Home / Auto / UD Trucks Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR
Dukungan kuat aftermarket UD Trucks dalam penerapan Euro 4. Ist

UD Trucks Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR

Jakarta, NextID – UD Trucks sebagai salah satu merek kendaraan komersial di Indonesia (d/h Nissan Diesel), memastikan dukungannya dalam kebijakan pemerintah dengan penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada tahun 2022. Sebagai salah satu cara untuk mendukung kesiapan penerapannya, UD Trucks mengadakan acara bedah teknologi selective catalytic reduction (SCR) bersama para pakar dari UD Trucks.

Akibat penerapan peraturan baru gas buang jangka panjang yang paling ketat di dunia untuk semua kendaraan diesel setelah tahun 2005 di Jepang, UD Trucks mengembangkan sistem pengolahan gas buang melalui katalis yang canggih yang dikenal sebagai sistem SCR urea pertama di dunia untuk truk. Sistem ini pertama kali diaplikasikan pada Quon di tahun 2004.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun menggunakan SCR penerapan standar emisi Euro 4 yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro4 menjadi ajang pembuktian ketangguhan dan efisiensi mesin UD Trucks serta kemampuannya dalam mengurangi gas buang berbahaya dari hasil pembakaran mesin diesel.

Manajemen UD Trucks – Astra Motor Indonesia. Ist

“Kami di UD Trucks berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah, khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap keberlanjutan di Indonesia. Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya,” ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia, Kamis (13/1).

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran. Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akan mengurangi partikel sisa secara signifikan. Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

“Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, di mana sistem SCR menyuntikkan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun,” lanjut Chrisnoadhi.

Chrisnoadhi menambahkan, selain mempersiapkan unit baru dengan teknologi SCR dan Adblue, UD Trucks Indonesia juga telah mempersiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan penerapan Euro 4, khususnya bagi para pelanggannya.

“Manfaat penggunaan teknologi SCR ini bagi para pelanggan adalah adanya interval servis yang lebih lama, yang berarti kendaraan lebih banyak digunakan untuk keperluan bisnis para pelanggan, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk pemberhentian yang tidak direncanakan. Teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90%,” imbuh Chrisnoadhi.

Nah, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang UD Trucks, kunjungi situsnya di https://www.udtrucks.com/indonesia dan Facebook : UD Trucks Indonesia

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply