Home / Auto / Fuso Euro-4 Makin Menjejak di Indonesia
Fuso Euro-4 Mining Spec, yang ditunggu-tunggu oleh pelaku sektor pertambangan. Ist

Fuso Euro-4 Makin Menjejak di Indonesia

Jakarta, NextID – Apa itu Euro-4,  rumah kaca dan hubungannya dengan emisi (gas buang)? Rada bingung kan? Ini sekilas penjelasan, Euro-4 ialah standar emisi gas buang kendaraan beroda empat atau lebih yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Regulasi Euro-4 di Indonesia sudah digagas pemerintah pada tahun 2012. Namun, ketetapan resminya baru hadir lima tahun via Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro-4.

Itulah mengapa penerapan Euro-4 di Indonesia bakal memberikan dampak positif terhadap lingkungan, terutama di kota-kota besar yang banyak dilalui oleh kendaraan roda empat atau lebih. “Jumlah emisi gas rumah kaca di dalam negeri akan turun hingga 26% setelah regulasi ini diberlakukan,” begitu kalkulasi pemerintah.

Tentu saja aturan tersebut wajib dipatuhi oleh pelaku bisnis di sektor niaga. Oleh sebab itu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, pada Maret 2022 tak kalah gesit melempar ke pasar 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X, sekaligus!  Pasar sontak menjadi riuh dan konsumen diuntungkan karena mendapat banyak pilihan sesuai kebutuhan.

Ajang FUSO Euro-4 Regional Launching selama Juni hingga Agustus sebanyak 26 event di 22 kota dengan melibatkan 52 Dealer. Ist

Hadir dengan standar Eueo-4, mesin 4V21 untuk Canter, dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi common rail diklaim menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di rentang kitiran (RPM) yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal. Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi kendaraan lebih ramah lingkungan.

Respon Positif Pasar

Pembuktian pasar merespon positif apa yang dilakukan KTB adalah hasil akhirnya. Di ajang GIIAS 2022 September diumumkan bahwa KTB berhasil mencatat penjualan 3 bulan sebanyak 4.378 unit SPK, dan 1.699 unit SPK di GIIAS 2022.

Berdasarkan data Oktober 2022, kontribusi penjualan utama datang dari lini produk Canter dan Fighter X dengan komposisi 65% persen dan 35%. Penjualan KTB mencapai angka sekitar 27.000 unit, atau meningkat 22% ketimbang tahun lalu untuk pasar di 2022. Hasil itu jauh lebih baik dibanding 2021,” sebut GM Sales Planning & Marketing Strategy Unit KTB Novian Taufik, kepada pers.

KTB telah sukses menggelar Grand Launching Fuso Euro-4 di Jakarta, yang diikuti dengan 26 rangkaian acara Fuso Euro-4 Regional Launching dan Test Drive di seluruh  Indonesia. Melalui acara ini, KTB telah melakukan komunikasi dengan pelanggan secara interaktif. “Fuso dan dealernya siap untuk mendukung penggunaan produk Euro-4, termasuk dukungan layanan purna jual yang prima dan sistem telematik  Runner,” janji KTB.

Di ajang GIIAS 2022 memang KTB bikin acara khusus terkait produk-produk terbaru. Salah satunya acara test drive Canter FE 84 GS. Ini unit khusus yang dinantikan oleh segmen logistik. Komentar yang menarik, dari salah satu peserta test drive yang juga merupakan konsumen Mitsubishi Fuso. Dia mengatakan, amat terkesan dengan pembaruan yang diberikan oleh Fuso.

“Canter FE 84 GS ini lebih kuat dibanding varian sebelumnya. Torsinya juga meningkat, dan kendaaraan ini terasa semakin bertenaga untuk melakukan pengiriman barang. Sementara Fighter memang produknya terkenal nyaman ditambah lagi dengan penambahan safety ABS dan sistem Full Air Brake,” tuturnya tersenyum.

Fuso Euro-4 memang disukai dengan alasan macam-macam dan menguntungkan pastinya. Ist

“Saya senang mengetahui Fuso Euro-4 diterima dengan baik oleh konsumen. Setelah pengiriman unit, kami akan terus menunjang bisnis konsumen dengan dukungan penuh dari tim aftersales, melalui jaringan dealer terluas di seluruh Indonesia. Kami memastikan konsumen terlayani dengan baik,” janji Nobukazu Tanaka, President Director KTB.

Ini yang menarik, mengapa produk tersebut tersedot pasar dengan baik. Dari obrolan dengan konsumen akhir, terungkap memang ada banyak alasannya. Tapi yang tersembul, Fuso Euro-4 mudah dioperasikan, lebih irit BBM, mudah perawatan dan harga jual kembali, tinggi. Nah…  (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply