Thursday , 6 October 2022
Home / Auto / UD Trucks di GIIAS 2022 Beri Pelatihan Bagi Pengemudi
35 pengemudi Astra UD Trucks mendapatkan pelatihan oleh PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) dan juga dari Ahmad Wildan selaku Senior Investigator dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ist

UD Trucks di GIIAS 2022 Beri Pelatihan Bagi Pengemudi

Jakarta, NextID – Melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022, UD Trucks mengadakan pelatihan dan memberikan edukasi kepada 35 pengemudi dari Astra UD Trucks atau disebut juga dengan program UD Driver Training yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan pengalaman pengemudi.

Pelatihan pengemudi ini diikuti beberapa peserta yang merupakan pengemudi armada UD Trucks dari beberapa bisnis yang dijalankan oleh konsumen UD Trucks. Program UD Driver Training adalah salah satu dari serangkaian program yang didasarkan atas komitmen UD Trucks dalam memberikan pelayanan lebih bagi pelanggan setia UD Trucks.

Program ini terdiri dari berbagai aktivitas yang melatih pengemudi untuk terus giat mencapai performa terbaiknya yang berkaitan erat dengan peningkatan bisnis pelanggan di mana pelanggan dapat menghemat biaya bahan bakar, melipat gandakan produktivitas unit, serta meningkatkan keamanan pengemudi.

Astra UD Trucks rutin memberikan program pelatihan pengemudi, terutama bagi pelanggan baru dan pengemudi baru serta pengulangan pelatihan. Modul pelatihan yang diberikan oleh Astra UD Trucks terdiri dari pelatihan inclass dan praktek langsung dengan lokasi beragam mulai di Astra UD Training Centre, ke lokasi pelanggan, atau juga dapat dilakukan secara online.

Melalui program UD Driver Training, 35 pengemudi Astra UD Trucks mendapatkan kesempatan untuk diberikan pelatihan oleh PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) dan juga dari Ahmad Wildan selaku Senior Investigator dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Program UD Driver Training, berpedoman pada 4 pillar penting yaitu; pre-drive inspection, driving skill, pick-up time dan delivery.

Pengemudi diberikan edukasi dan dipastikan memahami ke-4 pillar penting ini di setiap proses berkendara. Bambang Wijanarko selaku Chief Operating Officer dari Astra International UD Sales Operations mengatakan, sumber daya manusia merupakan salah satu komponen utama dalam industri. Hal ini tentunya saling berkaitan dengan pengembangan teknologi, desain, dan peningkatan performa untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu adanya teknologi UD Telematics pada UD Trucks sangat membantu memudahkan pekerjaan dan peningkatan efisiensi pengemudi.

“Kami harap setiap pengemudi yang ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini dan pelatihan selanjutnya dapat terus memacu semangat mereka dalam menambah pengetahuan dan juga pengalaman tidak hanya untuk memberikan performa terbaik di setiap pekerjaan mereka, namun juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi mereka yang mampu bekerja dengan efisien,” ujarnya.

Pelatihan ini merupakan upaya dari UD Trucks untuk memberikan hasil maksimal kepada pelanggan dari sisi performa pengemudi. Dengan adanya teknologi dan fitur-fitur canggih yang diberikan pada unit-unit UD Trucks, aspek kemampuan pengemudi merupakan aspek penting dalam meningkatkan efisiensi kerja yang mana jika dikombinasikan dengan pengamatan terus-menerus selama operasional, kontribusi yang diberikan dalam mengurangi Total Cost Ownership (TCO) sangat besar dan di sisi lain berdampak juga pada keselamatan pengemudi dan keamanan unit truk yang digunakan.

Pada aspek keamanan armada bagi pemilik bisnis, UD Trucks sejak lama telah menyediakan fitur UD Telematics yang membantu pengemudi dan pelanggan mengelola armada secara efektif. Fitur ini dapat memberikan visibilitas penuh untuk memantau armada, mampu memprediksi kapan unit memerlukan preventive maintenance, memungkinkan pelanggan mengakses analisis laporan unit dan optimasi bahan bakar unit, serta pengelolaan waktu kerja setiap armada yang dimiliki dengan demikian efisiensi unit dapat tercapai.

Di akhir sesi program UD Driver Training, Ahmad Wildan menyampaikan, “Sudah saatnya kita membentuk budaya selamat pada para pengemudi kita. Budaya selamat adalah suatu budaya di mana pengemudi terlatih untuk mengidentifikasi resiko pada pekerjaaannya. Apa saja resiko pada kendaraan yang dibawanya, apa saja resiko pada lintasan yang akan dilaluinya, apa saja resiko muatannya, dan yang paling penting apa saja resiko pada dirinya. Karena keselamatan, adalah terhindarnya seseorang dari resiko terjadinya kecelakaan, oleh sebab itu jika tidak ingin celaka pahami resikonya dan kendalikan.”

About Gatot Irawan

Check Also

Daihatsu Awesomeverse Menjejak Medan

Medan, NextID -Setelah sukses dengan pameran otomotif sebelumnya, kini Daihatsu hadir meramaikan GIIAS 2022 (GAIKINDO …

Leave a Reply