Home / Auto / Volkswagen Van Club Tour Sumatera 2021 – Eksplorasi Wisata Keren!
Konsolidasi persiapan berkali-kali agar touring akbar VVC sukses. Ist

Volkswagen Van Club Tour Sumatera 2021 – Eksplorasi Wisata Keren!

Jakarta, NextID -Tepat Jumat (19/11) pukul 21.00 WIB malam, rombongan klub otomotif khusus VW Klasik jenis Kombi yakni Volkswagen Van Club (VVC) melakukan start touring jarak jauh menuju Padang, Bukittinggi, dan Sabang Kilometer Nol dari Rest Area KM 13,5 Toll Karang Tengah, Jalan Toll Jakarta Merak.

Aktivitas perjalanan touring jarak jauh ini merupakan salah satu upaya mewujudkan agenda awal kepengurusan baru Volkswagen Van Club (VVC) yang resmi terbentuk pada 29 Oktober 2021 lalu sebagai realisasi hasil Rapat Umum Anggota VVC yang berlangsung sebelumnya di MyTen Coffe Senayan Park Mall pada 16 Oktober 2021.

Perjalanan wisata jarak jauh berlabel ‘VVC Tour Sumatera 2021’ ini akan berlangsung dari 19 November 2021 hingga 5 Desember 2021. Waktunya cukup lama, mengingat perjalanan touring ini sekaligus merupakan perjalanan wisata keluarga sambil mengeksplorasi keindahan alam pariwisata bumi Sumatera. Total ada 18 kendaraan yang ikut, di mana 13 unit di antaranya merupakan VW Kombi anggota.

Aktivitas perjalanan touring jarak jauh ini merupakan salah satu upaya mewujudkan agenda awal kepengurusan baru Volkswagen Van Club (VVC). Ist

“Sebagai program kerja pertama dalam kepengurusan VVC periode 2021 – 2024, dengan touring ini diharapkan menjadi kegiatan yang mewujudkan komponen keguyuban VVC yakni Kreasi, Rekreasi, Silaturahmi, dan Sosial sebagai ciri Volkswagen Van Club yang hebat,” tutur Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM., Ketua Umum VVC yang juga Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Guna mengikuti ketentuan protokol kesehatan, kegiatan tour di masa pandemi Covid-19 ini dimulai dengan melakukan swab antigen yang digelar panitia pelaksana tour. Pelaksanaan dilakukan sehari sebelum hari H keberangkatan. Proses antigen berlangsung di Kantor Kompolnas, Kamis (18/11) yang diikuti semua peserta kegiatan touring.

“Bagi yang ikut, dianjurkan sudah menjalani proses vaksin komplit yang bisa dicek pada aplikasi Peduli Lindungi. Hasil swab antigen seluruh peserta pada sehari sebelum berangkat tersebut Alhamdulillah negatif semua. Jadi layak untuk berangkat bersama,” tutur Pudji.

Terbagi 2 Rute

Seperti disebut di awal, konvoi VW Kombi dalam kegiatan VVC Tour Sumatera 2021 ini akan terbagi dalam 2 rute, yakni grup pertama dari 19-28 November 2021 dengan rute Jakarta – Payakumbuh – Jakarta. Sedangkan grup kedua dari 19 November – 5 Desember 2021, dengan route Jakarta – Payakumbuh – Sabang – Jakarta.

Adapun rincian rutenya yakni Jakarta – Merak – Bakauheni – Bandar Lampung – Krui – Bengkulu – Padang – Pariaman – Danau Maninjau – Kelok 44 – Bukittinggi – Danau Singkarak – Batusangkar – Payakumbuh – Sibolga – Parapat – Simalungun – Tapak Tuan – Meulaboh – Banda Aceh – Sabang – Banda Aceh – Bireun – Takengon – Medan – Duri– Pekanbaru – Jambi – Palembang – Bandar Lampung – Bakauheni – Merak – Jakarta. Khusus huruf miring adalah rute tambahan untuk grup kedua

Selain tour wisata, VVC juga tidak melupakan sendi aktivitas yang menjadi ciri khasnya, yakni menggelar giat bakti sosial. “Di awal saya resmi menjadi Ketua Umum VVC, di pidato saya sampaikan bahwa setiap kegiatan atau aktivitas VVC, diusahakan ada kegiatan sosialnya. Baik direncanakan maupun dadakan. Harus ada, sebagai bukti kepedulian kita terhadap sesama,” ujar Pudji.

