Home / LifeStyle / Leisure / Kopi Boyolali “Terbang” ke Jerman!
Konjen RI di Hamburg Ardian Wicaksono secara virtual menjelaskan, pelepasan kopi perdana ini akan terus berlanjut dan rutin. Ist

Kopi Boyolali “Terbang” ke Jerman!

Boyolali, NextID –  Kopi andalan Boyolali jenis arabika secara resmi telah diekspor ke Jerman.  Konsulat Jenderal RI di Hamburg bekerja sama dengan Koperasi Produsen Kopi Rakyat (Kopira) mengadakan kegiatan upacara pemberangkatan kopi tersebut Selasa sore waktu Boyolali.  

Disaksikan oleh perwakilan pemerintah yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Desa, Kopira, Pemkab Boyolali, Kadin Jawa Tengah, PT Lion Parcel, Konjen Ardian Wicaksono menjelaskan, pelepasan kopi perdana ini akan terus berlanjut dan rutin. 

Konjen RI di Hamburg juga  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di Boyolali atas kerja sama dan kolaborasinya. Ucapan serupa juga disampaikan kepada Kemlu dan Kemendes atas koordinasi dan dukungannya. Merupakan perjuangan yang tidak ringan untuk memperjuangkan kopi Indonesia ke pasar Jerman. ”Berkat upaya serta komunikasi yang sangat baik dengan Boyolali, pasar kopi Jerman dapat ditembus. Sampel coffee beans yang dikirim ke Hamburg ternyata lolos dari pengujian kopi,” ujar Ardian Wicaksono.

Ditambahkannya,petani, koperasi dan pengekspor Indonesia perlu memahami standar khusus dan sertifikasi kopi. ”Kalau pengiriman ini lancar maka akan menjadi bagian dari mata rantai ekspor komoditas kopi ke Eropa” kata Konjen RI di Hamburg ini.

Lebih lanjut disampaikan, kopi Indonesia yang digemari sudah bertambah. Dari kopi Gayo, Toraja, Flores Bajawa, Jawa Barat dan sekarang Jawa Tengah. Importir kopi MyBali Coffee, Sasha Bayu Handoyo sangat tertarik dengan cita rasa kopi Boyolali sehingga dilakukan pengujian. Diharapkan kopi Boyolali menjadi salah satu varian kopi yang akan dipromosikan di Jerman. Direncanakan pengiriman total ke Jerman ke depan untuk setiap pemberangkatan adalah 1,5 ton. Ada keistimewaan tersendiri,  dalam packaging-nya akan menggunakan motif batik Boyolali. 

Sementara itu dalam pidato sambutannya, Ketua Kopira, Emilda Liliyanti menyatakan rasa gembiranya, kopi Boyolali ternyata bisa ”menaklukkan” Jerman. “Berdasarkan pembicaraan dengan pemilik MyBali Coffee yang berdomisili di Hamburg, rasa dan kualitas kopi Boyolali sudah hampir menyamai Kopi Gayo,” ungkapnya.

Kopi Boyolali ternyata bisa ”menaklukkan” Jerman. Berdasarkan pembicaraan dengan pemilik MyBali Coffee yang berdomisili di Hamburg, rasa dan kualitas kopi Boyolali sudah hampir menyamai Kopi Gayo, Ist

Imelda merencanakan untuk merambah ke pasar mancanegara lain seperti RRT, Australia dan Jepang. Namun demikian kegiatan tersebut akan dilakukan secara bertahap. “Sejauh ini kami suplai ke Puskopad Kartika Jayakarta, dan rencana membuka outlet di Bandara Internasional Yogyakarta,” ujarnya.  

Menurutnya, sebagai perusahaan yang relatif masih baru semua pasar sedang dijajaki. Ketika market sudah terbentuk, maka perusahaan kopi yang dibantu Koperasinya akan terus mendampingi para petani, termasuk membentuk kelompok belajar kopi bersama. Kopira juga menggandeng ”Kampus Kopi” suatu kelompok yang mempelajari teknik, meramu dan memasarkan kopi.   

”Saat ini sedang dilakukan beberapa pekerjaan rumah yang  membutuhkan kolaborasi antara eksportir dengan importir. Antara lain adalah mempelajari peraturan Uni Eropa tentang pengiriman kopi dari negara asal, termasuk rekam jejak (traceability) dari kopi. Dengan bantuan MyBali Coffee, sebuah perusahaan kopi milik diaspora Indonesia di Jerman dan Perwakilan RI di Jerman, saya optimis kegiatan ini akan menjadi peluang yang menguntungkan,” tambah Imelda.

Acara ditutup dengan upacara pemberangkatan kopi Boyolali. Adapun keberangkatan kopi ke Jerman dari daerah Indonesia lainnya adalah dari Toraja dan Flores Bajawa via Surabaya. (Sumber: Kemlu RI)

About Gatot Irawan

Check Also

Bersama Grand Vitara, Liburan Lebaran Menjadi Stylish

Jakarta, NextID -Jelang libur lebaran tahun ini, diperkirakan tradisi mudik ke kampung halaman akan tetap …

Leave a Reply