Jakarta, NextID – Itu memang bukan sembarang tema tanpa arti. Tetapi itu ibarat ‘sabda pandita’ kepada mereka yang ingin mengubah nasib menjadi lebih baik ke depan, maka terciptalah semboyan “Lebih Dekat, Lebih Hangat.”
Oleh sebab itu PT Astra Honda Motor (AHM) terus menunjukkan komitmen dalam menghadirkan pelayanan terbaik kepada konsumen setia sepeda motor Honda dengan menyelenggarakan Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) 2025 yang telah memasuki tahun ke-16 pelaksanaannya dan acara pengumuman pemenang (final) dilaksanakan pada Kamis (14/8) di Jakarta.
KLHN menjadi ajang strategis untuk mengasah kompetensi dan memperkuat budaya layanan Satu Hati dengan konsumen, sekaligus apresiasi atas dedikasi layanan tim garda terdepan jaringan penjualan dan purna jual sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dengan mengusung tema “Lebih Dekat, Lebih Hangat,” KLHN 2025 merefleksikan semangat untuk membangun koneksi antara jaringan sepeda motor Honda dan konsumennya.

“Tema ini tak hanya menjadi semangat dalam menghadirkan pelayanan yang lebih personal, empati, responsif dan tulus, namun juga memperkuat peran tim layanan dalam memberikan pelayanan yang hangat dan penuh kepedulian di setiap titik interaksi, baik secara langsung maupun digital,” sebut Vita Maya K. -CS & PLP Development Dept. Head. AHM.
Sebagai ajang tahunan yang ditunggu-tunggu, KLHN 2025 mempertandingkan tujuh kategori, yakni Dealer/AHASS Head, Team Leader, Sales People, Non-Sales People (Cashier, Admin, Part Counter), Deliveryman, Customer Retention Officer, serta Best Main Dealer. Ajang digelar sejak Minggu (10/8) ini memang yang paling ditunggu-tunggu oleh ribuan karyawan Main Dealer Honda.
Antok Yuniarso selaku GM Honda Customer Care Center (HC3) AHM menyampaikan, KLHN bukan hanya sebuah kontes, melainkan bentuk nyata dari investasi berkelanjutan perusahaan terhadap kualitas sumber daya manusia dalam ekosistem bisnis Honda.

“Melalui KLHN, kami ingin memperkuat semangat kolaboratif dan pendekatan yang berfokus pada empati di seluruh jaringan Honda. Pelayanan yang tulus dan hangat bukan hanya membangun kepuasan, tetapi juga menciptakan kepercayaan dan loyalitas jangka panjang dari konsumen,” ujarnya.
Menurut keterangannya, KLHN tahun ini diikuti oleh 9.192 peserta dari berbagai lini layanan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Para peserta melewati proses seleksi ketat di tingkat regional yang dikelola oleh 29 Main Dealer Honda, hingga akhirnya terpilih 200 peserta terbaik sebagai finalis untuk mengikuti tahapan penilaian nasional yang berlangsung di Jakarta pada 11–14 Agustus 2025.
Para finalis ini terdiri dari talenta terbaik yang siap menunjukkan keunggulan keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam menghadirkan layanan yang tidak hanya memenuhi ekspektasi konsumen, tetapi juga mampu menciptakan pengalaman yang berkesan.
KLHN 2025 juga menghadirkan berbagai sesi pembekalan inspiratif yang dibawakan oleh para profesional industri dan perwakilan konsumen. “Proses penjurian pun dilakukan secara menyeluruh dan komprehensif, dengan melibatkan para pakar dan praktisi layanan untuk memastikan standar yang dihasilkan benar-benar mencerminkan kualitas layanan terbaik,” jelas Antok.
Ahmad Muhibbuddin selaku GM Corporate Communication AHM, dengan tema “Lebih Dekat, Lebih Hangat”, pihaknya ingin memastikan setiap titik interaksi, baik di bengkel, showroom, maupun layanan digital, mampu menghadirkan pengalaman yang sama yakni personal, ramah, dan penuh perhatian. “Di ujungnya, konsumen akan diuntungkan,” jelasnya.

Puncak Prestasi
Sebagian pemenang KLHN 2025 “diculik” ke ruang khusus untuk diinterograsi. Salah satu pemenang yakni Siska W (Pemenang 1 Kategori Team Leader) dari Astra Motor Yogyakarta, sontak berkomentar, bangga banget. “Ini ibarat puncak karir, bukan hanya diganjar penghargaan namun juga hadiah lain yang mengikuti. Salah satunya jalan-jalan ke luar negeri,” tandasnya sumringah.
Menurutnya, dia tak hanya diuji kemampuan teknis dan kepemimpinannya, tetapi juga kemampuannya membangun hubungan emosional dengan pelanggan. “Pendekatan personal, empati, dan ketulusan menjadi poin penting.
Di balik kemenangan Siska dan finalis lainnya, ada tujuan besar AHM yakni investasi berkelanjutan pada kualitas sumber daya manusia di jaringan Honda seluruh Indonesia. AHM ingin memastikan setiap titik interaksi, baik di bengkel, showroom, maupun layanan digital, menghadirkan pengalaman yang sama: personal, ramah, dan penuh perhatian.

Daftar Pemenang Kontes Layanan Honda Nasional 2025
1. Kategori Dealer/AHASS Head
- Juara 1: Dedi Kristiawan – Tunas Dwipa Matra
- Juara 2: I Nyoman Ferry A. C. – Astra Motor Bali
- Juara 3: Voniyati – Astra Motor Yogyakarta
2. Kategori Team Leader
- Juara 1: Siska W. – Astra Motor Yogyakarta
- Juara 2: Mursidi – Astra Motor Bali
- Juara 3: Ida Bagus Karuna – Astra Motor Nusa Tenggara Barat
3. Kategori Sales People
- Juara 1: Dewi Quartia K. – Asia Surya Perkasa
- Juara 2: Rianto – Astra Motor Yogyakarta
- Juara 3: Ahmad Aviv Alfian – Tunas Dwipa Matra
4. Kategori Non Sales People
- Juara 1: Zarra Viernia C. – Tunas Dwipa Matra
- Juara 2: Fanny Kaban – Indako Trading Coy
- Juara 3: Marinda Sari – Astra Motor Bengkulu
5. Kategori Deliveryman
- Juara 1: Syaparuddin – Indako Trading Coy
- Juara 2: Halid Sanjaya – Astra Motor Papua
- Juara 3: Popin Bagus A. – Mitra Pinasthika Mulia (Malang)
6. Kategori Customer Retention Officer
- Juara 1: Reza Pragita D. – Astra Motor Yogyakarta
- Juara 2: Depi Permana – Daya Adicipta Motora
- Juara 3: Yayuk Wahyuningsih – Mitra Sendang Kemakmuran
7. Kategori Best Main Dealer
- Juara 1: Astra Motor Yogyakarta
- Juara 2: Tunas Dwipa Matra
- Juara 3: Astra Motor Bali
NextID What's Next ?
