Home / Auto / Tips Rawat Kendaraan Pasca Mudik Libur Lebaran ala Daihatsu
Service di bengkel resmi dan oleh mekanik berpengalaman, menjamin mobil aman terkendali. Ist

Tips Rawat Kendaraan Pasca Mudik Libur Lebaran ala Daihatsu

Jakarta, NextID -Momen libur lebaran telah usai, dan masyarakat siap kembali melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing dengan beragam sarana transportasi yang dipilih, salah satunya dengan kendaraan pribadi, yakni mobil. Umumnya, aktivitas mudik menggunakan mobil pribadi dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah kondisi kemacetan, medan jalan yang bervariasi, faktor cuaca, dan lain sebagainya, sehingga dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Sebagian dari kita banyak yang menggunakan mobil pribadi yang sama dalam aktivitas sehari-hari dengan yang digunakan saat mudik. Oleh itu, Daihatsu bagikan tips untuk segarkan kembali kendaraan pelanggan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang dan waktu yang lama. Sahabat dapat membawa kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat. Sahabat juga dapat memeriksa secara manual jika dirasa tidak memerlukan perlakuan khusus. Berikut tipsnya:

1. Oli: Pastikan Sahabat memeriksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak.

2. Kaki-Kaki: Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan Sahabat memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem: Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Sahabat dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

4. Filter Bahan Bakar: Selama perjalanan mudik, kadang Sahabat terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. Pastikan Sahabat juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan Filter AC: Pastikan Interior kendaraan Sahabat bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

“Sahabat dapat menjaga kendaraan Daihatsu nya agar kondisi tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang, dan percayakan Daihatsu kalian ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar dilakukan pengecekan secar maksimal oleh para mekanik handal Daihatsu,” ujar Ben Faqih, People Development Department Head – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply