Saturday , 24 July 2021
Home / Auto / FIFGROUP Setujui 149.000 Aplikasi Relaksasi
Proses pngajuan ini sama sekali tidak ada biaya tambahan seperti administrasi atau biaya lain pada umumnya. Ist

FIFGROUP Setujui 149.000 Aplikasi Relaksasi

Jakarta, NextID – Sejak 29 Maret 2020 sampai dengan 18 April 2020, FIFGROUP telah mencatatkan 149.793 aplikasi relaksasi untuk seluruh konsumen yang diselesaikan dan setara dengan nilai kredit sebesar Rp 1,5 triliun. Angka yang paling besar berasal dari sektor UMKM, karyawan dan pedagang informal dengan jumlah mencapai 81.291 persetujuan aplikasi. Sedangkan yang berasal dari sektor transportasi, termasuk ojek online dan yang bekerja sebagai sopir mencapai 14.150.

Sedangkan dari sisi wilayah, yang paling banyak berasal dari Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur serta Jawa Tengah dan Yogjakarta. CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, menyebutkan perkembangan angka yang telah melakukan program tersebut menaik tajam. “Kami selalu memonitor tiap hari agar semua proses berjalan lancar sesuai dengan program, meski ada kadangkala di beberapa tempat di Indonesia masih perlu sosialisasi untuk beberapa konsumen,” ujar Margono, Minggu (19/4).

Program yang dilakukan FIFGROUP ini adalah dalam upaya membantu konsumen seperti yang dianjurkan pemerintah, setelah Presiden Jokowi 24 Maret 2020 menyatakan akan memberikan kemudahan bagi sektor: transportasi, pariwisata, perhotel, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan, termasuk pengusaha UMKM dan pekerja informal. Kemudian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindaklanjuti dengan kebijakan Countercylical Dampak Penyebaran Covid-19 bagi Perusahaan Pembiayaan pada 30 Maret. Intinya, pemerintah meminta perusahaan pembiayaan memberikan kelonggaran atau relaksasi (bukan penundaan) kepada konsumen terdampak Covid-19 tadi.

Berdasarkan POJK N0. 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional, yang mendapat perlakukan khusus adalah debitur, termasuk UMKM, yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban karena usaha debitur tersebut terdampak penyebaran Covid-19. Atas dasar tersebut, FIFGROUP, sebagai anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, menyambut positif program dan kebijakan pemerintah tersebut, mengingat sebagian masyarakat ada yang terkena dampak langsung dan tidak langsung.

Dijelaskan Margono, relaksasi pembayaran kredit FIFGROUP adalah program yang diberikan kepada konsumen FIFGROUP yang terdampak covid-19 dalam rangka memberikan kelonggaran pembayaran angsurannya dengan cara memperpanjang TOP maksimum 1 tahun sehingga nilai angsuran lebih kecil dari sebelumnya.

Tidak semua konsumen FIFGROUP dapat dikatakan layak menerima program relaksasi pembayaran kredit ini. Dia menjabarkan, ada kriteria dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan. Tentu saja hal ini sudah melalui tahap perhitungan dan mitigasi yang selektif. Kriteria untuk mendapatkan fasilitas relaksasi ini juga memperhitungkan lokasi konsumen serta sumber pendapatan konsumen, dan secara umum kriteria-kriteria yang dimaksud mencakup:

  1. Konsumen yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban karena usahanya terdampak penyebaran Covid-19 secara langsung, terutama di 7 sektor (meliputi transportasi, pariwisata, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan termasuk UMKM),
  2. Tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan virus corona
  3. Unit berada dalam penguasaan konsumen
  4. Kriteria lain yang ditentukan oleh perusahaan

Untuk bentuk relaksasi kredit yang diberikan FIFGROUP berupa:

  1. Keringanan angsuran melalui perpanjangan masa angsuran
  2. Penurunan suku bunga

Apa Kata Konsumen

David (61 tahun), seorang buruh yang merupakan konsumen FIFGROUP Cabang Batam, yang merasa bahagia ketika ditanya terkait tidak adanya biaya tambahan. “Oh.. sama sekali tidak ada biaya tambahan seperti administrasi atau biaya lain pada umumnya. Tentunya ini membuat saya berlega hati dan bersyukur karena tidak ditambahi beban biaya,” ujar David. “Selain itu, pelayanan tim cabang FIFGROUP Batam juga cepat sekali dan saya sangat mengapresiasi kinerja ditambah dengan syarat pengajuan yang sangat mudah,” tambahnya.

Dari kota Palembang, Ahmad Roni (51 tahun), juga senada dalam menyampaikan pengalamannya mengajukan relaksasi kredit di FIFGROUP. Ahmad, yang mengetahui informasi relaksasi dari spanduk yang terpampang di depan kantor cabang FIFGROUP Palembang, mengatakan bahwa proses tidak lama, persyaratan juga mudah. “Alasan saya mengambil relaksasi ini karena pendapatan yang saya terima kecil, pabrik di tempat saya bekerja tutup sementara dan istri hanya pedagang gorengan. Dengan adanya relaksasi ini saya sangat bersyukur, Alhamdulillah, karena angsuran dapat diperkecil,” ujarnya.

“Saya adalah konsumen FIFGROUP Cabang Makassar, dan sudah menjadi konsumen selama 10 tahun lamanya. Saya melihat berita di TV adanya keputusan pemerintah mengenai relaksasi kredit di saat sudah mendekati masa jatuh tempo angsuran saya. Saya langsung ke FIFGROUP Cabang Makassar untuk melakukan konfirmasi dan langsung dibantu oleh pihak FIFGROUP untuk melakukan pengajuan relaksasi kredit ini. Proses cepat sekali, saya puas,” ujar Firman (51 tahun).

About Gatot Irawan

Check Also

Ada Apa Daihatsu Gencar Bekali Teknologi Otomotif ke Guru SMK se-Jawa Timur?

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berkomitmen dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu …

Leave a Reply