Home / LifeStyle / Leisure / Art / Kyla Christie asal Indonesia Raih Putri Diana Award
Penerima Diana Award sepertinya gadis biasa, namun jika melihat kiprah dan prestasinya, amat membanggakan. Ist

Kyla Christie asal Indonesia Raih Putri Diana Award

London, NextID – Kyla Christie (19) asal Indonesia meraih Putri Diana Award,  penghargaan paling bergengsi yang diberikan kepada anak muda berusia 9-25 tahun yang berkecimpung dalam aksi sosial dan kemanusiaan. The Diana Award didirikan untuk mengenang Putri Diana, Princess of Wales dan didukung kedua putranya, Pangeran William, Duke of Cambridge dan Pangeran Harry, Duke of Sussex.

Pengumuman penerimaan penghargaan disampaikan di London, Inggris pada Selasa malam, (1/7) bertepatan dengan hari ulang tahun Putri Diana.“Kami menyampaikan selamat  bagi semua penerima Diana Award, yang merupakan agen perubahan bagi generasi mereka. Kami berharap dengan penghargaan ini mereka akan menginspirasi lebih banyak anak-anak muda untuk terlibat dalam komunitas mereka dan mengawali peran aktif mereka sebagai warga negara,” kata Tessy Ojo, CEO of The Diana Award.

“Selama lebih dari 20 tahun, The Diana Award telah mengapresiasi dan menanamkan pada generasi muda, mendorong mereka untuk terus membuat perubahan positif dalam komunitas mereka dan kehidupan orang banyak,” tambahnya.

Kyla terpilih untuk menerima penghargaan The Diana Award  karena karya-karya dan aksi kemanusiaannya dianggap telah memelopori  perubahan positif yang berkesinambungan. Kyla mencurahkan bakat dan passionnya di bidang seni pertunjukkan untuk membantu  mengatasi problem dan isu sosial di komunitas dan generasinya.

Aksi kemanusiaannya bermula sejak Kyla berusia 10 tahun. Kyla memprakarsai lahirnya “Sing to Build,“  sebuah gerakan nirlaba dengan suara emasnya  Kyla menyanyi, menggalang dana untuk korban bencana alam saat itu. Dia berhasil mengumpulkan setara dengan US$ 70 ribu untuk membantu membangun panti asuhan, rumah tinggal, perpustakaan, women centers, pusat seni dan musik di tempat yang tertimpa bencana.

Pada usia 17 tahun Kyla membangun “New Art collectives” yang sebelumnya bernama Jakarta Youth for Performing Arts. Kyla menata tari, menggubah lagu, menulis skenario, menjadi sutradara, melatih pemain,  serta menjadi produser yang menginpirasi generasi muda melalui lagu, drama musikal dan teater. Lebih dari 5.000 penonton menonton pertunjukan yang ditampilkan oleh lebih dari 110 kawula muda dalam 15 show dan proyek.

Pada 2018, Kyla juga merintis Global Youth Leader dan menyelenggarakan Global Youth Leader Submit dengan mengumpulkan para  pemimpin muda yang sukses di top 10 industri yang paling besar dampaknya untuk berbagi pemikirannya bagi generasi muda Indonesia dan dunia.

“Saya merasa terhormat menerima penghargaan ini, terutama di era yang penuh tantangan sekarang ini. Kita tengah melalui salah satu masa transisi terbesar dalam generasi kita. Dengan menerima penghargaan ini saya ingin menjadikan hidup saya sebagai contoh. Kita muda, kita penuh dedikasi, dan kita mampu memberikan dampak. Penghargaan ini memungkinkan saya untuk bicara lebih lantang mengenai perubahan melalui seni dan kewirausahaan.  Pesan saya untuk semua generasi muda di mana pun: untuk berani bicara dan berkiprah. Apa yang kita katakan dan lakukan itu penting.  Untuk generasi muda kreatif di mana pun: karya Anda akan membuahkan perubahan. Gunakan bakat Anda untuk menciptakan perubahan positif. Tetap kreatif, berani, dan jadilah perubahan itu sendiri. Be Creative. Be Courageous. Be The Change,” ucap Kyla seusai pengumuman penghargaan The Diana Award, Selasa malam waktu Indonesia.

Prestasi dan dampak kiprah Kyla melalui New Art Collective yang dirintisnya sejak masih bernama Jakarta Youth of Performing Art serta  Gerakan Sing to Build memiliki jangkauan yang luas dan jauh. Kyla berhasil mentransformasi masyarakat, generasi muda, dan pengalaman dalam industri yang dia tekuni.

Sebagai tokoh muda, dia memiliki karakter yang kuat, berani, dan kreatif.  Konsistensi Kyla dalam memimpin perubahan untuk membentuk masyarakat yang lebih baik dengan memberikan solusi dan sarana penyaluran kreativitas bagi orang-orang di dunia sangat mengagumkan sehingga mendapat perhatian dan pengakuan dari Diana Award Foundation dalam pemilihan penerima Diana Award 2020 untuk young changemaker.

Kyla walau muda, dia berani, dan berprestasi.  Ist
Kyla walau muda, dia berani, dan berprestasi. Ist

Karakter ini juga tercermin dalam proyek Kyla lainnya. Sebagai contoh Global Youth Leader yang didirikan tahun 2018 untuk menghadirkan mengumpulkan pembicara muda inspiratif yang terdepan di bidangnya untuk berbagi pengalaman dan keahliannya bagi sesama generasi muda di Indonesia dan di dunia.

