Home / Auto / Daihatsu dan Komunitas Terios Indonesia Dukung Pelestarian Badak di TN Ujung Kulon
Sambutan dari kesenian adat setempat, yaitu Debus dan Kuda Lumping. Ist

Daihatsu dan Komunitas Terios Indonesia Dukung Pelestarian Badak di TN Ujung Kulon

Banten, NextID – Pelanggan setia Daihatsu melalui Sahabat Klub dari Terios Indonesia (TID) bersama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selenggarakan kegiatan sosial yang rutin diadakan oleh komunitas tersebut. Aksi ini diwujudkan melalui pemeliharan lingkungan dan menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia bertema “Semarak Akhir Tahun Terios Indonesia Cinta Badak.”

Acara yang diselenggarakan pada 10-11 Desember 2022, bertempat di Halaman Balai Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon Provinsi Banten ini melibatkan lebih dari 30 mobil komunitas Terios Indonesia yang berasal dari berbagai chapter, mulai dari Jakarta, Bekasi, Banten, hingga Jawa Tengah.

Pada acara ini, komunitas Terios Indonesia, didampingi ADM menyerahkan tugu badak dengan skala 1:1 yang ditempatkan di depan gapura pintu masuk Taman Nasional Ujung Kulon, yang juga dapat menjadi simbol atau landmark bagi Taman Nasional Ujung Kulon. Selain itu, komunitas Terios Indonesia juga membagikan ratusan paket sembako kepada warga sekitar, serta penanaman ribuan bibit pohon sebagai bentuk kontribusinya kepada lingkungan.

Konvoi lebih dari 30 mobil komunitas Terios Indonesia yang berasal dari berbagai chapter, Ist

Ketua Umum Terios Indonesia, Ali Imron mengatakan, ia berharap tugu badak ini dapat menjadi simbol bagi area Taman Nasional Ujung Kulon. “Kami berharap, pesona keindahan alam area ini mampu menjadikannya sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara, yang juga dapat berkontribusi kepada peningkatan kesejahteraan warga di sekitarnya,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi keunikan dan ciri khas Banten adalah ketika rombongan komunitas Daihatsu tiba, Daihatsu langsung disambut dan disuguhkan tontonan kesenian adat setempat, yaitu Debus dan Kuda Lumping.

Sebagaimana diketahui, mengutip dari situs resmi https://biroisd.bantenprov.go.id, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan sebuah kawasan konservasi sumber daya alam. Kawasan ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia (World Heritage) sejak tahun 1992 dengan keistimewaan terdapatnya hewan badak bercula satu yang tidak ada duanya di dunia, dan hewan ini diberi nama resmi sesuai lokasi keterdapatannya yaitu Rhinoceros Sondaicus atau Badak Jawa.

Saat serahkn bibit untuk pelestarian di lingkungan TN Ujung Kulon. Ist

“Kami berharap, aktivitas ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, serta dapat menjadi sarana pariwasata edukatif yang menjadi kebanggaan Indonesia.” ujar Ben Faqih, Marketing People Development Department Head ADM, Kamis (15/12).

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply