Friday , 22 November 2024
Home / Auto / Getaran Sensasi & Godaan All-New Yaris Cross…
All-New Yaris Cross mampu memberikan sensasi dan getaran khusus walau hanya sejenak di BSC City, Kamis (15/6). (GI)

Getaran Sensasi & Godaan All-New Yaris Cross…

BSD City, NextID – Ini kisah pertemuan kembali lebih jauh dengan All-New Yaris Cross. Kegiatan yang diprakarsai oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses memecah “bisul” penasaran jurnalis atas model itu. Kesan pertama (first impression) bersamanya, cukuplah. Kesan yang dalam, tak cukuplah…

Tak terlalu serius tapi sepanjang Kamis (15/6) itu, perjumpaan berjalan apa adanya di kawasan BSD City. Dibatasi oleh waktu yang mepet,  mau tak mau kudu maksimal mengulik ‘tubuh’ dan ‘jeroan’ All-New Yaris Cross. Asyiknya, saat itu penulis ‘dijodohkan’ dengan jurnalis kawakan Budi Santen (Mobilinanews) dan Octo Budhiarto (NMAA).

Ibaratnya, mendengarkan celoteh keduanya, sudah jadi ‘itu barang’ bahkan apa yang tak terpikir, menjadi bumbu tulisan yang berlian. Apalagi posisi duduk keduanya bak driver pro. Maka ide-ide gemilang muncrat  dari mulut keduanya. Tinggal duduk manis maka lancar jaya semuanya.

Saking nyamannya, Budi Santen senantiasa ‘senyum jail’ sepanjang penjajalan. (GI)

Toyota memang sejak awal merancang mobil dengan prinsip berikan kualitas mobil yang terbaik namun juga bisa menyenangkan. Dan, ini lagi-lagi dibuktikan via All-New Yaris Cross, sesaat kami usai menjajalnya. Itu menjadi kesepakatan setelah berkeliling menyusuri jalanan BSD.

Tetapi yang kasihan, wajah pemandu jalan dari Tim ER, cembetut dan pusing-pusing setelahnya. Lho, Budi Santen kok terlihat senyum-senyum nakal. Penulispun dan Octo mengamini sembari buang muka. Hmmm..

Halus Namun “Buas”

Ada 6 varian All-New Yaris Cross yang dibanderol dari Rp 351 juta hingga Rp 449,5 juta. Setir kemudinya lengkap dengan tilt dan teleskopik. Yang kami jajal adalah Yaris Cross tipe hybrid yang menggendong mesin seri 2NR (2NR-VEX) berkapasitas 1.500cc 4 silider, bertenaga 67 kW pada engine dan 59 kW pada motor listrik dengan torsi 121 Nm pada engine,dan 141 Nm pada motor listrik.

Dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS), dapur pacu ini dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik canggih untuk menggerakkan as roda depan dalam penyaluran tenaga yang paling efisien dan minim polusi tanpa mengorbankan performa. Dalam bahasa sehari-hari, mesin itu berperforma halus. Tapi sensasinya itu…

Inilah varian All-New Yaris Cross yang kami jajal. (GI)

Performa mesinnya halus linear, bukan menghentak responsif. Karena saat awal akselerasi dengan menginjak pedal dalam-dalam maka dalam hitungan sepersekian detik mesin ikut menyala. Ini menambah tenaga secara paralel. Begitulah mesin hybrid.

Asyik-asyik gimana gitu. Ini memang soal kebiasaan, tapi setelah agak lama maka lancar-lancar saja. Apalagi saat menyalakan (starter) tak terdengar suara mesin.  “Ini lantaran hybrid maka mode EV menyala terlebih dulu. Dan, saat baterai butuh daya, mesin sontak hidup otomatis,” jelas Dimas Aska selaku Interactive Department Head TAM, mengonfirmasi pertanyaan kami.

Terlihat ada fitur mode di setir kiri mobil. Cara mengaktifkannya tekan sekali untuk mode Power dan tekan yang lama untuk mode Eco, sesuai kebutuhanlah. Cepat sekali berubah suasana jalanan dari lengang menjadi padat dan segera mengganti ke mode Eco.

Tetapi saat melihat kondisi jalan kembali lengang, kami mencoba mode Sport dan mesinpun sontak menyalak. “Kontrol kemudi stabil sehingga pengendara bisa merasakan kenyamanan saat berkendara,” begitu kesan rata-rata yang menjajalnya.

Ada 3 unit All-New Yaris Cross yang disiapkan TAM untuk first impression. (GI)

Saat dibejek habis, kecepatan di angka 100 km/jam cepat terlampaui. Ngeri-ngeri sedap memang, karena ini bukan di lintasan sirkuit. Boleh jadi bagi yang tak terbiasa, adrenalin muncrat tak terkendali dan pusing. Apakah ini menjadi penyebab pemandu jalan kita pusing? Wkwkwkw

Bikin Manja

All-New Yaris Cross selayaknya mobil terkini sudah dilengkapi fitur-fitur yang bisa memanjakan semua penumpang. Selain memiliki desain interior yang lebih sporty, pengaturan dan head unit memiliki ukuran lebih besar sehingga memudahkan semua. Belum lagi pengaturan jok yang elektris, bisa sliding, reclining, dan tinggi-rendah. Sayangnya, fitur panoramic roof hanya ada di varian Hybrid GR Sport (GR Aero Package).

Untuk pasar Indonesia, seluruh tipe All-New Yaris Cross memiliki pilihan 7 warna mono-tone serta 3 warna dual tone yang bisa dipilih sesuai dengan selera pelanggan. Selain itu, beberapa tipe juga memperoleh sematan GR Aero Package yang membuatnya tampil outstanding karena lebih sporty dan dinamis dari sisi styling.

Di manapun dan kapanpun pasti ada kesempatan. Ist

Harga All New Yaris Cross OTR DKI Jakarta

  • All New Yaris Cross 1.5 G M/T                                                           Rp 351.000.000
  • All New Yaris Cross 1.5 G CVT                                                           Rp 364.000.000
  • All New Yaris Cross 1.5 S CVT                                                            Rp 407.700.000
  • All New Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package         Rp 417.000.000
  • All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT                                                      Rp 440.600.000
  • All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package             Rp 449.950.000

About Gatot Irawan

Check Also

New Tucson, Desainnya Lebih Seksi dan Serba Baru

Jakarta, NextID – Usai acara peluncuran resmi New Tucson, sontak jurnalis banyak yang penasaran dengan …

Leave a Reply