Saturday , 24 July 2021
Home / Auto / Spesifikasi All New Mazda CX-30 Gahar!
All New Mazda CX-30 Ist

Spesifikasi All New Mazda CX-30 Gahar!

Jakarta, NextID – Peluncuran All New Mazda CX-30 di Jakarta, Selasa (28/1) oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memang ditunggu pecinta merek ini. Dan bayangan atas sebuah SUV yang sarat teknologi canggih, terbukti ketika menyaksikan dari dekat sosoknya di Plaza Indonesia.

Jika bicara desain maka evolusi terbaru desain KODO – Soul of Motion dari Mazda mengekspresikan bentuk baru keanggunan yang terinspirasi oleh nilai-nilai estetika Jepang. Berbagi konsep yang sama, CX-30 dikembangkan untuk menciptakan desain yang baru untuk sebuah compact crossover. Berdasarkan konsep desain ‘Sleek & Bold’, proporsinya menggabungkan ketangguhan sebuah SUV dengan keindahan yang mengalir dan luwes layaknya coupe.

Gaya desainnya menganut bahasa desain baru ‘Charge and Release.’ Bahasa desain ini berasal dari garis sapuan kuas yang digunakan dalam kaligrafi Jepang dan dikembangkan untuk mengintegrasikan tiga faktor kunci dari tema desain KODO terbaru, yaitu Yohaku, keindahan ruang kosong; Sori, kurva yang menggambarkan ketenangan dan keseimbangan; serta Utsuroi, permainan cahaya dan bayangan. Lebih detailnya, Sori  ditampilkan dalam garis bahu yang mengalir dari fender depan ke roda belakang, memberikan kesan kecepatan dan kekuatan.

Ruang kemudi dimudahkan dengan segala fitur yang dibenamkan di sana.  Ist
Ruang kemudi dimudahkan dengan segala fitur yang dibenamkan di sana. Ist

Permukaan bodi di bawah garis bahu tersebut mencerminkan lingkungan sekitar dalam bentuk kurva S yang dapat berubah saat mobil bergerak, ini merupakan penggambaran Utsuroi. Seluruh bentuk ini akhirnya bersatu dalam satu bentuk gelombang yang menyebar di bagian belakang.

Lampu utama depan dan lampu kombinasi belakang tampil elegan dan fungsional, menampilkan susunan LED yang menghasilkan bentuk silinder yang rumit untuk menunjukkan keindahan artistik sambil memberikan kesan mekanis yang khas. Sinyal lampu sein LED memiliki pola cahaya baru yang khas, yang dimulai dengan pancaran daya penuh dan kemudian secara bertahap menurun, memberikan kesan kuat bagaikan detak kehidupan.

Masuk ke sektor interior – dengan memanfaatkan penggunaan Ma atau ruang kosong. Setiap aspek pada kokpit diposisikan simetris secara horizontal dengan pengemudi sebagai pusatnya. Setiap elemen pada panel instrumen dirancang dengan sudut yang menghadap supir untuk lebih memberikan kesan menyatu antara pengemudi dengan mobil serta kemudahan dalam pengoperasian.

Lapisan sekunder berbentuk sayap terpasang di area atas dashboard. Mengalir secara horizontal dari bagian atas panel instrumen ke ujung trim pintu di sisi penumpang, menghasilkan atmosfer lapang yang memberi kesan kabin yang luas. Sentuhan ini juga memberikan perasaan relaks, nyaman, dan aman bagi penumpang di depan. Detail jahitan di bagian tepi lapisan dashboard tersebut juga menegaskan ekspresi kualitas interior CX-30 yang sempurna.

Bagian konsol tengah, lokasi tuas transmisi berada mendapatkan desain baru dengan teknologi “two-layer molding” mirip kepunyaan Mazda3. Pancaran sinar pada panel berwarna smoke-gray menampilkan pola metalik pada lapisan dasar untuk menonjolkan atmosfer CX-30 yang penuh dengan detail dan karakter yang istimewa.

Paket Inovatif

Dari sisi dimensi, CX-30 menawarkan kabin dan ruang bagasi yang luas yang dikombinasikan dengan kemampuan manuvernya yang luar biasa di lalu-lintas perkotaan dan kemudahan akses untuk menjadikannya kendaraan serbaguna dan mudah digunakan.

Mesin All New Mazda CX-30 telah mengadopsi teknologi terkini khas Mazda.  Ist
Mesin All New Mazda CX-30 telah mengadopsi teknologi terkini khas Mazda. Ist

Di bagian kabin depan, ada jarak yang cukup lapang di antara kursi depan, yang memungkinkan tata letak konsol tengah yang lebih luas dan sandaran tangan (armrest) bagian tengah yang luas. Kursi belakang juga luas dan memiliki armrest tengah yang lebar dan armrest pada pintu yang memungkinkan penumpangnya mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan santai.

Ruang kaki yang lapang untuk penumpang di kursi belakang dengan lantai rendah dan langit-langit tinggi membuat posisi duduk di kursi baris belakang mampu memberikan kenyamanan bahkan untuk penumpang dengan postur yang tinggi. Kabin yang luas dan jarak yang cukup jauh antara kursi memudahkan orang di depan untuk berbalik dan menghadap orang di baris belakang. Pada saat yang sama, penumpang di belakang dapat dengan mudah melihat wajah penumpang depan. Hasilnya adalah ruang kabin yang mendorong komunikasi di antara para penumpang.

