Home / Auto / Asyik Masyuk dengan Xpander Cross..!
Xpander Cross, perpaduan antara style, ketangguhan dan kepraktisan. (Foto: Gatot Irawan)

Asyik Masyuk dengan Xpander Cross..!

Jakarta, NextID – Kondisi “New Normal” bikin suasana serba canggung. Maklum, pandemi Covid-19 mengharuskan gerakan kita menjadi terbatas di segala lini, termasuk untuk urusan piknik dengan keluarga. Batasan-batasan tertentu menjadi aturan yang wajib diikuti, jika tidak risiko ditanggung sendiri. Walhasil, kreativitaslah yang akhirnya mampu membuat kita bisa bergerak lincah kembali, walau tak selincah di suasana normal.

Nah, dalam urusan piknik atau jalan-jalan bersama keluargapun, diperlukan wahana yang bisa mendukung kegiatan santai tersebut. Maka, bisalah disebut beruntung karena Xpander Cross hadir dan mampu menjawab tantangan emosi kami. Ada istilah ekstrem yang dikenal, “ente jual, ane beli.”  Ini untuk menggambarkan kemampuan “wahana” tersebut atas keinginan pemiliknya, kira-kira begitu.

Kabin Xpander Cross dilengkapi fiturcterdepan di kelasnya. (Foto: Gatot Irawan)

“Don’t Stop. Xpand Your Adventure”, begitu tagline Xpander Cross. Maka, keraguanpun disirnakan agar bisa tetap melanjutkan hasrat terpendam terkait petualangan yang dicanangkan bersama keluarga. Jangan emosi tinggi, kalem dan rancang petualangan itu agar seindah impian bersama.

Xpander Cross memang bisa menjawab tantangan emosi tertahan pemiliknya. MPV ini memiliki urat bak SUV, namun senyaman MPV. Dalam istilah marketingnya, dia adalah sebuah kendaraan crossover yang memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV. Keren kan?

Pembuktian sebelum-sebelumnya juga dia adalah sebuah crossover MPV yang ramah-keluarga, dengan styling SUV yang kuat, pengendaraan yang nyaman dan menyenangkan, sekaligus memiliki interior desain yang praktis dan mewah.  Spesifikasinya: panjang 4.500 mm x lebar 1.800 mm x tinggi 1.750 mm.

Di lintasan apapun no problemo buat Xpander Cross (Foto: Gatot Irawan)

Melancong bersama keluarga jadi semakin nyaman dengan disematkannya power outlet pada baris depan, tengah, dan juga belakang. Begitu pula adanya penambahan ruang penyimpanan  di bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, dan ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi. Maklumlah, kendaraan ini varian tertinggi Xpander.  Jadi, tak heran jika dia mampu memberikan keunggulan berkendaraa di berbagai medan, tetapi memberikan kenyamanan bak MPV.

Xpander Cross ternyata bisa menjadi “teman seperjalanan” yang siap untuk mengawal petualangan keluarga Indonesia dengan semua keistimewaan yang dimilikinya. Percaya tak percaya, ini tertulis di spesifikasinya yang mengusung banyak fitur terdepan di kelasnya!

Yang jelas tampang luar (eksterior), gagah. Beberapa lokasi di pinggiran Bogor kami sambangi, dengan medan lintasan yang sesuai karakter Xpander Cross. “Petualangan” ini tentu saja mengindahkan protokol kesehatan.

Diakui pengamat otomotif, sedikit banyak kesan gagah ini pengaruh dari desain eksteriornya yang dinamis. Wajah depan Xpander Cross punya desain geometrik yang menggambarkan keseimbangan antara kedinamisan dan power. Tak heran jika kesan SUV makin terlihat berkat disematkannya desain skid plate pada bumper bawah yang kuat dan protektif.

Yang menarik, crossover MPV ini didesain 50 mm lebih lebar dari model small MPV Xpander. (Foto: Gatot Irawan)

Tampang luarnya makin bermagnet berkat lampu LED di bagian head lamp dan fog lamp yang mengoptimalkan visibilitas sehingga jangkauan pencahayaannya lebih luas, dan memiliki kesan high-class. Yang menarik, crossover MPV ini didesain 50 mm lebih lebar dari model small MPV Xpander. Ini untuk memberikan kesan lebih luas dan stabil. Pantas ketika diajak ngebut dan sedikit zigzag, berasa nyaman.

Citra sebagai kendaraan tangguh tercermin juga dari sisi belakangnya, di mana terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper!  Di atapnya disematkan roof rail yang semakin menunjang aktifitas petualangan penggunanya. Citra sebagai kendaraan sporty yang siap bertualang tercermin pula dari new design 17-inch alloy wheel, yang dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish.

Mesin Halus

Crosover ini memang nyaman di kelasnya. Dibawa dengan kecepatan standar hingga tinggi di medan apapun, tetap nyaman. Oleh Mitsubishi Motors diklaim, Xpander Cross memiliki outstanding driving performance. Walau mengusung mesin bensin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari putaran mesin (RPM) rendah ke tinggi,  mesinnya (4A91) merupakan peningkatan dari seri 4A9 yang ada, di mana terdapat peningkatan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin.

Ground clearance-nya terbaik di kelasnya yakni 225 mm, dipadukan dengan suspensi khusus dengan rebound spring, sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendara dan penumpang dalam melalui berbagai medan.

Ketika berada di kabin bahkan ketika menyetir, kendaraan ini memberikan kenyamanan berkendara dengan visibilitas yang baik, berkat kaca depan yang luas. Walau posisi duduk tinggi, tetapi ditunjang dengan fitur cruise control yang memudahkan pengendara mengontrol kecepatan selama perjalanan. Ketika menyetir, serasa seperti duduk di mobil mewah yang memiliki fitur keamanan terdepan. Pasalnya ketika rear camera terhubung dengan layar audio dan sensor parkir, mampu mengoptimalkan pengalaman berkendara.

Dalam kondisi ideal “New Normal,” Xpander Cross dipamerkan di Kantor Pusat MMKSI di Pulomas. (Foto: Gatot Irawan

Nah, kehadiran Xpander Cross di pasar otomotif Tanah Air patut diperhitungkan.  Ditemukan banyak kelebihan ketimbang kekurangannya. Kenyamaman maksimal untuk New Normal Adventure Keluarga Indonesia, tak terbantahkan. Memang ini kendaraan perpaduan antara style, ketangguhan dan kepraktisan. (GI)

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply