Saturday , 21 September 2024
Home / Tech / Akhir Tahun Wuling Berencana Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
Paparan asyik dari Wuling Motors soal rencananya yang akan membangun pabrik baterai mobil listrik Wuling. Ist

Akhir Tahun Wuling Berencana Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Jakarta, NextID – Dalam pameran Wuling September Meriah di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Wuling Motors (Wuling) turut mengumumkan langkah selanjutnya dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sebagai bagian dari komitmen Wuling dalam mendukung kendaraan ramah lingkungan yang berkelanjutan, Wuling berencana untuk mulai memproduksi baterai EV di Indonesia pada akhir tahun 2024 di dalam negeri.

“Setelah menghadirkan Lifetime Core EV Component Warranty dan menjadi brand pertama yang memberikan layanan ini, Wuling akan meneruskan langkahnya untuk memproduksi baterai Wuling EV di Indonesia pada akhir tahun 2024. Langkah ini sebagai bentuk komitmen Wuling dalam berpartisipasi membangun ekosistem EV di Indonesia dan menambah kenyamanan serta ketenangan bagi setiap pemilik Wuling EV. Adapun baterai Wuling EV yang nanti diproduksi di dalam negeri ini dikenal sebagai MAGIC Battery,” ujar Liu Yan selaku Marketing Operation Director Wuling Motors, Jumat (20/9).

Nama MAGIC Battery merupakan singkatan dari beragam aspek yang diaplikasikan pada baterai ini. Dimulai dari ‘M’ yakni Multifunction Unitized Structure Technology, ‘A’ ialah Advanced Cell Safety, G adalah Greater Performance, ‘I’ mewakili Intelligent Management dan terakhir ‘C’ disini untuk Combustion Free.

Akhir tahun Wuling sudah punya pabrik baterai sendiri di Indonesia. Ist

Multifunction Unitized Structure Technology (MUST) yang terinspirasi dari desain sayap pesawat. Secara umumnya, struktur, panel samping, dan lapisan pendingin merupakan 3 komponen yang berbeda. Namun MAGIC Battery milik Wuling mengintegrasikan ketiga bagian ini menjadi satu bagian fungsional, membentuk struktur baterai yang sangat ringan dan berkekuatan tinggi. Struktur terintegrasi ini meningkatkan kekuatan struktural sebesar 60% dengan jumlah berat material yang sama. Selain itu, baterai ini memiliki kemampuan modular yang memudahkannya untuk diperbaiki.

MAGIC Battery mengandung sel-sel baterai yang canggih (Advanced Cell Safety). Disebut advanced cell safety karena adanya peningkatan struktur di dalam sel baterai termasuk juga penggunaan lapisan keramik sebagai konduktor panas yang rendah. Sehingga bisa meminimalisasi terjadinya korslet, bocor, penguapan hingga panas berlebih. Selain itu sel baterai yang digunakan telah melalui serangkaian pengujian dan dinyatakan lulus sehingga sel baterai tetap berfungsi normal apabila terjadi tabrakan dan tidak adanya case meledak atau terbakar dengan sendirinya.

Dengan mengaplikasikan MUST dan Advanced Cell Safety menjadikan kemampuan MAGIC Battery meningkat (Greater Performance), baik dari sisi performa maupun tingkat keamanannya. Adapun sisi performa yang meningkat terdiri dari aspek power discharge, penggunaan kapasitas baterai, impedansi fisik, penggunaan siklus baterai yang panjang dan tingkat keamanan tinggi dalam penggunaan, sehingga MAGIC Battery lebih efisien, lebih ringan, tahan lama, performa baik dan aman.

Manajemen Wuling menegaskan rencana itu sebagai bentuk komitmennya yang serius. Ist

MAGIC Battery memadukan dua sumber pintar untuk memonitor kondisi baterai. Pertama adalah High Precision Battery Management System (BMS) yang dapat memonitor secara real-time. Kedua ialah AI berbasis Cloud bisa memonitor 240 pengawasan keamanan dan lebih dari 80 peringatan bila terjadi kesalahan. Manajemen cerdas (Intelligent Management) ini memastikan baterai dapat dipantau dengan akurasi tinggi sepanjang siklus hidupnya, sehingga memberikan keamanan menyeluruh bagi para pengguna.

“Dengan teknologi dan performa tersebut menjadikan jaminan dan juga pembuktian bahwa baterai mobil listrik Wuling yang sudah laku terjual 2 juta unit mobil listrik lebih secara global dan tidak pernah mengalami spontaneous combustion atau kasus meledak atau terbakar dengan sendirinya,” tandas Liu Yan.

About Gatot Irawan

Check Also

Modifikasi Sembarangan Mengancam Kelistrikan Peugeot

Jakarta, NextID – Problem kelistrikan menjadi perhatian bagi pemilik Peugeot. Ketika memodifikasi sistem kelistrikan, biasanya pemilik …

Leave a Reply