Kyla juga telah bicara di dua TEDx Talk dan mewakili Indoensia menjadi delegasi Indonesia untuk tampil dalam kejuaraan dunia seni peran World Championships for performing arts dan meraih tujuh penghargaan termasuk Champion of The World, empat medali emas dan industry award. Kyla juga telah merilis album mini pertamanya berjudul “Open Pages” yang dapat dinikmati di berbagai platform streaming music digital cukup dengan mencari Kyla Christie dalam kategori Artist.

Saat ini Kyla tengah menempuh pendidikan di Babson College, perguruan tinggi kewirausahaan terbaik di dunia selama selama 25 tahun berturut-turut, sebagai mahasiswi program Scholarship Weissman dengan  2 jurusan di bidang fine art dan entrepreneurship

Selama masa pandemi Covid -19, Kyla bekerjasama dengan CreativePop untuk membuka kelas-kelas kreativitas bagi anak-anak di Indonesia. CreativePop menggelar berbagai kelas di bidang-bidang yang mengangkat kreatifitas, mulai dari menyanyi, menari, memasak dan penulisan kreatif. Kyla sendiri mengajar kelas penulisan kreatif dan seni suara. Kyla percaya bahwa kini, lebih dari sebelumnya, generasi muda perlu mengasah kreativitas, imajinasi dan kemampuan seni pentas. Meski harus tinggal di rumah, kita tetap harus bebas berkreasi dan berimajinasi.

“Dalam menghadapi Covid-19, kita memerlukan inovasi dan solusi kreatif yang lahir dari gagasan dan karya generasi muda. Kita adalah generasi yang paham pentingnya menumbuhkan kreativitas yang konkret di tengah kekacauan yang terjadi. Kita kuat dan lebih bersatu dari sebelumnya. Penting sekali untuk memiliki pikiran yang terbuka dan membangun kreativitas karena inilah yang akan dapat menyelamatkan kita,” tutur Kyla

New Art Collectives memiliki misi utama untuk menyemangati generasi muda agar berinisiatif dan berperan aktif dalam perubahan yang positif. Gerakan ini bertujuan menyebarkan pesan penting  melalui komunitas mereka. Misalnya dalam kolaborasi dengan Saraswati Learning Center, misi New Art Collectives adalah membangun kesadaran dan inklusivitas bagi individu dengan kemampuan mental, kognitif dan mobilitas berbeda, seperti penyandang Cerebral Palsy, Down Syndrome dan sebagainya.

Melalui platform seni, Kyla berupaya mengadvokasi berbagai isu penting: inklusivitas, menghapus stigma penyakit jiwa, mencegah bunuh diri di kalangan remaja, danmenghentikan kekerasan rumah tangga, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dan penggalangan dana bagi kalangan yang membutuhkan serta komunitas anak muda .

NewArt Collective terus membawa perubahan di masyarakat. Salah satu insiatif terbarunya adalah peluncuran “New Art Chapters”.  Para seniman dari seluruh dunia dapat mengajukan diri untuk memperoleh New Art License di mana mereka akan mendapat panduan, sumber daya, dan bantuan untuk memproduksi, menyutradarai, dan merancang kreasi pertunjukan mereka sendiri. Pertunjukan ini dapat berupa fashion show, musikal, drama, teater hingga live podcasts. New Art collective dibangun dengan passion dari sebuah generasi dengan harapan dapat mendorong talenta kreatif dan pelaku usaha seni untuk mewujudkan mimpi, dan misi mereka melalui solusi inovatif.

Kyla ketika dipercaya membawa nama Indonesia di ajang Olimpiade Seni Pertunjukan.  Ist
Kyla ketika dipercaya membawa nama Indonesia di ajang Olimpiade Seni Pertunjukan. Ist

Menjadi salah satu New Art Chapter layaknya memiliki perusahaan kecil sendiri yang beroperasi di lingkungan terdekat sang seniman. Dengan memberi kesempatan bagi generasi muda di seluruh dunia New Art Collective memberi ruang yang aman dan kreatif bagi seniman muda untuk berekspresi dan mengembangkan bakat mereka.

Klik di sini untuk bergabung dengan New Art Chapter: https://airtable.com/shr8bRdT1zASntKAQ

Kyla sempat menyinggung mengenai prospek kembali menjadi tuan rumah konferensi tahunan di bidang kreativitas dan kewirausahaan melalui inisiatifnya Global Youth Leaders. “Saya merintis Global Youth Leaders sebagai komunitas generasi muda yang dapat saling belajar dan mengajar satu sama lain. Saya menyadari kini dengan penghargaan ini, jaringan dan komunitas generasi pemuda itu sulit tergantikan. Ke depan akan makin banyak hal-hal seru yang kami gulirkan!” kata Kyla optimistis.

Yang ingin tahu lebih jauh siapa Kyla bisa diintip di sini: https://diana-award.org.uk/roll-of-honour-2020/, di situs kylachristiemusic.com, newartcollective.co, atau bisa ditengok IG-nya di @kyla.christie dan @newartcollective. Atau langsung intip di SPOTIFY: Kyla Christie, juga di LINKEDIN: Kyla Christie. Yang mau dialog bisa di Whatapps : +1 718 839 3831 dan   Email : kylachristie18@gmail..

About Gatot Irawan

Check Also

Honda Stylo 160 ABS Royal Green Varian CBS Bakal Hadir

Jakarta, NextID – Buka bersama PT Astra Honda Motor (AHM) di Telaga Senayan, Selasa (26/3) …

Leave a Reply