangi kecepatan kendaraan, sistem mengisi tenaga listrik di baterai.

Deceleration Paddle Selector pada All New Honda CRV RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui pengereman kendaraan (regenerative braking) di mana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai. Pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus mengatur pengisian baterai yang lebih optimal.
Driving With Sense of Security and Comfort
Untuk mencapai pergerakan yang mulus sebagai respons terhadap kemudi, tim R&D mengurangi sebagian besar gesekan pada sistem kemudi. Kontrol EPS ditingkatkan untuk menghasilkan roda kemudi yang halus dan akurat sejak awal saat setir diputar. Bersamaan dengan itu, Variable Gear Ratio juga tercapai di mana pengemudi dapat merasakan reaksinya dengan lebih baik.
Selain itu sasis mobil kini dibuat lebih minim gejala body roll yang ditingkatkan dengan cara melebarkan jarak sumbu roda dan juga wheel tread-nya. Kemudian penambahan insulator di berbagai sektor bersamaan dengan tingkat peredaman dari suara mesin dan juga suara bising dari luar membuat kabin semakin kedap sehingga berkendara di sepanjang perjalanan dapat menjadi lebih nyaman lagi.
Maximize Security & Comfort
All New Honda CR-V juga hadir dengan berbagai fitur keselamatan lainnya seperti Hill Descent Control yang memberikan rasa aman pada pengguna dan sebagai kontrol tambahan saat kendaraan melalui kondisi jalan yang menurun dan terjal atau licin. Selain itu, pada varian All New Honda CR-V RS e:HEV disematkan opsi B pada kotak tuas transmisi mobil. Opsi transmisi B ini mampu menghasilkan deselerasi yang tinggi, memberikan deselerasi yang aman dan rasa aman bahkan di jalan yang curam.
Pada kabin mobil disematkan juga Active Noise Cancellation yang memberikan peningkatan besar dalam efek pengurangan tingkat kebisingan pada kabin mobil. Pada varian RS e:HEV, kini terdapat sistem Active Sound Control yang menghasilkan sensasi suara berkendara yang sporty yang diselaraskan dengan putaran mesin.

Advanced Safety Support
Sebagai sebuah SUV premium, All New Honda CR-V RS e:HEV dibekali dengan teknologi keselamatan dengan teknologi terdepan. Sistem teknologi keselamatan aktif Honda SENSING hadir dengan penambahan fungsi Adaptive Driving Beam (ADB) yang secara otomatis mengatur distribusi pencahayaan lampu depan saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya.
Selain itu semua varian All New Honda CR-V juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif Honda SENSING yang terdiri dari; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS). Hadir pula fitur Auto High-Beam (AHB) with Adaptive Driving Beam (ADB) khusus pada varian RS e:HEV.
All New honda CR-V meningkatkan beragam tingkatan nilai ke tingkat yang lebih tinggi untuk tujuan menjadi sebuah kendaraan serbaguna terbaik dalam hal Comfort, Driving Performance, Utility serta Running through performance.