Home / Auto / Kisah Revolusi Mobil Listrik Peugeot
Mobil listrik Peugeot yang unik dan merupakan roadster. Ist

Kisah Revolusi Mobil Listrik Peugeot

Jakarta, NextID – Mobil listrik bukan hal baru bagi Peugeot. Lebih dari 8 dekade, pabrikan asal Perancis memperkenalkan mobil bertenaga listrik. Kendaraan listrik Peugeot pertama yang dipasarkan pada tahun 1941 disebut VLV (Véhicule Léger de Ville – Light City Vehicle). Selama Perang Dunia Kedua, kondisi penjatahan BBM saat itu membuat mesti mencari sumber energi alternatif.  Beruntung, Peugeot menjadi pabrikan besar yang tertarik pada alat penggerak ini. VLV dibangun di Paris dari Juni 1941 hingga Februari 1943 (377 unit).

Peugeot VLV Ist

Peugeot VLV

Menghadapi pendudukan Jerman (1941), Peugeot mengusulkan alternatif unik untuk waktu itu Véhicule Léger de Ville. VLV – Kendaraan Kota Ringan, sebuah mobil kecil yang dirancang untuk kereta penggerak listrik yang efisien.

Inilah kendaraan listrik Peugeot pertama dan merupakan kabriolet mini dengan dua kursi offset. Kendaraan ekonomis yang dirancang untuk penggunaan perkotaan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.  

Didesain sebagai “mobil sepeda,” dengan jalur lebar di depan dan jalur sempit.  VLV menggunakan listrik (baterai) yang disimpan di bagasi depan, dan motor listrik tanpa diferensial yang mengatur roda belakang.

Jangkauan jelajahnya 70 km hingga 80 km dengan kecepatan hingga 35 km/jam. VLV banyak digunakan oleh pekerja pos atau dokter. Ada 377 VLV Peugeot diproduksi antara tahun 1941 dan 1943 di pabrik La Garenne di wilayah Paris.

Peugeot 106 Electric Ist

Peugeot 106 Electric  (1993)

Sebagai pabrikan Eropa pertama yang memasarkan kendaraan listrik kepada pemerintah dan perusahaan lokal pada tahun 1989. Peugeot mulai memasarkan mobil listrik itu kepada personal di Juli 1995.

Peluncuran komersial ini didahului oleh eksperimen yang dilakukan dalam kemitraan dengan EDF dan Communauté de Villes de La Rochelle dari akhir 1993 hingga akhir 1995. Dua puluh lima “106 ELECTRIC” diuji oleh perorangan, profesional, dan administrasi lokal. 106 diproduksi pada 1990-2003 sebanyak  2.798.246 unit, termasuk 3.542 model listrik antara 1993 dan 2003.

Peugeot Touareg Ist

Peugeot Touareg (1996)

Diperkenalkan di Paris Motor Show 1996, kendaraan santai dan terbuka ini adalah off-roader yang senyap, tidak berbau dan ramah lingkungan.  Hal ini berkat baterai nikel/kadmium hidrida yang terletak di belakang kursi depan.

Dengan pengoperasian yang senyap, tidak adanya emisi polusi dan perawatan estetika, kendaraan ini menampilkan semua tanda yang jelas dari simbiosis nyata antara perjalanan, rekreasi, dan alam.

Mesin listriknya memiliki tenaga 35,5 kW. Hal ini dibantu oleh mesin satu silinder, bertindak sebagai generator yang memungkinkan baterai untuk diisi ulang secara mandiri dan memberikan jangkauan 300 kilometer pada 15 liter bahan bakar.

Peugeot EX1 Ist

Peugeot EX1 (2010)

Dirancang 2010 untuk merayakan ulang tahun ke-200 Peugeot, mobil konsep ini 100% elektrik ini adalah roadster. Dua tempat duduk dengan gaya futuristik dan arsitektur asli, didesain menawarkan sensasi berkendara yang intens dan nyata.

EX1 melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 2,24 detik untuk mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam dalam 5,1 detik. Performanya, hasil dari aerodinamis, struktur ultra-ringan, dan dua mesin listrik, yang memberikan daya kumulatif maksimum 250 kW (340 bhp) yang tersebar di seluruh sistem penggerak 4 rodanya.

Berkat struktur karbon dan bobotnya yang ringan, mobil konsep Peugeot EX1 memecahkan enam rekor dunia – yang diamini oleh International Automobile Federation, di sirkuit Montlhéry yang legendaris, tetapi juga di China!

New Peugeot e-2008 Ist

SUV New Peugeot e-2008 (2019)

Penampilan perdana dunianya di Canton Motor Show 2019. Peugeot SUV e-2008 baru merupakan interpretasi ultra-modern dari pengalaman berkendara yang naluriah dan serbaguna. Ini memiliki dimensi SUV sejati dan menonjol dengan gaya yang kuat dan khas.

Ultra-teknologi, ini mewujudkan generasi baru dari Peugeot i-Cockpit 3D, peralatan dan alat bantu mengemudi yang impresif. SUV listrik 100% pertama ini memberi Anda akses ke dunia sensasi baru: kecemerlangan tingkat atas, pengoperasian senyap, tanpa getaran, dan kebebasan berkendara di Zona Hijau dengan akses terbatas.

Dengan jangkauan jelajahnya hingga 320 km (di bawah protokol persetujuan WLTP), bertenaga 100 kW (136 dk) dan torsi 260 Nm (tersedia dari 0 km/jam) memastikan akselerasinya berkelas. Peugeot e-2008 memberikan nuansa perjalanan dan kenikmatan berkendara yang menjadi ciri khas kendaraan merek tersebut.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply