Home / Auto / SWAP Gandeng ABC Percepat Penggunaan EV yang Lebih Nyaman di Indonesia
Kerjasama antara SWAP dan Baterai ABC Lithium akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai yang berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia. Ist

SWAP Gandeng ABC Percepat Penggunaan EV yang Lebih Nyaman di Indonesia

Jakarta, NextID – Kendaraan listrik adalah solusi untuk menyelamatkan bumi dari polusi udara dan pemanasan global. Namun hal utama yang menghambat masyarakat untuk beralih ke kendaraan motor listrik (Electric Vehicle/EV) adalah keterbatasan jarak tempuh, waktu cas yang cukup lama, dan ketidak tersedianya stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Dengan adanya tren elektrifikasi pada motor listrik, kini pabrikan lokal turut ikut serta menyemarakkan industri ini. SWAP Energi Indonesia (SWAP) sebagai perusahaan penyedia sumber energi yang berupa baterai motor listrik melihat esensi untuk berkolaborasi dengan perusahaan baterai listrik lokal guna mempercepat penyediaan baterai untuk para pengguna motor listrik.

SWAP menyadari Baterai ABC memiliki peranan penting dalam mendukung transisi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini ABC merupakan merek baterai yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan elektrifikasi pada motor listrik yang semakin ramai, Baterai ABC ikut berpartisipasi dengan mulai membuat baterai, baik berupa cell cylindrical maupun dalam bentuk pack.

Hermawan Wijaya selaku Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) mengatakan pihaknya sudah mulai membuat baterai motor listrik sejak tahun 2019. Ia menyebutkan pandemi menjadi salah satu tantangan memproduksi baterai motor listrik. Hingga akhirnya di awal tahun 2022, ABC sudah mulai dapat memproduksi baterai.

Dengan adanya kerjasama ini, SWAP yakin bahwa sinergi dengan Baterai ABC Lithium dapat menciptakan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia. “Kami sependapat, kolaborasi dengan SWAP merupakan bagian dari pengembangan Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua,” ujarnya, Kamis (28/7).

Irwan Tjahaja, founder SWAP Energi Indonesia, mengatakan hadirnya kerjasama antara SWAP dan Baterai ABC Lithium akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai yang berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia.

“Untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. Material ini dipilih oleh ABC karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar serta memiliki daya tahan yang lebih lama. Sehingga diklaim sangat cocok untuk penggunaan motor listrik,” ujarnya.

Menariknya, penukaran SWAP baterai sendiri gratis dan pengendara motor listrik tak perlu khawatir soal baterai karena terdapat garansi baterai seumur hidup. Pengendara juga dapat lebih hemat biaya karena hanya membayar apa yang mereka pakai.

Dengan melakukan top up kuota perjalanan berbasis kilometer, pengendara dapat menikmati kemudahan menukar baterai berkali-kali dalam sehari tanpa dikenakan biaya. Hanya dengan 9 detik, pengendara sudah mendapatkan baterai yang penuh untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan motor listrik.

Momen bersejarah untuk percepatan EV di Indonesia. Ist

SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAPPoin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek. Dan di Bali, puluhan SWAPPoin telah tersebar di berbagai titik strategis jaringan Circle-K.

SWAPPoin dapat dengan mudah ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi. Selain untuk menemukan SWAPPoin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang juga memiliki berbagai fitur canggih lainnya seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan.

Dengan bekerja sama dengan PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium), SWAP Energi juga akan menggunakan momen ini untuk memperluas jaringan SWAPPoin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik penukaran baterai untuk pengguna Smoot Motor Listrik. Hal ini dilakukan demi mendukung Indonesia lebih cepat menuju target emisi nol bersih. Mantap dan aman ya…

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply