Home / Auto / Mitsubishi Fuso Uji Kemampuan Tenaga Penjual dan Mekanik
Sesaat setelah pergelaran usai, mereka berfoto bersama. Ist

Mitsubishi Fuso Uji Kemampuan Tenaga Penjual dan Mekanik

Jakarta, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, menggelar pemilihan salesforce dan after sales service team terbaik se-Indonesia, melalui ajang kompetisi Sales Appraisal Program dan After Sales Service Contest.

Kompetisi ini diselenggarakan untuk menguji kemampuan dan keterampilan para salesforce dan after sales service team guna menghadapi tantangan bisnis yang semakin besar dan kompetitif di segmen kendaraan niaga di tahun 2020.

Sebelum masuk ke tahap final di tingkat nasional, para peserta yang yang terdiri dari 700 salesforce dan 938 after sales service team, yang terdaftar sebagai karyawan dealer resmi Mitsubishi Fuso di seluruh Indonesia ini, telah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan sejak bulan Juni – Oktober 2019. Puncaknya, 7 nominator salesforce, 7 nominator After Sales Service Manager, 7 nominator Service Advisor, dan 7 nominator Mekanik yang masing-masing kategori memperebutkan gelar juara The Best National Mitsubishi Fuso 2019.

Pada tahapan seleksi, para peserta harus mengikuti serangkaian uji kemampuan mulai dari ujian teori secara tertulis hingga praktik di lapangan. Uji tertulis dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami produk dan layanan Mitsubishi FUSO, secara teori, sedangkan uji praktek untuk meilhat bagaimana sikap tanggap peserta jika berhadapan langsung dengan konsumen di lapangan.

Adapun kriteria penilaian yang ditentukan oleh KTB untuk salesforce dan after sales service team yaitu kemampuan troubleshooting, performa penjualan selama 1 tahun, pengetahuan produk, strategi marketing, kemampuan komunikasi, analisa dan bernegosiasi.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat maka terpilih Hadi Sucipto dan Sutono sebagai Juara 1 “The Best National After Sales Service Manager;” Amam Rofingi sebagai Juara 1 “The Best National Service Advisor;” Mansur sebagai Juara 1 “The Best National Mechanic;” dan Arjuna Baratha sebagai Juara 1 “The Best National Salesman/Counter Performance” tahun 2019.

“Selalu lakukan Sinergi 3S yang kuat (Sales, Service & Spare Part) untuk saling menunjang. Hal ini merupakan satu kesatuan pelayanan, untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam menciptakan komitmen Mitsubishi Fuso sebagai “Andalan Bisnis Sejati” bahwa kita tidak hanya menjual kendaraan, tapi yang utama adalah kepuasan konsumen, mulai saat mereka membeli hingga digunakan sesuai kebutuhan mereka,” ujar Duljatmono, Sales and Marketing Director KTB dalam sambutannya pada acara penganugerahan, Senin (27/1).

Duljatmono memberikan sambutan psda acara tersebut.  Ist
Duljatmono memberikan sambutan psda acara tersebut. Ist

Tahun 2020,  memurutnya, menandai tonggak penting bagi KTB karena merayakan peringatan 50 tahun kehadiran kendaraan Mitsubishi di Indonesia. “Hingga 2019, Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader no. 1 di Indonesia dengan perolehan pasar 44,2%. Bergerak maju menuju 2020, KTB mempersiapkan strategi jitu guna mempertahankan pencapaian tersebut bahkan untuk 50 tahun mendatang, “ ujarnya.

“Salah satu strategi yang dipersiapkan yaitu KTB ingin meningkatkan kualitas layanan purna jual yang aman, efisien, dan efektif untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Serta membangun tim yang sukses dan solid dengan cara melakukan pengembangan keterampilan bagi tenaga penjual dan mekanik yang salah satunya dilakukan melalui Sales Appraisal Program & After Sales Service Contest ini,” lanjutnya.

Di samping itu, tambah Duljatmono, dengan adanya truk MDT terbaru, Fighter, KTB juga meningkatkan kualitas layanan purna jualnya yang aman, efisien, dan efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan baru seperti 2S Fleet Workshop, Paket Pemeliharaan, dan meluncurkan line up parts baru yang terjangkau.

“KTB berharap pemenang kompetisi ini dapat menjadi panutan bagi seluruh tenaga penjual dan mekanik Mitsubishi FUSO, dan menyadari betul bahwa mereka adalah barisan terdepan yang berhubungan langsung dengan konsumen sehingga dituntut memberikan kualitas terbaik dalam memberikan layanan dan solusi kepada konsumen,” tutupnya.

 

 

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply