BSD City, NextID – Sebanyak lebih dari 2.000 anggota komunitas dan penggemar Honda meramaikan acara Honda Day 2016 yang digelar di area parkir Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, pada Sabtu (29/10). Acara kumpul pengguna Honda yang diadakan untuk pertama kali ini juga berhasil mengumpulkan 1.200 mobil Honda dari 20 komunitas mobil Honda di wilayah Jabodetabek.
Mengusung tema “Hari Seru Pencinta Honda,” ajang Honda Day 2016 menghadirkan berbagai aktivitas dan hiburan menarik bagi para pengunjungnya, sesuai dengan semangat dan karakter dari mobil-mobil Honda. Digelar di atas area seluas 40.000 m2, para pencinta Honda dapat berpartisipasi dalam acara seperti Fun Drag Race, Modification Show, Community Games, Community Gathering, juga menikmati hiburan dari artis seperti Project Pop dan JKT48, hingga berburu kuliner maupun aksesoris atau pernak-pernik mobil dalam Community Bazaar.
Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna mobil Honda di Indonesia, acara Honda Day 2016 ini gelar sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen, komunitas mobil Honda, serta seluruh pencinta Honda di Indonesia. “oleh sebab itu berbagai aktivitas kami rancang, tak hanya dapat menunjukkan karakter dan kelebihan mobil-mobil Honda, namun juga diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh pencinta Honda, sekaligus memperkuat hubungan baik antara Honda dengan komunitas dan seluruh konsumennya,” ujarnya.
Penjualan Meroket
Penjualan Honda di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan terutama dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2012, penjualan Honda tercatat sebesar 69.320 dengan pangsa pasar 6% dari total penjualan mobil di Indonesia. Sementara pada akhir tahun 2015, penjualan Honda telah mengalami peningkatan hingga mencapai 159.253 unit dengan pangsa pasar 16%. Di tahun 2016, Honda telah meraih penjualan 151.849 unit dengan pangsa pasar 19%.
Berdasarkan jumlah yang berpartisipasi di Honda Day 2016, saat ini tercatat sedikitnya 20 komunitas dari berbagai model mobil Honda, dengan total jumlah anggota lebih dari 17.000, dan cabang (chapter) yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Profil dan berbagai berita mengenai aktivitas komunitas-komunitas mobil Honda di Indonesia dapat dilihat pada halaman komunitas pada website Honda Indonesia (https://www.honda-indonesia.com/community/honda-communities).
Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM mengatakan, keberadaan komunitas merupakan hal yang positif bagi Honda karena mereka adalah konsumen-konsumen yang secara aktif saling berbagi pengetahuan serta memberikan masukan terhadap produk-produk Honda. “Tak hanya itu, komunitas-komunitas ini juga telah melakukan berbagai aktivitas sosial di berbagai wilayah Indonesia, sehingga mereka tak hanya berkontribusi terhadap citra Honda, tetapi juga kepada masyarakat Indonesia secara umum. Masih dalam semangat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, kami juga berharap acara ini dapat mempersatukan komunitas yang berbeda-beda dalam satu kecintaan terhadap mobil Honda,“ ujarnya.
Acara Honda Day 2016 digelar oleh PT Honda Prospect Motor bekerja sama dengan berbagai komunitas mobil Honda di Indonesia. Selain mendatangkan para anggotanya dan mengisi acara di Honda Day 2016, para anggota dari berbagai komunitas mobil Honda yang berpartisipasi juga melakukan kegiatan sosial dengan mengumpulkan 1.928 buku edukatif untuk disumbangkan kepada anak-anak di seluruh Indonesia melalui organisasi Gerakan Satu Juta Buku (SAJUBU). Seremoni penyerahan simbolis donasi buku tersebut juga dilakukan sebagai bagian dari acara Honda Day 2016.