Home / Auto / Apa Pula Hino Telematic Safety Driving Competition…
Hino memulai kembali Hino Telematic Safety Driving Competition dan diikuti banyak peserta. Ist

Apa Pula Hino Telematic Safety Driving Competition…

Jakarta, NextID – Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) yang digelar sejak 27 Januari 2022 dengan memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian, dan juga bahan evaluasi telah selesai dan menghasilkan pemenang.

Total ada 209 kendaraan dari 68 perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan yang dibagi dalam 4 kategori ini yaitu FL Series, FG Series, Tractor Head (TH) Series, dan JD/JM Series.

Pemenang berdasarkan kriteria driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Pada kompetisi para peserta setiap bulan memiliki nilai awal 100 poin, di mana jika peserta mengemudi dengan baik dan aman, maka poin score card mereka tetap bagus. Begitupun sebaliknya jika para peserta mengemudi dengan ugal-ugalan seperti melebihi batas kecepatan, mengerem mendadak, melaju secara tiba-tiba dan menikung dengan kecepatan tinggi, maka mendapat pinalti dan nilai poin ini akan berkurang.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI. Ist

Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan. “Selain itu, dari sisi perusahaan kegiatan ini melindungi operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau biaya tak terduga yang merugikan perusahaan, dan ini sesuai dengan moto kami Hino Tangguh di jalan dan Untung di Tangan,” ujarnya, Selasa (24/5).

Dari 4 kategori yang diperlombakan secara Nasional, masing-masing kategori telah menghasilkan para pemenangnya. Untuk kategori Tractor Head (TH) Series, pemenang pertama berhasil diraih oleh PT Pasha Jaya dari Aceh. Sementara posisi kedua ditempati oleh PT Ghiffari Jaya Abadi dari Kalimantan Barat dan ketiga PT GAP Logistics dari Jakarta.

Untuk kategori FL Series peringkat pertama diduduki oleh PT Tam Cargo dari Jakarta, sementara peringkat kedua dan ketiga diisi oleh PT Puninar Jaya dari Jakarta dan PT Sentana Giri Nusa dari Bali.

Pada kategori FG Series dimenangkan oleh PT Makmur Putra Banua dari Kalimantan Selatan dan di posisi kedua dan ketiga diraih oleh PT Karya Indah Multiguna dari Jakarta, dan PT Narwada Awet Muda dari Nusa Tenggara Barat.

Terakhir untuk kategori JD/JM Series, dimenangkan oleh PT Sahabat Membangun dari Kalimantan Selatan, dan peringkat kedua dan ketiga di raih oleh PT Andalan Trans Nusantara dari Riau dan PT Kendari Kota Citra perwakilan dari Sulawesi Tenggara.

Di kategori Tractor Head (TH) Series, pemenang pertama berhasil diraih oleh PT Pasha Jaya dari Aceh. Tampak pemilik usaha Nahrawi Noerdin (kanan). Ist

Sejarah HTSDC

Hino Telematics Safety Driving Competition ini adalah salah satu bentuk Total Support Hino kepada konsumen setia dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics. Kegiatan ini digelar sejak tahun 2017 sampai 2019, di mana HMSI sangat gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition.

Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara agar dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat. Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

Seiring dengan merebaknya Pandemi, maka kegiatan ini pun mengalami penyesuaian dengan memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dan digelar secara online.

Dari sisi perusahaan kegiatan ini melindungi operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan. Ist

“Kegiatan ini bentuk support kami kepada Pemerintah dan bisnis customer. Dengan peserta memiliki pengalaman dan pengetahuan mengemudi secara aman, tentu ini akan berdampak positif bagi keselamatan di jalan dan menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan,” tutup Santiko Wardoyo, COO Director HMSI.

About Gatot Irawan

Check Also

Perkembangan Toyota Safety Sense Terkini…

Jakarta, NextID – Sejarah perkembangan Toyota Safety Sense (TSS) hingga menjadi seperti sekarang, unik. Pada …

Leave a Reply