BSD City, NextID – Untuk kedua kali Lexus Indonesia tampil memikat di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, dan booth Lexus cukup menjadi pusat perhatian konsumen, khususnya kalangan papan atas.
“Lexus hadir di GIIAS 2016 untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat luas. Karena itu, kami ingin semakin banyak orang yang dapat mengalami personalized luxury ownership experience bersama Lexus,” kata GM Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, Sabtu (13/8).
Adrian mengatakan, prospek pasar mobil mewah cukup besar di Indonesia. “Terdapat sekitar 0,8% dari total pasar otomotif secara nasional. Meskipun perekonomian Indonesia tahun ini menghadapi banyak tantangan, tapi penjualan Lexus akan terus bertahan apalagi ditambah dengan adanya pemberlakuan tax amnesty,” tambahnya.
Penjualan Lexus di tahun ini sampai dengan Juli 2016 mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 242% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun yang lalu. Penjualan Lexus di Januari-Juli 2015 adalah 239 unit. Sepanjang Januari-Juli 2016, penjualannya tembus mencapai 579 unit.
Saat dikonfimasikan mengenai hal tersebut, Adrian mengatakan kenaikan penjualan ini bukanlah tujuan utama. “Kami menyukuri karena hal ini menunjukkan semakin besarnya kepercayaan konsumen terhadap Lexus Indonesia. Dan modal kepercayaan itulah yang kami jaga sehingga dapat terus mengembangkan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan di Indonesia,” ujar Adrian.
Adrian mengakui, primadona penjualan Lexus masih pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Hal ini seiring dengan perubahan tren pasar di Indonesia, di mana komposisi SUV mengalami kenaikan dibandingkan dengan tipe sedan. Perubahan ini didukung oleh semakin meningkatnya kualitas produk-produk SUV kelas atas, di mana tipe tersebut memiliki kenyamanan dan kemewahan sebaik sedan, namun juga dapat mengakomodasi kebutuhan berkendara di ruas jalan yang tidak terlalu mulus.
Pasar menyambut positif kehadiran Lexus NX dan terjual sebanyak 331 unit pada tahun 2015. Sementara sepanjang semester pertama Januari-Juli 2016 sudah terjual sebanyak 142 unit, dan diperkirakan angka penjualan Lexus NX selama tahun 2016 masih akan bertambah.
Di Indonesia, Lexus NX menjadi market leader dengan pangsa pasar 37 persen mengungguli pesaingnya. Kehadiran Lexus NX semakin mengukuhkan sukses Lexus di segmen SUV yang sebelumnya telah memiliki Lexus RX dan Lexus LX.
Lexus RX merupakan salah satu andalan Lexus Indonesia dan menjadi market leader di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 35%. Lexus RX juga pelopor luxury crossover di dunia.
Sementara flagship SUV Lexus LX juga tercatat sebagai market leader dengan pangsa pasar sebesar 59%. Hal ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai The King of Power & Prestige di kelas tersebut.
“Ke depan selain menyuguhkan produk produk SUV terbaik , kami akan menambah excitement brand kami dengan produk-produk mobil sport dan model-model lain yang eksotis seperti yang dapat Anda saksikan pada concept car kami di GIIAS 2016. Lexus juga akan terus mengembangkan layanan-layanan kami untuk dapat terus memanjakan pasar kelas atas Indonesia,” ujar Adrian.
Di samping itu, pada tanggal 6 September mendatang, Lexus Indonesia kembali akan menerima kehormatan untuk tampil sebagai Best Practice dalam Lexus Asia Pacific Conference 2016 yang akan diadakan di Taipei, Taiwan. “Kita bangga, innovasi layanan yang dilahirkan oleh anak bangsa menjadi inspirasi bagi negara-negara maju lainnya,” ujar Adrian.