Di bagian paling belakang, kompartemen bagasi menawarkan ruang lapang dengan bukaan pintu bagasi yang besar dan mudah digunakan dalam situasi apa pun. Kapasitas bagasi  CX-30 adalah 430 liter*, cukup untuk menampung kereta bayi berukuran besar berstandar global dan tas jinjing. Bukaan pintu bagasi mencapai 1.020 mm, sedangkan ketinggian bibir bagasi mencapai 731 mm yang relatif rendah, membuatnya lebih mudah untuk memuat dan membongkar muatan berat atau besar. (*Termasuk bagian sub-bagasi, berdasarkan perhitungan internal Mazda).

Human-Machine Interface

Active Driving Display, panel intsrumen tampilan tengah semuanya didesain ulang untuk menyajikan informasi secara sederhana, sementara pilihan huruf yang digunakan disatukan untuk menciptakan tampilan yang menyenangkan dan konsisten. CX-30 mengadopsi layar lebar sebesar 8,8 inci di bagian tengah, yang menawarkan pengoperasian lebih mudah melalui tombol pusat kendali.

Melalui layar ini  sistem audio All-new Mazda 3 juga dikendalikan. Pada CX-30, Mazda melakukan penelitian baru yang komprehensif tentang bagaimana suara ditransmisikan melalui kabin mobil. Hal ini menghasilkan penempatan speaker bass di sudut-sudut di mana suara frekuensi rendah direproduksi dengan lebih baik. Speaker mid-range dan frekuensi tinggi diposisikan pada bagian dashboard kiri dan kanan dan bagian atas trim pintu tempat suara ditransmisikan langsung ke telinga para penumpang, tanpa diganggu oleh suara yang dipantulkan. Penempatan ini menghasilkan suara yang lebih kuat dan secara alami menghasilkan suara lebih natural, meningkatkan kedalaman dan kejelasannya.

Sistem audio standar dilengkapi speaker 3-way sebayak 8 buah speaker dengan Woofer 3L yang dipasang di bagian dalam dashboard, tweeter 2,5 cm di bagian kanan-kiri dashboard, serta squawkers 8cm di bagian atas trim depan dan belakang.

Visibilitas

Posisi duduk pengemudi diatur tinggi untuk memberikan ruang pandang yang jelas dan memberikan pengemudi fokus pada jalan di depannya. Ketebalan dan bentuk pilar-A juga dioptimalkan untuk meminimalkan sudut obstruksi dan titik-titik buta (blindspot). Setiap detail bentuk pilar dipikirkan dengan hati-hati, termasuk meneliti sejauh mana sudut gerak leher dan mata tidak akan membebani pengemudi. Sebagai hasilnya, desain yang digunakan secara signifikan dapat mengurangi blindspot di depan mobil, memberikan pengemudi pandangan yang leluasa terhadap posisi pejalan kaki atau hambatan potensial ke kanan atau kiri sambil mempertahankan postur mengemudi yang tetap alami.

 

Suasana saat peluncurannya di Plaza Indonesia, Selasa (28/1).  Ist
Suasana saat peluncurannya di Plaza Indonesia, Selasa (28/1). Ist

Pilar C juga dirancang kecil, memberikan visibilitas ke belakang yang baik melalui jendela kecil di belakang, menawarkan pandangan yang jelas dari kendaraan atau benda lain di belakang, terutama saat berganti lajur atau memasuki tempat parkir.

Pengendalian kecepatan penghapus kaca (wiper) depan juga telah direkayasa dengan hati-hati untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan dan secara konstan menyesuaikan sudut pengoperasian wiper semakin baik, sehingga memungkinkan pembersihan kaca hingga ke pilar-A untuk memperluas visibilitas di dekat pilar-A di sisi pengemudi. Wiper ditempatkan di bawah kap untuk membantu memberikan pandangan lebih jelas di kaca depan. Selain itu, nozel air pencuci terpasang pada lengan wiper sehingga semprotan pembersih dapat segera dihapus setelah digunakan dan tidak mengganggu visibilitas terutama saat berkendara dalam kondisi cuaca buruk.

Pengendaraan dan Fitur Keselamatan

Di balik kap mesinnya, Mazda CX-30 mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIV-G 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi sehingga menghasilkan performa dinamis yang lebih baik, efisiensi bahan bakar dan keramahan lingkungan. Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE.

Jaminan keselamatan berkendara Mazda CX-30 diberikan oleh filosofi Mazda Proactive Safety, yang merupakan filosofi keselamatan milik Mazda untuk memaksimalkan kondisi dimana pengemudi dapat mengendarai mobil secara aman dan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Teknologi  i-ACTIVSENSE juga telah dikembangkan yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda.

Pada Mazda CX-30, salah satu fitur keselamatan yang disematkan antara lain sistem Driver Monitoring. Fitur yang menggunakan kamera dan LED infrared dapat mengobservasi kondisi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi. Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem ini akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk mengingatkan pengemudi dan bekerja bersama Smart Brake Support (SBS) untuk mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik.

About Gatot Irawan

Check Also

Ada Apa Daihatsu Gencar Bekali Teknologi Otomotif ke Guru SMK se-Jawa Timur?

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berkomitmen dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu …

Leave a Reply