Wednesday , 2 October 2024
Home / Tech / Jajal Keandalan Mitsubishi All-New Triton di Perbukitan Sentul
Momen asyik saat menikmati jalan offroad di area perbukitan Sentul, Bogor, Senin (9/9). Ist.

Jajal Keandalan Mitsubishi All-New Triton di Perbukitan Sentul

Jakarta, NextID -MMKSI mengundang jurnalis pada Senin (9/9) untuk secara langsung menguji keandalan dan ketangguhan Mitsubishi All-New Triton di medan off-road di area perbukitan Sentul, Bogor. MMKSI menyediakan total 12 unit dari varian Ultimate, yang merupakan varian tertinggi dengan transmisi otomatis, serta varian GLS dan HDX yang dilengkapi dengan transmisi manual. Dari 12 unit tersebut, 9 unit dialokasikan untuk uji coba, sementara 3 unit lainnya berfungsi sebagai unit displai untuk keperluan ulasan statis dan eksplorasi yang lebih optimal.

“Sejak diluncurkan di pasar Indonesia pada tahun 2002, model Triton telah menjadi kendaraan operasional yang andal yang mendukung berbagai bisnis penting di Indonesia, serta menjadi salah satu pemimpin pasar di kelasnya, bahkan di masa-masa sulit penjualan mobil seperti baru-baru ini. Secara umum, Mitsubishi All-New Triton hadir dengan peningkatan signifikan dan melampaui sebuah mobil, yang tidak hanya mendukung bisnis, tetapi juga menemani petualangan hidup pelanggan untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan hidup mereka,”ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur MMKSI.

Seremoni pelepasan peserta oleh manajemen MMKSI. Ist

Selain perubahan desain eksterior dan interior yang dapat diamati oleh peserta melalui static review dengan unit display, MMKSI telah menyediakan rute off-road sepanjang 650 meter dengan berbagai jenis jalur dan kontur untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya bagi peserta media test drive, serta untuk memaksimalkan fitur unggulan yang disematkan pada Mitsubishi All-New Triton, seperti jalur off-road datar, trek berlumpur, trek menanjak dan menurun, trek dengan banyak gundukan, trek dengan medan yang tidak rata, serta side ramp/ trek miring.

Memaksimalkan Fitur

Pada sesi test-drive, peserta diberikan kesempatan untuk berkendara pada rute yang telah disediakan untuk menjajal dan memaksimalkan fitur-fitur yang disematkan pada Mitsubishi All-New Triton. Pada jalur off-road datar, peserta diberikan kesempatan untuk merasakan dan beradaptasi dalam mengemudikan unit Mitsubishi All-New Triton di jalan tanah dan mencoba pengalaman berbeda menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga, dengan torsi yang melebihi pada putaran awal.

MMKSI telah menyediakan rute off-road sepanjang 650 meter dengan berbagai jenis jalur dan kontur. Ist

Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 drive mode dengan selector dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam. Sedangkan pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan drive mode yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).

Selanjutnya, peserta memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam. Karakter kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka chassis, yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm. Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive more ‘Mud’ dan Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin.

Ini salah satu keseruan saat menjajalnya. Tapi sontak percaya diri karena kendaraan ini memang terlahir untuk mengarungi medan sulit. Ist

Rute dilanjutkan dengan trek kontur menurun dan menanjak, di mana peserta disarankan untuk mengemudi dengan kecepatan 10-20 km/jam. Mitsubishi All-New Triton menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior.

Spesifikasi dan Fitur

Mitsubishi All-New Triton merupakan produk legendaris yang telah teruji keandalannya dalam mendukung aktivitas bisnis dan petualangan pelanggan, yang didukung dengan kehadiran dan perjalanan panjangnya selama 45 tahun di dunia dan 22 tahun di Indonesia. Hadir dengan slogan ‘Turn ON the Beast Mode,’ Mitsubishi All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Tidak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors ‘Dynamic Shield’ pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

3 unit displai untuk keperluan ulasan statis dan eksplorasi. Ist

Mitsubishi All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4×4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm. Banyak pilihan variannya, tersedia dalam 6 varian dan 5 pilihan warna, yaitu White Diamond, White Solid, Graphite Gray Metallic, Blade Silver Metallic, dan Jet-Black Mica.

Berbagai fitur baru disematkan secara berbeda di setiap varian untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. Detail seperti penggunaan bahan kulit dengan jahitan yang rapi pada kursi, 8-inch Audio Head Unit, 7 Drive Mode, Dual Zone Climate Control, Wireless Charger, dan 7-inch color LCD multi-information display, serta fitur lainnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Kia EV9 Sabet Piala Emas di IDEA 2024

Seoul, NextID -Kia EV9 berhasil meraih piala emas di ajang International Design Excellence Awards (IDEA) …

Leave a Reply