Surabaya, NextID – Toyota kembali berpartisipasi di ajang pameran otomotif di Surabaya. Setelah ikut dalam GIIAS Surabaya September lalu, bulan ini Toyota kembali hadir dalam ajang Pameran Otomotif Surabaya (POS) yang berlangsung 1-5 November di Grand City, Surabaya, Jawa Timur. Selain menghadirkan sejumlah produk andalan, tampil dalam tema Toyota Let’s Go Beyond, Toyota juga akan membawa mobil ramah lingkungan melalui teknologi hybrid.
“Pengembangan pasar kendaraan ramah lingkungan merupakan kebutuhan mendesak untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai program pembangunan yang berkelanjutan. Melalui pameran ini, kami akan berpartisipasi mensosialisasikan teknologi hybrid yang telah membawa Toyota menjadi market leader mobil ramah lingkungan terbesar di pentas dunia,“ kata Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, pada kesempatan berbeda.
Untuk itu, di samping menampilkan 7 produk andalan, juga ditampilkan Sepeda Hybrid untuk memberikan gambaran secara sederhana bagaimana teknologi hybrid Toyota bekerja. Sebagai pionir dalam pengembangan teknologi kendaraan hybrid, Toyota telah sukses menjual mobil ramah lingkungan ini lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia, termasuk di Indonesia melalui kehadiran Camry Hybrid dan Alphard Hybrid.
Dalam POS 2017, TAM menghadirkan 1 unit segmen SUV yang diwakili Fortuner TRD, 4 unit kendara MPV (Calya, Innova, Sienta dan Avanza), 1 unit segmen hatchback (Agya) dan 1 unit segmen sedan yaitu Camry Hybrid.
Kehadiran Toyota di ajang tersebut merupakan upaya menjalin hubungan untuk semakin dekat kepada pelanggan dengan menyampaikan Total Ownership Experience dan Peace of Mind. Melalui semangat Let’s Go Beyond, Toyota terus melakukan improvement melalui teknologi, produk dan layanan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.
“Untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan, Toyota selalu berupaya mengisi setiap segmen pasar otomotif nasional dengan menghadirkan kendaraan terbaik. Inti dari semangat Total Ownership Experience dan Peace Of Mind dari Toyota adalah bagaimana menghadirkan produk dan layanan yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, sekaligus juga memberikan layanan yang membuat mereka nyaman dalam menjalani gaya hidup masing-masing,” kata Soerjo.
Pada September 2017 lalu, Toyota mencatat total penjualan wholesale sebesar 27.571 unit. Toyota berhasil mencatat total penjualan sebesar 93.562 unit sepanjang kuartal III. Angka di kuartal ini lebih baik dibandingkan kuartal II sebesar 88.108 unit.
Kontribusi terbesar masih tetap berasal dari segmen kendaraan penumpang dengan angka penjualan 89.661 unit atau naik 5% dibandingkan dengan pencapaian kuartal sebelumnya. Namun, jika dilihat dari sisi pertumbuhan, penjualan segmen komersial naik lebih tinggi yaitu 42% dengan volume 3.901 unit.
Penjualan di Jawa Timur
Berdasarkan data Auto2000 hingga Agustus 2017, tercatat pangsa pasar Toyota di wilayah Jawa Timur adalah sebesar 31,9 persen atau sebanyak 27.675 unit. Angka tersebut menunjukkan pasar Toyota masih mendominasi di wilayah Jawa Timur.
Sementara itu, Hendra Purnawan, selaku Operation Manager Auto2000 area Jawa Timur,mendukung segala bentuk kegiatan yang mempermudah pelanggan dalam mencari informasi produk maupun layanan Toyota, termasuk dengan adanya aktivitas Pekan Otomotif Surabaya 2017. “Dengan diadakannya aktivitas ini kami optimis mampu mendongkrak penjualan Toyota di wilayah Jawa Timur khususnya di kota Surabaya.” ujarnya.