Home / Tech / Menjajal Wuling Air ev Sambil “Mencicipi” Kemacetan Jakarta
Wuling Air ev long range disiapkan untuk menjelajah kota Jakarta selama seharian. Ini sedang sesi foto di Stasiun Kereta BNI City. (Gatot Irawan)

Menjajal Wuling Air ev Sambil “Mencicipi” Kemacetan Jakarta

Jakarta, NextID – Ini asli perjalanan keliling Jakarta yang berkesan. Pertama, jalan-jalan dengan mengendarai Wuling Air ev, asli mengasyikkan dan membanggakan karena banyak menarik perhatian orang. Kedua, kalau mau jujur Wuling sukses telah menyentak merek-merek mobil Jepang yang lambat merespon pasar.

Wuling Air ev harus diakui sebagai mobil listrik fenomenal. Buktinya, sampai saat ini SPK-nya tercatat mencapai 3.000 unit, dan inden pula. Soal harganya yang dibanderol Rp 200 juta lebih, tak masalah. Soal inden, manajemen berjanji akan mempercepat proses tunggu, katanya.  

Ya, Wuling memang tak main-main dengan promosi Air ev. Walau inden, gebrakan promosi terus berlanjut dan kali ini menarik dan unik, yakni test drive selama 5 hari – sejak Senin (19/9) hingga Jumat (23/9). Ini kegiatan khusus yang dikemas untuk wartawan peliput otomotif.

Hari itu jalan tol begitu lancar dan kami menjajalnya dengan santun. Ist

Kegiatan yang dilabel Urban Edu-Recreational Journey ini memang untuk menikmati kenyamanan mengendarai Air ev sebagai Green Mobility Experience Wuling Motors. Dalam kegiatan ini, awak media berkesempatan merasakan sensasi mengendarai Air ev, yang diklaim Drive For A Green Life secara langsung dengan ragam kondisi mobilitas, baik sebagai pengemudi ataupun penumpang. Sebanyak 7 unit Wuling Air ev long range disiapkan untuk menjelajah kota Jakarta selama seharian. Adapun titik start berada di Wuling Center dan finis di Senayan Park.

“Kami menggelar Air ev Green Mobility Experience: Urban Edu-Recreational Journey dalam rangka memberikan kesempatan  untuk rekan media mencoba mobil listrik pertama Wuling di Indonesia dengan mobilitas perkotaan yang sesungguhnya. Selain itu ada juga challenge yang bersifat edukasi dan rekreasi dan perlu diselesaikan oleh para peserta. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Air ev dan menyandang predikat sebagai kendaraan ramah lingkungan, perhelatan ini bisa menjadi ajang pembuktian bila mobil listrik Wuling ini dapat diandalkan di lalu lintas perkotaan,” terang Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors, Kamis (22/9).

Rangkaian aktivitas ini dimulai di Wuling Center dan disini rekan media mendapatkan pemaparan mengenai produk dan penjelasan mengenai rute yang dilewati serta seremoni pengibaran bendera start yang menandakan kegiatan media drive ini dimulai. Setelah itu, rombongan media bersama Wuling Air ev mengarah ke lokasi makan siang di Talassa yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors memberi penjelasan tentang fitur canggih di Ari ev. Ist

Sepanjang perjalanan rekan jurnalis menempuh rute arteri Permata Hijau, kemudian masuk tol Jakarta – Tangerang dan diteruskan ke jalan tol JORR serta keluar di area PIK. Di jalan bebas hambatan ini, para peserta dapat mencoba ragam mode berkendara yang tersedia, yaitu eco, normal, dan sport.

Usai makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan ke Atsiri di Sarinah yang merupakan destinasi aromatic wellness milik Rumah Atsiri Indonesia. Di titik poin ini rekan jurnalis diajak untuk mengetahui lebih banyak mengenai minyak atsiri dan mengikuti workshop pembuatan essential oil. Kemudian, meneruskan perjalanan menuju Stasiun BNI City di kawasan Sudirman untuk mengabadikan momen Air ev bersama latar deretan gedung-gedung ibu kota.

Setelah itu, titik poin berikutnya adalah Rumah Wijaya di bilangan Melawai. Sebagai mobil listrik, Air ev termasuk dalam kategori kendaraan yang dibebaskan dari ganjil-genap sehingga pengguna dapat melintasi di rute tersebut. Oleh karenanya tidak perlu khawatir ketika melintas di Jl MH Thamrin, Jl. Jendral Sudirman hingga bundaran Senayan di sore hari. Di tempat tujuan ini kami diajak untuk berpartisipasi dalam sesi melukis tote bag bergambarkan Wuling Air ev.

