Home / Auto / Suzuki Indonesia Bersih-Bersih Pantai Bunaken
Kegiatan Suzuki Clean Up The World di Pantai Bunaken. Ist

Suzuki Indonesia Bersih-Bersih Pantai Bunaken

Jakarta, NextID – Sebagai wujud kepedulian terhadap ekosistem perairan Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menjalankan program Clean Up The World ke-12 yang merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Pada tahun ini, Suzuki Indonesia menyelenggarakan aksi bersih-bersih pantai di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, tepatnya di wilayah pantai sekitar Dermaga Bunaken bersama 120 siswa SD/SMP setempat (13/06).

Melalui kegiatan ini, Suzuki berperan aktif mendukung industri maritim Indonesia dan peningkatan pariwisata yang ada di Pulau Bunaken. Dukungan ini pun turut dibuktikan dengan hadirnya Presiden Direktur Suzuki Indonesia, beserta dengan GM Strategic Planning, Departemen Marine, manajemen divisi Marine dari Suzuki Motor Corporation (SMC), hingga pemilik dealer Suzuki Marine yang berasal dari seluruh Indonesia.

Menurut Aceng Ulumudin, Suzuki Marine Dept. Head SIS, Clean Up The World menjadi salah satu kegiatan positif yang dilakukan Suzuki bersama masyarakat setempat. “Seiring dengan berkembangnya industri maritim dan pariwisata perairan di wilayah Sulawesi Utara, sekaligus sebagai salah satu pasar OBM Suzuki yang besar, kami melihat perlunya Suzuki untuk turut terlibat dalam meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga ekosistem perairannya, yang dapat dimulai dari kebersihan pantai,” ujarnya, Kamis (13/6).

Dalam aksi sosial ini, tercatat setidaknya ada 160 orang yang berpartisipasi, mulai dari Presiden Direktur Suzuki Indonesia, beserta dengan GM Strategic Planning, Departemen Marine, divisi Marine dari Suzuki Motor Corporation (SMC), pemilik dealer Suzuki Marine dari seluruh Indonesia, pemerintah setempat, serta 120 siswa dari SDN 01 Bunaken dan SMPN 12 Bunaken disertai dengan guru pendamping yang turut ikut serta dalam kegiatan ini.

Dalam aksi sosial ini, tercatat setidaknya ada 160 orang yang berpartisipasi. Ist

Sebagai sarana menuju ke lokasi, sebagian peserta berangkat bersama dari Manado Bay menggunakan kapal yang dimotori oleh mesin tempel kapal Suzuki DF115B dan DF325A. Menariknya, salah satu dari kapal dengan mesin DF325A merupakan The Ultimate Victory yang biasanya juga digunakan untuk penyeberangan pemerintah pusat dan eksekutif yang berkunjung.

Tidak hanya aksi nyata, Suzuki juga mengedukasi masyarakat setempat tentang bahaya sampah, khususnya sampah plastik bagi laut, serta cara untuk menjaga kelestarian wilayah pantai dan perairan di Bunaken. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan sampah di pantai dengan luas 4.000 m2 selama satu jam. Dari kegiatan ini, Suzuki mencatatkan pengumpulan sampah dari pantai dan wilayah sekitarnya lebih dari 120 Kg yang terdiri dari plastik, tali, styrofoam, botol, karet, dan banyak lagi.

Selanjutnya Suzuki mengajak masyarakat untuk menyaksikan proses sortir sampah, di mana seluruh sampah yang terkumpul dipilah menjadi dua kategori yaitu sampah kering, yang nantinya akan disortir dan diangkut ke fasilitas pengolahan di Pulau Bunaken untuk di proses pressing dan packing kemudian dibawa ke pusat pengolahan sampah Kota Manado, serta sampah basah yang nantinya akan dibakar di fasilitas khusus di Pulau Bunaken. Kegiatan juga diwarnai dengan donasi 100 tempat sampah berukuran 30 liter, dan ditutup dengan makan siang bersama menggunakan perkakas makan yang ramah lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini berlangsung di area Dermaga Bunaken yang merupakan bagian dari Ecotourism Village dan baru saja diresmikan Presiden Republik Indonesia pada tahun 2023 lalu dengan tujuan menjadi dermaga utama untuk menyambut para turis yang datang ke Pulau Bunaken.

Dari kegiatan ini, Suzuki mencatatkan pengumpulan sampah dari pantai dan wilayah sekitarnya lebih dari 120 Kg yang terdiri dari plastik, tali, styrofoam, botol, karet, dan banyak lagi. Ist

Hingga saat ini pariwisata di Sulawesi Utara, termasuk Bunaken, kian naik daun pasca pandemi yang melanda. Melihat potensi ini, Suzuki berinisiatif untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat agar dapat menjaga lingkungan, khususnya untuk wilayah perairan yang mendominasi sebagian besar wilayah disana.

Suzuki berharap dapat membawa dampak positif bagi lingkungan serta menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk selalu menjaga ekosistem wilayah perairan. “Kami berterima kasih untuk setiap pihak yang mendukung kegiatan sosial Suzuki Clean Up The World. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membawa dampak baik bagi lingkungan di masa kini dan masa mendatang. Kami juga berharap semakin banyak masyarakat yang peduli dan mengerti cara untuk menjaga kelestarian alam perairan tempat tinggalnya,” tutup Aceng.

About Gatot Irawan

Check Also

Honda e:N1 Meluncur 2025 di Indonesia  

Tangerang, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM)  memperkenalkan Honda e:N1 sebagai mobil listrik pertamanya …

Leave a Reply