Home / Auto / Honda Bermitra dengan Aston Martin F1 Team di Musim Balap 2026
Untuk musim balap F1 2026, Honda bermitra dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team. Ist

Honda Bermitra dengan Aston Martin F1 Team di Musim Balap 2026

Tokyo, NextID -Honda mengumumkan kemitraan serta dukungan teknis dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) tahun 2026. Hal ini sejalan dengan tujuan Honda dan juga olahraga balap Formula 1 di mana kedua belah pihak berkomitmen hendak mencapai netralitas karbon pada tahun 2030.

Pada tahun 2026, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru di mana mesin dan motor elektrik masing-masing menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50. Peran dari komponen Energy Recovery System (ERS) semakin penting di mana komponen ini menghasilkan tenaga tambahan untuk daya pada mesin. Selain itu juga penggunaan bahan bakar terbarukan akan mulai diberlakukan.

“Salah satu alasan utama keputusan kami untuk mengambil tantangan baru mengenai kelanjutan kami di ajang balap F1 adalah sejalan dengan tujuan Honda di mana ajang balap F1 juga sedang menuju netralitas karbon, dan itu akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi kami,” sebut Toshihiro Mibe, President & CEO Honda Motor Co.

“Honda adalah perusahaan yang memiliki sejarah pertumbuhan dengan menghadapi tantangan untuk memenangkan balapan kelas dunia. Dengan peraturan baru di tahun 2026, kami akan berusaha membangun perangkat mesin dan motor listrik yang ringkas, ringan, dan berdaya tinggi dengan baterai berkinerja tinggi yang mampu menangani output daya yang tinggi dan cepat, serta teknologi manajemen energi,” ujarnya.

Pada tahun 2026, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru di mana mesin dan motor elektrik masing-masing menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50. Ist

“Kami percaya bahwa teknologi dan pengetahuan yang diperoleh dari tantangan baru ini berpotensi diterapkan langsung ke kendaraan listrik produksi massal kami di masa depan, seperti model sport listrik, dan teknologi elektrifikasi di berbagai bidang, termasuk eVTOL yang saat ini sedang dalam penelitian dan perkembangan,” imbuh Mibe.

“Saya sangat menyambut baik Honda dan juga HRC bergabung bersama kami. Melalui kemitraan ini, kami akan saling berbagi dorongan, tekad serta ambisi tanpa henti untuk berhasil di jalur yang benar. Honda adalah perusahaan global yang kesuksesannya dalam olahraga balap sudah berlangsung lama dan sangat mengesankan. Saya ingin berterima kasih kepada CEO Mibe dan juga Director Watanabe, serta seluruh tim di HRC saat kita memulai masa depan yang menyenangkan ini bersama mulai tahun 2026,” ujar Lawrence Stroll, Executive Chairman Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team.

Koji Watanabe, President of Honda Racing Corporation (HRC) mengatakan, di tengah perubahan besar dalam bisnis dan juga lingkungan olahraga motorsport menuju transisi netralitas karbon, pihaknya telah membangun kembali HRC sebagai platform optimal untuk mempertahankan dan mengembangkan aktivitas olahraga motorsport sebagai kekuatan Honda.

“Kami akan membangun struktur operasional yang berkelanjutan untuk kegiatan balap kami dan terus memberikan lebih banyak mimpi dan kegembiraan bagi penggemar olahraga motorsport di seluruh dunia,” tegas Watanabe.

“Saya senang dalam karir saya telah banyak bekerjasama dengan Honda selama bertahun-tahun dan saya senang memiliki kesempatan untuk bermitra dengan HRC dan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team mulai tahun 2026. Regulasi unit daya F1 2026 yang baru sangat besar di mana saya yakin perubahan tersebut dapat kami jalani dengan kesuksesan bersama. Kemitraan kerja masa depan kami dengan Honda adalah salah satu bagian terakhir dari untuk rencana ambisius Aston Martin di Formula 1,” timpal Martin Whitmarsh, Group CEO of Aston Martin Performance Technologies.

About Gatot Irawan

Check Also

Sebanyak 448 Unit Jimmy 3 Pintu Di-recall..

Jakarta, NextID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meresmikan kampanye Suzuki Product Quality Update untuk produk Suzuki Jimny 3-door …

Leave a Reply