Home / Business / Duta Besar Fadjroel Rachman Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Kazakhstan
Dubes Fadjroel Rachman (kiri) menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Republik Kazakhstan, H.E. Mr. Kasyim Jomart Tokayev. Ist

Duta Besar Fadjroel Rachman Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Kazakhstan

Jakarta, NextID – Pada tanggal 21 Februari 2022, di tengah suhu minus 7 derajat celcius yang menyelimuti kota Nur-Sultan, Duta Besar (Dubes) Fadjroel Rachman telah menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Republik Kazakhstan, H.E. Mr. Kasyim Jomart Tokayev. Pada kesempatan tersebut Presiden Tokayev juga menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Mongolia, Yunani, Maroko, Kanada, Israel dan Hungaria.

Upacara penyerahan surat kepercayaan tersebut berlangsung khidmat dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19. Dalam pertemuan tadi, Dubes Fadjroel menyampaikan salam hormat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Kasyim Jomart Tokayev. Juga dijelaskan tentang upaya diplomasi yang akan dilakukan selama bertugas di Kazakhstan “Upaya kami sebagai Duta Besar, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerjasama dalam segala bidang, termasuk diplomasi ekonomi sebesar 70-80%.”

Dubes Fadjroel juga memaparkan tentang upaya untuk semakin menggiatkan Pencak Silat di Kazakhstan. “Salah satu kekayaan budaya yang akan kami bawa sebagai lokomotif budaya Indonesia adalah Pencak Silat.” Dalam empat tahun terakhir, Pencak Silat berkembang sangat pesat di sini. Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan, di mana Dubes Fadjroel juga diberi amanah sebagai Penasehat Kehormatan, sudah ada di 12 region atau provinsi, dari 14 region yang ada.

Di akhir acara, Dubes Fadjroel menyampaikan salam dari rakyat Indonesia kepada rakyat Kazakhstan serta harapan akan terlaksananya kunjungan resmi antara pemimpin negara. “Saya juga menyampaikan, salam hormat dari 270 juta jiwa rakyat Indonesia kepada 19 juta jiwa rakyat Kazakhstan. Suatu hari kami berharap Presiden Kasyim Jomart Tokayev bisa melaksanakan official visit ke Indonesia, demikian juga Presiden Joko Widodo bisa berkunjung ke Kazakhstan.”

Presiden Tokayev menyampaikan ucapan selamat atas dimulainya secara resmi penugasan di Kazakhstan dan dukungan dari pemerintah Kazakhstan kepada  Duta Besar Fadjroel Rachman dalam melaksanakan tugasnya selama di Kazakhstan. Selanjutnya, Presiden Tokayev juga memaparkan bahwa Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan luar negeri Kazakhstan.

Dubes Fadjroel Rachman dan Presiden Republik Kazakhstan Kasyim Jomart Tokayev. Ist

“Indonesia adalah negara mitra Kazakhstan yang mempunyai hubungan baik secara bilateral dan multilateral. Peran Kazakhstan dalam Inisiatif One Belt One Road dan keanggotaan dalam Eurasian Economic Union dapat menghadirkan peluang baru untuk hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.  (KBRI Nur-Sultan)

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply