Home / Auto / Aplikasi Enduro Home Service dari PT Pertamina Lubricants
Dengan hadirnya aplikasi ini, pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas kini dapat dilakukan secara online. Ist

Aplikasi Enduro Home Service dari PT Pertamina Lubricants

Jakarta, NextID – Salah satu perubahan model belajar dan berbisnis dalam masa pandemi Covid-19 adalah hadirnya inovasi digitalisasi. Kini, sistem belajar-mengajar dan berwirausaha kerap dilakukan secara online untuk membatasi pertemuan sosial guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Beradaptasi dengan kebutuhan ini, PT Pertamina Lubricants meluncurkan aplikasi berbasis Android “ENDURO HOME SERVICE,” yang merupakan sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terlibat dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) Enduro Home Service (EHS).

EHS merupakan program CSR yang mengajak berbagai SMK di Indonesia untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan dengan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Sebagai tahap awal, siswa menerima berbagai pembekalan materi di kelas antara lain materi teknis otomotif, ilmu pelumas dan sistem pelumasan, product knowledge produk pelumas Pertamina, teknik pengelolaan bengkel, teknik penjualan dan pemasaran, pengetahuan industri otomotif dan materi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi berwirausaha.

Berbagai materi ini disampaikan oleh guru dan instruktur di sekolah, technical specialist ILMA (Integrated Lubrication Management Academy), para mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants dan sederet instruktur profesional lainnya. Selain itu, PTPL juga melakukan branding Enduro Express untuk bengkel di SMK dan memberikan tambahan peralatan usaha seperti seragam mekanik, toolkits dan paket pelumas Pertamina yang dapat digunakan siswa.

Selanjutnya, siswa dipacu untuk mengimplementasikan materi yang di dapat secara langsung dengan melakukan pendataan pelanggan potensial di lingkungan sekitar sekolah atau tempat tinggal siswa untuk dijadwalkan dengan pelayanan Home Service.

“Dengan hadirnya aplikasi ini, pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas kini dapat dilakukan secara online. Siswa dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, melakukan pendataan pemesanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus dapat memesan pelumas Pertamina sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal, Jumat (16/10).

“Hadirnya sistem online ini merupakan upaya PT Pertamina Lubricants untuk menjawab tantangan belajar dan berbisnis di masa pandemi sekaligus memberikan kemudahan bagi SMK untuk terus menjalankan program EHS secara efektif,” imbuh Iwan.

Miftaulud Paradeva, siswa kelas XII SMK Negeri 2 Cilacap menyampaikan pengalamannya dalam menjalankan EHS dengan sarana digital ini, “Aplikasi ini sangat membantu saya untuk belajar modul wirausaha dan otomotif kapan saja dan dimana saja. Membuat laporan pelayanan dari siswa kepada guru juga lebih cepat dan mudah.”

EHS merupakan salah satu program CSR PT Pertamina Lubricants yang mengimplementasikan program Link And Match dunia pendidikan dan industri dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja dan industri. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2019 oleh Production Unit Cilacap di 7 SMK, EHS kini telah dijalankan di 5 Sales Region antara lain Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan telah menjangkau 30 SMK serta melibatkan lebih dari 10.500 siswa SMK kelas XII, XI dan X di penjuru negeri.

“Enduro Home Service merupakan program CSR yang bertujuan untuk membangun mental entrepreneurship dan mendorong siswa untuk menjadi lebih produktif dan mandiri. Harapannya dengan program ini dapat memberikan bekal berbisnis untuk siswa ketika sudah menyelesaikan masa SMK sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dimasa yang akan datang,” tutup Iwan.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply