Home / Auto / Masuki Era Euro IV, Isuzu Pastikan Tidak Perlu Khawatir Soal Aftersales
Ssecara part di unit Isuzu Traga 90% sama seperti model Euro II. Sedangkan ELF 83%, dan GIGA 90% juga sama seperti model sebelumnya. Ist

Masuki Era Euro IV, Isuzu Pastikan Tidak Perlu Khawatir Soal Aftersales

Jakarta, NextID – Terhitung mulai 1 April 2022 pemerintah mewajibkan produsen otomotif yang menjual kendaraan mesin diesel, sudah mengusung standar emisi gas buang Euro IV. Perlu diketahui, semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatile hydro carbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Untuk Euro IV sendiri kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 mg/km, 250 mg/km untuk mesin diesel, dan 25 mg/kg untuk diesel particulate matter.

Budhi Prasetyo, Aftersales Business, Inventory & Logistic Div. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, standar Emisi Euro IV akan dimulai 1 April 2022. Latar belakangnya adalah terkait bagaimana semua menjaga lingkungan dan kelestarian lingkungan menjadi lebih baik. “Bagi Isuzu sudah dimulai sejak 10 tahun lalu lewat Giga yang menggunakan mesin Common real.  Selama ini tidak ada masalah pada teknologi mesin tersebut,” ujar Budhi, Rabu (22/12).

Sementara itu, menurut Theo Martinerz, Aftersales Strategic & CRM Dept. Head IAMI Indonesia, konsumen tidak perlu khawatir dengan adanya standar emisi Euro IV. Secara suku cadang dan perawatan tetap sama seperti standar emisi Euro II.

Theo menjelaskan, secara part di unit Isuzu Traga 90% sama seperti model Euro II. Sedangkan ELF 83%, dan GIGA 90% juga sama seperti model sebelumnya. “Jadi konsumen tidak perlu takut soal ketersediaan suku cadang karena tidak ada bedanya,” tandasnya.

Sedangkan untuk di part fast moving, perbedaan pada Isuzu GIGA hanya ada tiga saja, yaitu Air Cleaner, Fuel Filter dan Cover Clutch. Sedangkan untuk Isuzu ELF ada 5, yaitu Belt Cooling Fan, Element Fuel Filter, Element Oil Filter, Disc Clutch, dan Cover Clutch.

“Jadi konsumen tidak perlu khawatir akan ketersediaan sparepart di pasaran. Dengan kondisi ini, part shop tidak perlu menambah stok yang sangat besar untuk membackup karena 90% sparepart sama dengan model sebelumnya,” lanjut Theo.

Selanjutnya dari sisi perawatan, katanya lagi, karena 90% sama dengan model sebelumnya maka interval penggantian sparepart tetap sama, sehingga cost pun tidak menjadi mahal.

“Semuanya bisa berjalan dengan baik, dan kita layani dengan maksimal. Kita juga ada 108 outlet, 70 bengkel mitra Isuzu, dan 145 unit bengkel Isuzu berjalan. Untuk melakukan pemeriksaan unit Euro IV, diperlukan ada diagnostic tools dan sudah tersebar di seluruh outlet Isuzu, di mana alat ini membantu memeriksa dan merawat unit konsumen,” tutup Theo

About Gatot Irawan

Check Also

Yè Series Hadir di Tiongkok

Beijing, NextID -Honda memperkenalkan lini model mobil listrik terbaru yang dinamakan Yè Series (烨) untuk …

Leave a Reply