Home / Auto / Daihatsu Berikan Tips Aman Bermanuver di Ngobrol Asik IGTV
Ilustrasi Safety Driving gunakan Daihatsu Rocky. Ist

Daihatsu Berikan Tips Aman Bermanuver di Ngobrol Asik IGTV

Jakarta, NextID – Daihatsu bersama GT Radial kembali mengadakan acara sharing otomotif terkini melalui acara bertajuk NGOBROL ASIK bertema Safety Maneuver Dalam Aplikasi Berkendara di Jalan Raya. Acara ini berlangsung pada 16 Oktober 2021 di Instagram @daihatsuind channel IGTV atau dapat disaksikan melalui tautan Ngobrol Asik Safety Maneuver yang dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia.

Sesuai temanya, pada acara ini Daihatsu mengundang Sony Susmana selaku Instructor SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) sebagai narasumber dalam memberikan tips seputar berkendara di jalan raya agar tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Manuver sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok, dan kondisi khusus lainnya. Manuver dibagi menjadi 2 kategori, yaitu manuver ekstrim, dan manuver aman. Manuver Ekstrim dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. Sedangkan Manuver Aman yaitu, pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab.

Dialog saat acara berlangsung. Ist

Dalam berkendara, selama Ini pengemudi dihadapkan pada kondisi yang cenderung nyaman, dan tidak memperhitungkan resiko bahaya, sehingga kadang dapat menurunkan tingkat kewaspadaan dan ketidaksiapan dalam mengantisipasi. Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara membutuhkan skill dalam mengontrol kendaraan dan menguasai emosi secara benar dan tepat.

Berikut ini adalah 4 hal utama dalam mendukung Manuver Aman, yaitu Operational (Driving technic), Seat position (Ergonomis & dinamis), Pergerakan/kecepatan (lingkungan), dan Track area (Lurus, Jumping & tikungan).

Pada sisi Operational (driving technic), merupakan dasar/cara seseorang mengemudi, dan paham dalam melakukan operasional pada kendaraannya secara benar, biasanya selalu melakukan deselerasi atau coverbrake di situasi yang mengharuskan pengemudi bermanuver secara halus yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan kendaraan.

Seat Position (Ergonomis & Dinamis), ketika kendaraan bermanuver, pastikan posisi duduk pengemudi sudah benar lewat 3C (Control, Communication, Comfort) seperti punggung menempel di sandaran jok, posisi tangan terhadap stir kemudi, dan lainnya, hal ini penting untuk menjaga keseimbangan kendaraan ketika melakukan manuver di situasi mendadak.

Pergerakan atau Kecepatan yang selaras dengan kondisi lalu lintas di sekitar sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan tabrakan depan dan belakang. Selalu patuhi aturan kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas dan tentukan lajurnya dengan benar.

Track Area: Sadari bahwa lebar jalan rata-rata berkisar 3 – 3.5 meter tergantung jenis dan kelas jalanannya. Pada jenis jalanan tertentu, umumnya dapat dirasakan kendaraan bergerak dinamis dan dapat dirasakan kondisi kendaraan seperti, roll, pitch, yaw, bounch akibat jalan yang licin dan bergelombang, serta terpaan angin maupun tenaga mesin kendaraan. Pastikan kendaraan tetap berada di jalurnya, dan apabila akan mendahului pastikan pengemudi melakukannya dengan memperhatikan rambu-rambu yang memperbolehkan, serta blind spot yang kecil.

“Daihatsu dan GT Radial selalu berupaya membuat acara safety driving kepada komunitas. Kami memberikan sharing atau edukasi tentang pentingnya melakukan Safety Manuver secara aman dan tepat. Semoga program ini dapat memberikan pemahaman lebih baik kepada Sahabat, dan dapat menerapkan teknik bermanuver yang aman dan nyaman bagi keselamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain di sekitar kita,” ujar Ben Faqih, Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

About Gatot Irawan

Check Also

Suzuki “Sahabat Setia” di Tengah Perjalanan Lebaran

Jakarta, NextID – Perjalanan mudik lebaran yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia tak lama lagi akan …

Leave a Reply