Bakti Sosial

Terkait bakti sosial di acara tour Sumatera ini, VVC menjalin kerjasama dengan Lions Club Indonesia, Kompolnas, dan Polda Sumatera Barat untuk melakukan giat sosial “Mataku Jendelaku”. Kegiatan ini merupakan Program Perlindungan Mata Anak 2021/2022 sebagai aktivitas bakti sosial kemasyarakatan dalam bentuk pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis untuk Pelajar SD, SLTP, SLTA di wilayah kota Padang dan Bukittinggi.

Selain itu, VVC juga akan melakukan giat sosial berupa menghimpun sumbangan untuk Pesantren di Padang Sidempuan dan Banda Aceh. VVC juga memanfaatkan momentum ini untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai klub atau komunitas VW di sepanjang lintas Sumatera yang dilalui dan para pehobi otomotif lainnya.

Untuk menambah kenyamanan dan mendukung aspek keselamatan di jalan raya, menurut Pudji, Tour Sumatera VVC juga didukung Asuransi Bhakti Bhayangkara (ABB), di mana Ketua Umum VVC sebelumnya, Pamudji R Soetopo memiliki hubungan baik dengan para pimpinannya. Dari hasil diskusi, seluruh perjalanan tour Sumatera ini di-cover oleh ABB untuk keberangkatan dan kepulangannya.

Seluruh peserta seluruh peserta VVC Tour Sumatera 2021 dilindungi asuransi jiwa AKDA EXTRA dari Asuransi Bhakti Bhayangkara (ABB). Asuransi jiwa ini berlaku selama 1 (satu) tahun dan bisa diperpanjang. Premi asuransi jiwa AKDA EXTRA ini difasilitasi Adjar

Triadi selaku pimpinan ABB. “Ibarat kalau mau dievaluasi, semua ikhtiar kita sebelum touring ini sudah cukup. Termasuk sebelum jalan sudah menjalankan prosedur Prokes dan selama touring nantinya,” imbuh Pudji.

Asiknya touring adalah kebersamaan dan rasa toleransi tinggi. Ist

Scrutineering

Bahkan untuk kelancaran perjalanan, sekitar 2 minggu sebelumnya pelaksanaan start touring yakni pada 31 Oktober 2021, panitia pelaksana juga menggelar sesi scrutineering bagi Kombi peserta yang akan ikut. Tujuannya, mengecek kesiapan fisik kendaraan terutama pada beberapa sektor komponen yang dianggap riskan untuk dibawa jauh.

Pelaksanaan scrut ini dilakukan tim mekanik VVC dengan mengacu pada check-list yang sudah menjadi standar baku VVC sebelum melakukan touring. Dalam proses scrut ini semua aspek atau bagian komponen kendaraan yang vital diperiksa mekanik. Detail mencakup sektor mesin, kaki-kaki, hingga komponen kelistrikan.

Setiap detail check-list komponen harus diperiksa. Bila terlihat adanya keausan atau berpotensi menyebabkan masalah di tengah perjalanan, maka harus diganti saat itu juga atau diberi kesempatan selama 2 minggu sebelum hari H keberangkatan untuk penggantian sesuai rekomendasi mekanik yang memeriksa.

Scrutineering ini tak hanya memeriksa kelayakan kendaraan di berbagai sektor, tapi juga mengecek kesiapan peralatan dan kelengkapan komponen cadangan yang harus dibawa tiap peserta atau kendaraannya. Seperti pompa bensin/rotaks, platina-kondensor atau CDI bagi yang memakainya, fanbelt, tali gas, tali kopling, kabel jumper, charger aki, dongkrak, segitiga pengaman dan lainnya.

Istirahat sejenak untuk cek dan ricek kembali persiapan agar touring lancar jaya. Ist

Sebelum melakukan start dari rest area km 13,5 Tol Tangerang – Merak, Pudji mengumpulkan dan memimpin doa bersama seluruh anggota untuk berdoa memohon keselamatan dan kelancaran selama perjalanan. Sebelumnya diawali dengan penjelasan singkat perjalanan oleh Project Officer VVC Tour Sumatera, Handarko Harsono (VVC-488) yang memakai Kombi tipe Ambulance.

“Mari kita berdoa untuk keselamatan touring ini, wajib menaati semua tata tertib dan agenda acara yang disepakati bersama, tertib berlalu-lintas, dan harus menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu-lintas bagi masyarakat pengguna jalan lainnya,” pungkas Pudji sesaat sebelum memulai start konvoi menuju Pelabuhan Merak.

About Gatot Irawan

Check Also

Mitsubishi Fuso Merambah ke Morowali

Morowali, NextID –  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply