Home / Auto / Toyota Populerkan Teknologi Elektrifikasi
Toyota COMS, salah satu model yang dipopulerkan di dalam project EV Smart Mobility di Bali. Ist

Toyota Populerkan Teknologi Elektrifikasi

Jakarta, NextID – Pada selebrasi 50 tahun Toyota di Indonesia, dibeberkan President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, Jumat (9/4), sejak bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang menyeluruh, termasuk yang terkait dengan teknologi elektrifikasi. “Sebagai bentuk realisasi dari komitmen tersebut, pada ulang tahun yang ke 50 ini, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk–produk elektfikasi Toyota melalui project EV Smart Mobility di Bali,” ujarnya.

Di dalam project EV Smart Mobility ini, Toyota menyiapkan 3 line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery EV (BEV) dan Plug-in Hybrid (PHEV). Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

“Project EV Smart Mobility ini diharapkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat luas agar dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan produk elektrifikasi Toyota yang menyenangkan, namun juga dapat turut serta dalam proses pemulihan industri pariwisata dan pelestarian lingkungan di Bali, sekaligus makin mempopulerkan elektrifikasi kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Selain itu, bagi Toyota, kunci pengembangan industri otomotif adalah Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Seiring dengan Filosofi “Make People Before Make Product,” Toyota Indonesia membangun berbagai fasilitas pembelajaran seperti Learning Center untuk meningkatkan kompentensi, membentuk lembaga sertifikasi tingkat nasional yang bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), serta menghadirkan Akademi Toyota Indonesia (TIA) yaitu sekolah vokasi yang mencetak SDM kompetitif dalam menjawab tantangan perkembangan teknologi terkini.

Toyota juga turut membantu pengenalan dunia industri ke sekolah dan Universitas melalui pengembangan kurikulum, laboratorium dan program vokasi agar dapat memperkenalkan teknologi baru untuk mempersiapkan kompetensi sehingga siap menghadapi tantangan di masa depan untuk Indonesia yang lebih baik, lebih maju.

Saat peresmian project EV Smart Mobility oleh Toyota di Bali, belum lama ini. Ist

Salah satu upaya untuk mendukung pengembangan SDM di era elektrifikasi ini adalah dengan memperkenalkan xEV Center sebagai Pusat Pembelajaran Teknologi Elektrifikasi Pertama di Indonesia. Melalui xEV Center diharapkan dapat terbentuk kesadartahuan mengenai industri elektrifikasi pada masyarat Indonesia terutama kalangan akademisi serta para pelajar. xEV Center dilengkapi dengan fasilitas virtual tour sehingga dapat dengan mudah diakses oleh Publik, Pemerintah, Mahasiswa, Siswa SMK, serta masyarakat di seluruh Indonesia.

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply