Home / Auto / Kolaborasi Daihatsu Bersama Pemerintah Lewat B20 via Vokasi
Penandatanganan MoU Perpanjangan Kerjasama PT Astra Daihatsu Motor dengan SMK Binaan Daihatsu di forum B20. Ist

Kolaborasi Daihatsu Bersama Pemerintah Lewat B20 via Vokasi

Jakarta, NextID – Dalam rangka mendukung pendidikan vokasi antara dunia industri dengan konsep link and match, Daihatsu menunjukkan komitmennya dengan berpartisipasi pada program bertema Business 20 (B20) Future of Work & Education Task Force (FOWE TF).

Acara yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) pada 29 Agustus 2022 di Hotel Mulia, Jakarta, merupakan program kerjasama antara pemerintah dengan menggandeng 6 mitra perusahaan, salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM), serta institusi sekolah kejuruan yang tersebar di Indonesia.

Hadir pada acara tersebut Anwar Sanusi selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan; Shinta Widjaja, Chair of B20; Erlan Krisnaring, Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor, serta perwakilan manajemen dari perusahaan dan institusi pendidikan lainnya yang berpartisipasi pada acara ini.

Sesuai dengan tujuannya dalam menciptakan dan meningkatkan link and match antara pendidikan vokasi dan program magang dengan dunia industri, program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas keterampilan anak muda di Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Emas tahun di 2045 lewat pelatihan, program magang, serta masukan kurikulum seputar digitalisasi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri di masa mendatang.

Komitmen entitas dalam mendukung kolaborasi bersama pendidikan vokasi ini ditandai dengan ADM yang mengajak perwakilan 8 SMK level A, sekaligus menandatangani MoU perpanjangan kerjasama menjadi bagian dari program Pintar Bersama Daihatsu. Adapun kolaborasi ini mencakup berbagai hal seperti standarisasi fasilitas, sinkronisasi kurikulum, pelatihan, asesmen, sertifikasi dan rekrutmen.

Sebagaimana diketahui, kolaborasi antara dunia industri dengan pendidikan merupakan salah satu program unggulan ADM yang selaras dengan salah satu pilar program CSR (Corporate Social Responsibility), yakni Pintar Bersama Daihatsu. Hingga saat ini, Daihatsu telah membina 431 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia sejak tahun 2008.

“Partisipasi Daihatsu merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung serta meningkatkan kolaborasi antara dunia vokasi dan industri. Daihatsu berharap kolaborasi positif ini dapat menjadi bekal para talenta vokasi muda di Indonesia agar dapat lebih mempersiapkan diri ketika terjun langsung ke dunia industri,” ujar Joko Baroto, Human Resource Executive Officer ADM, Jumat (2/9).

About Gatot Irawan

Check Also

Kolaborasi BMW Bestindo dan RS Premier Bintaro

Jakarta, NextID – President Director – PT Bestindo Car Utama (BMW Bestindo) Johannes Indratjuatja (kanan) …

Leave a Reply