Home / Auto / Wuling Alvez, Nikmat dan Nyamannya Sebuah Compact SUV
Di hari kedua, berkunjung ke De Tjolomadu, di Solo, bekas pabrik gula akbar di eranya dan kini menjadi museum. ist

Wuling Alvez, Nikmat dan Nyamannya Sebuah Compact SUV

Jakarta, NextID – Ini barulah suguhan test drive (lagi) sesungguhnya dari Wuling Alvez. Rute perjalanan saking panjangnya (Malang ke Semarang) dibagi 3 grup (batch) dengan masing-masing grup disiapkan 5 unit Alvez EX, juga masing-masing dengan 4 jurnalis.

Di Grup 1, yang digelar pada 22-23 Mei 2023, penulis bersama Gesit Prayogi (Kumparan.com), Rohmanudin (IDN Times) dan Randy Firdaus (Merdeka.com) di Alvez 2. Ini grup secara “ge-er” bisa disebut paripurna dan kalem, karena handal menyetir Alvez.

Kami cukup antisipatif jika ada mobil berlawanan, atau bila ada kendaraan yang ingin menyalip. Tetapi di momen test drive ini peran Tasya di car leader yang tak bosan-bosan mengingatkan agar tetap berhati-hati. Momen ini diselingi kuis-kuis segar yang membuat kami yang ngantuk-ngantuk jadi nyengir-nyengir kuda.

Siang hari kami tiba di Rock Hill, di kawasan Batu, Malang untuk makan siang. Ist

Perjalanan oleh Grup 1 ini dimulai dari Malang (Jawa Timur) menuju Solo (Jawa Tengah) sekitar 330 km, melewati berbagai rute jalan keren yang sempit-sempit dan panjang. Sejujurnya tak ada masalah dengan kendaraan ini, lancar dan asyik-asyik aja. Adanya fitur-fitur canggih di Alvez lebih mempermudah dan membuat semua jadi nyaman dalam menikmati perjalanan.

Contoh, ada sentuhan modern di interiornya yang mampu menyelaraskan gaya dan kenyamanan para penumpangnya, di mana momen berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Ini yang penting. Apalagi ada sentuhan “surrounded with enjoyment” – head unit dengan koneksi internet, dan terlebih lagi adanya kamera parkir.

Pergantian driver memang wajib dilakukan agar semua bisa merasakan ketangguhan Alvez, apalagi ini varian tertinggi yang justru banyak diminati konsumen. Sayangnya fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) tak bisa digunakan karena memang situasinya kurang mendukung. Padahal ini sistem inovasi yang bisa mendeteksi, memperingatkan atau bereaksi atas risiko bahaya yang mungkin timbul selama perjalanan.

Sepanjang perjalanan didominasi jalan berliku, asyik namun tetap waspada. Ist

Harus diakui, tagline Alvez yakni “Style & Innovation in One SUV” memang perwujudan dari semangat untuk menembus segmen anak muda yang kini gandrungi Compact SUV.  Tak heran jika kehadirannya sontak mengguncang segmen Compact SUV. Sebut aja Honda H-RV atau Hyundai Creta, yang harganya di atas Rp 350 jutaan. Sementara Alvez melenggang dengan harga yang kompetitif, bahkan untuk tipe tertingginya yang dibanderol Rp 295 juta saja. Alvez hanya kalah murah dari Daihatsu Rocky yang buka harga dari Rp 205,4 juta.

Kudapan Khas

Saking asyiknya, siang hari kami tiba di Rock Hill, di kawasan Batu, Malang untuk makan siang. Tempat ini terkenal dan asli nyaman buat kongkow dan sejenisnya. Boleh jadi karena jargonnya –  “good food good vibes,” boleh jadi terbukti memberi getaran khas.  

Dari sini kami mengarah ke Resto Keboen Redjo, Kediri. Lokasinya ada di depan pabrik Rokok Gudang Garam. Namun, asli pemandangan perjalanan ke sana “terganggu” oleh luasnya area pabrik rokok ini, sepertinya panjang pagarnya saking luasnya. “Kok nggak selesai-selesai ya, panjang banget pagarnya,” gumam Gesit Prayogi, yang diamini Rohmanudin. Di sini kami jajan-jajan cantiklah, alias minuman segar, nyemil tahu petis, tempe goreng dan sebagainya.

Selalu dalam iring-iringan, namun sekali tempo lepas juga. Ist

Ini yang cukup seru saat menuju makan malam di Solo. Sayangnya perjalanan menuju Tawangmangu tidak jadi dan diarahkan untuk masuk tol dan sontak ke Solo. Peserta rata-rata sudah terlihat lelah, begitu menurut panitia. Memang benar sih…

Justru saat kami memasuki tol Gerbang Madiun menuju Solo sepanjang 91,9 km, performa Alvez terbukti sebagai Compact SUV yang piawai di segmennya. “Dengan banderol segitu, sudah mampu melaju nyaman dan aman,” ujar Rohmanudin dan Randy Firdaus, bersamaan.

Ternyata dapur pacunya yang berkapasitas 1.485 cc inline-4 cylinder DOHC. mampu menyemburkan tenaga105 hp pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di 4.000 – 4.600 mm. Pantas melajunya begitu yakin dan percaya diri untuk momen susul menyusul. “Kami cukup bangga dengan Alvez. Walau harganya lebih murah dari para pesaingnya, Alvez memberikan fitur-fitur dan kenyamanan yang tak kalah dengan para kompetitornya di segmen Compact SUV,” ujar tim Alvez 2.

Akhirnya kami bermalam dan istirahat di Solo dan itu memang menjadi penantian. Dengan kenyamanan lingkungan hotel di tengah kota yang nyaman maka jadilah istirahat kami paripurna. Karena besok (23/5) kami berkunjung ke De Tjolomadu, museum pabrik gula yang pernah berjaya di eranya dan kembali ke Jakarta.

Saat istirahat di Resto Keboen Redjo, Kediri, di depan pabrik rokok Gudang Garam. (GI)

Laris 1.700 Unit

Alvez belumlah lama hadir di Tanah Air. Tetapi wow, Wuling mengeklaim sudah berhasil menjual ribuan unit. “Angkanya 1.700 unit yang terjual, mayoritas justru dari varian tertinggi (EX). Angka itu total penjualan dari Februari, Maret, dan April. Kalau melihat April mungkin ada penurunan karena waktu kerjanya berkurang, tapi harusnya bulan ini (Mei) sudah mulai naik lagi,” sebut Dian Asmahani selaku Brand and Direktur Marketing Wuling Motors Indonesia di Solo (23/5).

“Itu sudah sesuai target. Kami inginnya lebih banyak lagi tapi itu sudah sesuai dengan target dan kami yakin potensinya makin lebih besar lagi. Saat ini Alvez sudah mulai dikirim ke konsumen walau beberapa varian (CE dan SE) masih harus inden. Mungkin butuh waktu sebulan. Sebentar sih indennya. Tetapi untuk varian tertinggi (EX) harusnya cepat,” tegas Dian.   

Sukses buat Alvez, dan memang “Style & Innovation in One SUV.”

Momen “curian” saat di De Tjolomadu, boleh dong. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply