Home / Auto / Rasa Penasaran Publik di GIIAS 2021 Dituntaskan MMKSI!
Sebagai mobil baru, New Xpander bisa terserap mulus karena sudah disempurnkan. Ist Ist

Rasa Penasaran Publik di GIIAS 2021 Dituntaskan MMKSI!

Jakarta, NextID – Di booth Mitsubishi Motors di GIIAS 2021 digelar konperensi pers untuk menjawab rasa penasaran jurnalis atas produk yang ditampilkan, dan rencana PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ke depan soal mobil listrik dan sebagainya.

Hikaru Mii – Director of Product Strategy Division MMKSI  memberi penjelasan detil soal ini. “Kami sangat ingin mendukung kebijakan pemerintah untuk kepedulian pada lingkungan dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Kami punya strategi XEV Strategy yang di mana termasuk Hybrid, PHEV dan BEV. Soal ini kami menyebutnya XEV, dan sampai saat ini berupaya mencari yang terbaik dengan mengombinasikan ketiganya,” ujarnya.

“Saat ini di GIIAS, MMKSI menghadirkan Minicab MiEV.  Ini LCVEV, kendaraan komersial ringan listrik dan sangat cocok buat masyarakat Indonesia karena kendaraan komersial punya jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan sudah ada polanya. Kami ingin mempelajari LCVEV di Indoensia. Saat ini Minicab EV belum untuk dijual. Masih jalani tahap ujicoba, tapi ujicoba itu akan jadi pertimbangan apakah nanti menjual atau tidak,” tandasnya.

Di bagian lain, pertanyaan muncul atas sudahkah model terbaru New Xpander dan New Xpander Cross sudah diuji emisinya, dan apa ubahan signifikan dari model tersebut?

New Xpander Cross di ajang GIIAS 2021. Ist

Guntur Harling, GM  General Manager of Product Strategy Division MMKSI membeberkannya, sesuai dengan regulasi pemerintah, pastinya kita selalu mengikuti yang disampaikan pemerintah. “Seluruh kendaraan harus diuji emisinya. Sampai saat ini seluruh tipe Xpandeer dan variannya sudah dilakuksn uji emisi. Dan, kami sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan karena antrian panjang untuk uji emisi. Tetapi kami yakin bahwa New Xander dan New Xpander Cross dapat memberikan hasil optimum,” ujarnya.

Menurut Guntur Harling, masih terkait dengan pertanyaaan sebelumnya, karena untuk menghasilkan emisi yang baik, walaupun kami gunakan basic engine yang sama, tapi ada sistem yang digunakan, yakni  EGR (Exhaust Gas Recirculation) sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik. 

Atas pertanyaan lain, dia memberi jawaban atas performa mesin matik yang dipertanyakan.  

“Pada kasus sebelumnya, kami sudah lakukan penanganan dengan reprogramming ECU. Di model baru ini kami gunakan ECU program terbaru. Jadi masalah itu sudah teratasi.”

Boedyarto menimpali, di ECU sudah dituning ulang dan itu sudah improve banyak banget. “Sebenarnya itu tidak hilang, tapi masih sedikit tidak setinggi sebelumnya. Naiknya RPM itu dibutuhkan supaya mesin tidak mati karena ada beban yang mendadak dari load, baik dari transmisi dan elektrik. Engine menyikapi ada load tambahan. Cuma koreksinya sudah diiimprove jadi lebih bagus.”

Sementara untuk lampu, menurut Boedyarto, sudah ditingkatkan improvement untuk Exceed ke atas.” Sudah dilengkapi LED dan sudah memberikan pencahayaan lebih baik.

Soal lampu halogen di GLS juga sudah lebih baik, meningkat 70 % dari mdoel sebelumnya. Terkait dengan bahan bakar efisiensi tentu dari palikasi CVT danakan membuat efisiensi bahan bakar lebih baik.”

Pertanyaan soal suspensi Xpander, adakah perbedaan dengan model lama. Sidahkah diimprove, mengingat pernah ada kasus kebocoran suspensi di model lama. Dan, ubahan pada yang model baru, terasa di bagian kap mesin  lebih besar dan kokoh dibanding yang lama. Kenapa?

Guntur Harling kembali memberi penjelasan,  Xpander sudah dikenal sebagai MPV yang nyaman. Untuk model yang baru ini juga kita lakukan penyempurnaan, terutama di sisi suspensi. Ini juga sangat disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia. Untuk supsensi depan dan belakang sudah dilengkapi katup shock absorber terutama bagian belakang yang kini diperbesar ukurannya. Jadi lebih nyaman untuk dikendarai.

Rifat Sungkar (kiri) selaku brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia. Ist

“Soal ubahan yang terjadi, ini sebenarnya terkait dengan desian berdasarkan masukan berbgai pihak. Secara konsep desain, New Xpander memiliki konsep tough dan sporty.

Apakah saat membuat Xpander baru, Mitsubishi mempertimbangkan untuk menambahkan fitur-fitur keamanan canggih? Bagaimana dengan kekuatan menanjaknya khususnya yang matik?

“MMKSI dan Mitsubishi Motors selalu memperhatikan tren safety features. Akhir-akhir ini safety features jadi fitur unggulan yang disematkan kendaraan. Tren ini dan awarenes saftey feature akan semakin meningkat. Bukan hanya tren tapi kami juga pikir ke depan fitur-fitur ini akan jadi perrtimbangkan untuk bisa digunakan di kendaraan Mitsubishi Motors,” jawab Guntur Harling.

Selama ini Mitsubishi Motors, menurutnya, sudah memiliki fitur yang advance sperti yang sudah ada di salah satu varian Pajero Sport. “Kami juga mencermati perkembangan pasar dan memang sudah ke arah sana.”

Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, menambahkan, jujur saja sensasi berkendara antara transmisi biasa dengan CVT sangat berbeda karena konsentrasi mendapatkan efisiensi berkendara yang baik dan ramah lingkungan.

“Selain itu CVT sudah jadi teknologi wajib untuk mobil-mobil jaman sekarang. Karena dengan CVT friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang sedikit maka mengemudipun jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan,” ujar Rifat Sungkar.

Tampak depannya memang beda jauh dan sangar. Ist

“Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe Xpander di jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai rpm 3.000 ke 3.500.  Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada.”

Menurutnya, ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di rpm tertentu, dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta. “Menarik dong?!” tandas Rifat Sungkar.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply