Home / Auto / Hino Telematic Safety Driving Competition Dimulai
Hino memulai kembali Hino Telematic Safety Driving Competition. Ajang ini semacam, keselamatan berkendara. Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Ist

Hino Telematic Safety Driving Competition Dimulai

Purwakarta, NextID – Pada tahun 2017 sampai 2019, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sangat gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC). Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Kegiatan HSDC ini diadakan terbagi menjadi dua bagian test. Hari pertama pengemudi mengikuti tes tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas.

Setelah tes tertulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik akan menjalani tes selanjutnya yaitu skill test dan inspection test. Pengemudi akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig-zag, baik itu maju maupun mundur serta parkir mundur.

Akan tetapi dikarenakan merebaknya Pandemi Covid-19, maka kegiatan ini terhenti untuk sementara. Memasuki tahun 2022 d imana pandemi masih berlangsung, maka Hino sedikit memodifikasi event ini,  di mana Hino Safety Driving Competition digelar dengan memanfaatkan fitur Hino Telematics. Sehingga event digelar dengan nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) dan di laksanakan secara online. Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini adalah dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Bagi pengemudi yang mengikuti kompetisi ini tentu mereka dapat melihat sendiri dari hasil evaluasi score card apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Karena jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang, selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan.

Sementara dari sisi pemilik bisnis, tentu kegiatan ini melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal-hal yang merugikan perusahaan. HTSDC ini adalah salah satu bentuk Total Support Hino kepada konsumen setia dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentu ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentu juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan,” ucap Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, Kamis (27/1).

Di bagian lain, merayakan 40 tahun Hino Indonesia, HMSI terus konsisten mengadakan berbagai program keselamatan berkendara. Mulai dari Hino Safety Driving Competition yang sudah dimulai sejak tahun 2017, disusul seminar dan workshop keselamatan bersama Kementerian Perhubungan dan KNKT, hingga training kepada pelanggan setia Hino, baik itu secara offline dan online.

Hino membangun fasilitas pusat pelatihan berkendara yang diberi nama Hino Total Support Customer Center (HTSCC), berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Ist

Hino Total Support Customer Center

Kini sebagai bentuk komitmen dan mendukung program pemerintah dalam keselamatan di Jalan. Hino membangun fasilitas pusat pelatihan berkendara yang diberi nama Hino Total Support Customer Center (HTSCC). Berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat, HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake. Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas-kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP.

HTSCC Dibangun di atas lahan seluas 24.000 meter persegi, dan Hino merupakan satu-satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelangganya. HTSCC digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, teknik blind spot, serta setiap pelatihan dipandu juga oleh video learning yang diberikan oleh Hino Motors Limited Japan.

Selain pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, karakteristik kendaraan dan manusia, serta basic english conversation

“Kami membangun Hino Total Support Training Center sebagai pusat pelatihan pengemudi untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang handal dan tertib berlalu lintas. Fasilitas ini dapat digunakan customer setia Hino untuk terus meningkatkan keterampilan berkendara para pengemudinya,” ujar Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI.

Tersertifikasi BNSP

Tak hanya bangunan dengan berbagai sarana yang lengkap, HTSCC juga dibekali dengan para instruktur yang handal, terlatih dan tersertifikasi. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia yang merupakan LSP PIHAK 1 Pendidikan yang didirikan berdasarkan SK LPK nomor 006/SK/LPK-HMSI/IV/2021, yang merupakan perpanjangan tangan dan sudah berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSP-LPK HMSI memiliki tujuan untuk menjadi lembaga sertifikasi yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional. Karena LSP LPK PT Hino Motors Sales Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan Sumber Daya Manusia di Indonesia yang lebih kompeten melalui sertifikasi profesi bidang tranportasi barang dan orang.

“Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa,” beber Santiko.

About Gatot Irawan

Check Also

Mitsubishi Motors Berkolaborasi dengan Lima Merek Otomotif Jepang

Jakarta, 27 Mei 2022 – Terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bali PT Mitsubishi Motors …

Leave a Reply