Ragam Inovasi Modern

Yang unik, dalam kegiatan ini kami dapat merasakan pengalaman berkendara bersama Air ev dengan situasi nyata mobilitas perkotaan. Selain itu, kami bisa mencoba deretan fitur modern yang Wuling sematkan pada kendaraan listrik pertamanya untuk pasar Indonesia. Yakni fitur perintah suara satu-satunya dengan bahasa Indonesia (WIND), fitur kendali jarak jauh Wuling yang dikenal dengan Internet of Vehicle, sampai dengan head unit yang multifungsi.

Junalis beristirahat dan bermain di salah satu tempat ikonik di Sarinah. Ist

“Wuling menghadirkan Air ev sebagai solusi mobilitas modern yang ramah lingkungan dan membawa berbagai kemudahan. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami turut menyematkan inovasi modern dari Wuling kepada Air ev dalam rangka menunjang kemudahan pengguna pada saat berkendara maupun mengakses berbagai fitur yang ada pada kendaraan listrik berdimensi compact ini,” terang Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Inovasi modern pertama adalah Wuling Indonesian Command (WIND), fitur perintah suara satu-satunya yang menggunakan Bahasa Indonesia. Pengoperasian fitur ini dapat dilakukan dengan cukup mudah. Bisa dengan mengucapkan ‘Halo Wuling’ atau menekan tombol sisi kanan pada lingkar kemudi untuk mengaktifkannya. Berbagai pengaturan fungsi kendaraan dapat diakses melalui perintah suara ini, meliputi radio, AC, jendela, telepon, aplikasi online, volume, waktu sampai dengan musik.

Di samping itu, inovasi lain yang dapat ditemukan di Air ev ialah Wuling Remote Control App via Internet of Vehicle (IoV). Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kendaraan dan fiturnya melalui aplikasi MyWuling+ yang terpasang pada smartphone. Dengan IoV,  dapat menyalakan kendaraan, membuka atau mengunci pintu, hingga mendinginkan kabin melalui gawai yang sudah disediakan. Status pengisian daya dan sisa daya baterai Air ev pun juga dapat terlihat dari layar utama aplikasi tersebut.

Selain melalui ponsel pintar, IoV pun bisa diakses melalui head unit berukuran 10,25 inci yang terdapat pada dashboard kendaraan compact ini. Pengguna dapat mengakses Online Messaging dan Online Navigation pada head unit dengan bantuan perintah suara berbahasa Indonesia. Tidak hanya itu, pengguna dapat mengirim maupun menerima pesan dengan mudah melalui fungsi online messaging tanpa mengganggu proses berkendara.

Melukis tas kain dengan akrilik di Jl. Wijaya. Ist

Wuling air ev juga dilengkapi dengan Integrated Floating Widescreen yang dibagi menjadi layar instrument cluster 10.25 inci dan head unit dengan ukuran yang sama. Pada head unit kendaraan listrik Wuling ini terdapat beragam fitur yang dapat diakses oleh pengguna, yaitu AC, radio, musik, dan kontrol kendaraan. Selain itu, layar yang lebar ini juga berfungsi untuk menampilkan citra Rear Parking Camera dengan garis bantuan untuk memudahkan pengguna saat parkir. Mengenai head unit, terdapat pula menu navigasi sebagai penunjuk arah dan pusat daya untuk mengetahui penggunaan baterai dan jarak tempuh.

“Beragam inovasi pada Wuling Air ev kami hadirkan untuk menjadikan mobil listrik pertama dari Wuling ini easy to use. Deretan fitur modern tersebut membantu pengguna untuk berkendara dengan nyaman, menjaga konsentrasi, hingga memudahkan akses fitur sekaligus memonitor kondisi kendaraan,” imbuh Danang.

Makan Malam

Memasuki sesi akhir dari perjalanan Air ev Green Mobility Experience: Urban Edu-Recreational Journey, kami  bergerak menuju Senayan Park. Ketika berada di kemacetan, kami pun dapat menikmati ragam hiburan yang ada di head unit modern berukuran 10,25“ yang dapat terhubung dengan internet.

Menutup rangkaian berkendara seharian ini, kami makan malam bersama di Lucy in the Sky sambil menikmati suasana malam ibu kota Jakarta. Adapun total perjalanan yang dilalui oleh rekan jurnalis dan Wuling Air ev hari ini sebesar 76 kilometer. Petualangan unik dengan Air ev itu asli menyenangkan dan berkesan.

Sebelum berangkat, kami berfoto di Wuling Center, Pondok Indah. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

Tim Honda Racing Indonesia Pimpin Klasemen Kejurnas ISSOM 2022

Jakarta, NextID -Para pembalap dari tim Honda Racing Indonesia (HRI) terus memimpin klasemen sementara di …

Leave a Reply