Home / Auto / Honda Berlogo RS (Road Sailing) bagi Penyuka Sporty
Model-model mobil Honda yang memiliki logo RS. (tot)

Honda Berlogo RS (Road Sailing) bagi Penyuka Sporty

Jakarta, NextID – Mobil-mobil Honda dikenal dengan karakter tampilan dan performa yang sporty, didukung DNA dan sejarah yang panjang dalam dunia balap yang juga mempengaruhi pengembangan produk-produk komersialnya. Namun dari seluruh jajaran mobil Honda, varian RS menawarkan tampilan yang lebih sporty dengan penambahan aero kit dan desain eksklusif pada eksterior dan interior.

Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan arti emblem RS (Road Sailing) merupakan salah satu varian dari “Sports Grade Direction” untuk produk Honda yang mengutamakan pengalaman “Everyday Sport” yang menyenangkan dan dinamis dengan desain tampilan yang lebih sporty.

Dalam Honda “Sport Grade Direction” tersebut, selain varian RS juga dikenal varian lain seperti varian Si (Sport Injection) yang merupakan “All-around Sport” dengan peforma sporty yang lebih tinggi dan “Type R” yang mengusung konsep “Pure Sport” dengan performa racing yang teruji di lintasan balap.

Senangnya anak muda ini bermain yang memompa adrenalin.  (tot)
Senangnya anak muda ini bermain yang memompa adrenalin. (tot)

Honda pertama kali memperkenalkan varian RS secara global pada Honda Civic generasi pertama. Model ini dirilis sebagai varian eksklusif, yang hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit dalam periode 1974 sampai dengan 1975. Saat ini terdapat 9 model secara global yang memiliki varian RS, yaitu Jazz / Fit (mulai tahun 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).

“Sedangkan untuk pasar Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai memperkenalkan varian RS pada Honda Jazz generasi kedua pada tahun 2008. Lalu pada tahun 2014, HPM kembali menambahkan varian RS pada Honda Mobilio dan diikuti oleh Honda Brio RS yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016,” ujarnya.

Melengkapi keluarga RS pada segmen Hatchback, pada 6 Februari 2020, HPM memberikan emblem RS pada New Honda Civic Hatchback bagi para konsumen loyal Honda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dan stylish. Varian RS dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sebuah mobil, tetapi juga gaya tampilan yang lebih mewakili gaya hidup konsumennya serta performa yang mendukung beragam aktivitas. Untuk itu, varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model dengan menghadirkan bukan hanya tampilan yang lebih sporty, tetapi juga fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya.

Honda Jazz RS

Honda Jazz RS menurut Yulian Karfiti, merupakan produk pertama yang mengusung emblem RS yang diperkenalkan HPM sejak tahun 2008 hingga saat ini. Terus memimpin sebagai market leader di segmen hatchback, varian RS menjadi varian yang paling banyak diminati oleh para loyalis Honda Jazz yakni sebanyak 97% dari total penjualan Honda Jazz di Indonesia pada 2019. Pada tahun 2017, HPM memperkenalkan New Honda Jazz RS yang hadir dengan bagian eksterior yang meliputi desain Black Front Grille with Dark Chrome Platting & RS Emblem, Sporty Front Bumper, Full LED Headlamp dengan Daytime Running Light (DRL), Black Power Retractable Door Mirror, 16” Alloy Wheel dengan desain yang sporty, Rear Bumper dengan Diffuser, hingga Dynamic Side Skirt. Selain berbagai perubahan pada eksterior, diperkenalkan juga pilihan Phoenix Orange Pearl Two Tone, yaitu kombinasi warna oranye dengan atap hitam yang semakin menambah kesan sporty.

Honda Jazz RS  (tot)
Honda Jazz RS (tot)

Interior pada New Honda Jazz RS juga menambah kesan sporty dengan tambahan aksen orange stich pada bagian jok, roda kemudi, console box dan shift knob. Kabin dari Honda Jazz RS juga memiliki Head unit yang dilengkapi dengan layar sentuh 8” Capacitive Touchscreen Display Audio with Bluetooth & HFT Function. Tampilan dashboard Honda Jazz RS juga memiliki Fitur Smart Touch Auto AC dengan panel digital serta fitur keamanan yang sudah dilengkapi dengan Smart Key System + Keyless Entry yang juga dilengkapi dengan immobilizer dan alarm system.

Honda Mobilio RS

Honda Mobilio merupakan produk kedua setelah Honda Jazz yang diberikan emblem RS untuk varian tertingginya yang dikenalkan sejak tahun 2014. Pada tahun 2019, HPM meluncurkan New Honda Mobilio dengan kembali menyediakan varian RS dengan beberapa fitur seperti 15” Sporty Alloy Wheel Design, Shark Fin Antenna, Smoked Rear Combi Lamp, Sporty Dashboard Design with Orange Lining, 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio with Bluetooth, Hands Free Telephone & Smartphone Connection, Meter Cluster Design with RS Logo yang membedakannya dengan varian New Honda Mobilio lainnya.

Honda Mobilio RS  (Budityas)
Honda Mobilio RS (Budityas)

Pada New Honda Mobilio varian RS ini, terdapat pula Sporty Front Grille Design, Sporty Aeroparts, Tailgate Spoiler with LED High Mount Stop Lamp, Chrome Exhaust Pipe Finisher, Black Fabric Seat with Orange Stitch, Auto A/C, 6 Premium Speakers, serta tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) khusus varian CVT.

Honda Brio RS

Varian RS ditambahkan pada Honda Brio sejak tahun 2016 dengan karakter sporty serta menjadi model dengan level teratas di kelasnya untuk konsumen yang berjiwa muda. Pada tahun 2018, Brio kembali mendapatkan penyegaran begitu pun pada varian RSnya sebagai mobil kompak yang sporty serta memiliki desain yang agresif dengan Black Front Grille with RS Emblem, roda berdiameter besar dan aeroparts yang sporty. Interior hitam dengan aksen oranye yang dirancang untuk memberikan kesan sporty, canggih dan aktif. Dashboard Honda Brio RS juga memberi kesan yang menyenangkan dan berkualitas tinggi dengan pengerjaan yang halus untuk memberi kepuasan lebih pada konsumennya.

Mobil anak muda Honda Brio RS.  (Budityas)
Mobil anak muda Honda Brio RS. (Budityas)

Honda Civic Hatchback RS

Model terbaru dari New Honda Civic Hatchback RS, pada tanggal 6 Februari 2020 di Jakarta, dengan mengusung emblem RS. New Honda Civic Hatchback RS memadukan ”Heritage” dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang merupakan Global Sporty Icon dari Honda, sehingga menghasilkan model yang semakin sporty dan semakin stylish sesuai dengan tagline “Sexiness Intensified” yang diusungnya.

Eksterior New Honda Civic Hatchback RS kini menampilkan penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang, dan Side Sill Garnish di bagian samping. Alloy Wheel berukuran 17 inchi tampil dengan desain Two-Tone untuk semakin memperkuat kesan sporty. Sementara bagian belakang kini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher. Emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic Hatchback.

Nuansa sporty semakin kental di bagian interior dengan desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining, serta desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.

Sementara New Auto Dimming Rear View Mirror tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas pengendara yang lebih baik, ditambah dengan New 7” Capacitive Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection untuk iOS dan Android.

About Gatot Irawan

Check Also

Sebanyak 448 Unit Jimmy 3 Pintu Di-recall..

Jakarta, NextID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meresmikan kampanye Suzuki Product Quality Update untuk produk Suzuki Jimny 3-door …

Leave a Reply